Museum-Museum Terindah di Dunia

0

Don’t judge a book by its cover, tapi pada kenyataannya buku yang desain sampulnya keren, lebih menarik. Nggak cuma buku, bangunan juga begitu. Bangunan yang dari luarnya udah keren duluan, pasti bikin orang pengen masuk. Ya kan?

Kalo dulu Kopling pernah ngasih tau kamu beberapa museum yang oke di Jakarta, kali ini Kopling mau ngasih liat museum-museum yang oke di luar sana. Nah, ini ada beberapa museum yang bangunannya keren banget. Kita jalan-jalan ke museum lagi yuk hari ini!

Museum of Islamic Art

mia-qatar

Terletak di Doha, museum ini didesain oleh I. M. Pei, seorang arsitek Amerika keturunan Cina lulusan Harvard yang lahir di Guangzhou. Pei ini sering disebut master-nya arsitektur modern dan saat ini sudah berumur 96 tahun.

Selain mendesain Museum of Islamic Art, Pei juga mendesain John F. Kennedy Library di Boston, National Gallery of Art, Louvre Pyramid di Paris, dan Bank of China Tower di Hong Kong.

mia-14

Meskipun arsiteknya orang Cina, namun museum ini nggak meninggalkan pengaruh dari gaya arsitektur Islam kuno. Di dalam museum ini juga ada perpustakaan dan IDAM, sebuah restoran kelas atas yang menawarkan pengalaman kuliner Perancis Mediterania dengan sentuhan Arab.

Museum ini mempunya koleksi karya-karya seni dari Spanyol, Mesir, Irak, Turki, India, dan Asia Tengah. Bangunan ini adalah karya terakhir Pei saat dia berusia 91 tahun, karena setelahnya Pei pensiun. Untuk pembuatan museum ini, Pei berkeliling ke negara-negara Muslim selama 6 bulan untuk mempelajari seni arsitektur dan sejarah Muslim, juga banyak membaca buku-buku tentang Islam.

Website: mia.org.qa

Hermitage Museum

Hermitage-Museum-in-Saint-Petersburg-Russia

Didirikan oleh Catherine the Great pada tahun 1764 dan sudah dibuka untuk umum sejak tahun 1852, museum ini adalah salah satu museum yang terbesar dan tertua di dunia.

Museum yang terletak di Saint Petersburg, Rusia, ini terdiri dari 6 bangunan yang terbagi dalam 4 kompleks: Winter Palace, Small Hermitage, Old Hermitage, dan New Hermitage. Turis asing bisa masuk ke museum ini dengan gratis karena biayanya ditanggung oleh rakyat Rusia dan Belarus.

stpetersburg-hermitage-museum_2579_600x450

Karena keindahannya, museum ini sudah pernah dua kali menjadi lokasi shooting dua film besar: “Russian Ark” di tahun 2002 dan “War and Peace” di tahun 1967. Keduanya mengambil tempat di Winter Palace.

Website: hermitagemuseum.org

Nelson-Atkins Museum of Art

06.Nelson.Slide1

Museum seni ini terletak di Kansas City dengan bangunan bergaya neoklasik, dan uniknya meskipun terletak di Amerika Serikat, museum ini kebanyakan menyimpan benda-benda seni dari Asia.

Pada tahun 2007, museum ini dimasukkan oleh majalah Time ke dalam daftar “The 10 Best (New and Upcoming) Architectural Marvels”.

06.Nelson.Slide2

Awalnya, museum ini adalah milik seorang boss surat kabar yang bernama William Rockhill Nelson. Ketika Nelson meninggal di tahun 1915, dia meninggalkan surat wasiat bahwa seluruh bangunan rumahnya akan disumbangkan untuk seni saat istri dan putrinya meninggal.

Setelah direnovasi dari rumah menjadi museum, bangunan ini didesain oleh sepasang kakak beradik, Wight and Wight, yang juga mendesain Liberty Memorial dan rumah gubernur Kansas.

Website: nelson-atkins.org

 

Apa museum favoritmu?

Sumber foto: graciousstyle.com dan beberapa sumber lainnya.

No comments

[OPEN CALL] Art Market at the Museum

Catalyst Arts sedang mencari para visual artist dan creative brand untuk berpartisipasi di acara terdekat, yaitu Art Market at the Museum, yang akan diadakan tanggal 3-4 Desember 2016 di ...