Lukisan Meme karya Lauren Kaelin

Kalo kebanyakan orang mencoba untuk membuat karya baru yang membedakan dia dari karya-karya sebelumnya yang udah pernah ada, Lauren Kaelin malah ngelakuin sebaliknya. Pelukis ini malah ngebuat karya dari apapun yang lagi populer banget di dunia media sosial, atau yang kita kenal dengan istilah meme, melalui proyeknya yang bernama Benjameme.

Coba deh inget, dalam sehari ada berapa banyak foto atau video kocak/aneh/lucu/bagus/sedih yang kamu liat di dunia media sosial? Satu media sosial bisa menyebarkan foto/video ke berbagai media sosial lainnya dan diomongin orang sepanjang hari sehingga jadilah yang disebut dengan meme. Kalo ngutip bahasa kerennya sih meme itu sebuah ide, kebiasaan, atau gaya yang tersebar melalui seseorang ke orang-orang lainnya melalui berbagai media, baik itu tulisan, lisan, sikap, dan lain-lain.

Nah, Kaelin juga nangkep fenomena dunia media sosial ini dan mengaitkannya dengan dunia seni yang saat ini lagi berkembang. Benjamemes sendiri diambil dari seorang ahli teori seni dari Jerman, Walter Benjamin. Kaelin sempet mempelajari soal analisis Benjamin yang berjudul “The Work of Art in the Age of Mechanical Reproduction”. Di Analisisnya, Benjamin ngediskusiin konsep “aura” artistik, sebuah kualitas unik yang membedakan karya seni orisinil dari karya seni yang direproduksi ulang. Reproduksi bakal nurunin nilai aura yang orisinil tersebut.

Kebalikan dari karya seni, meme malah dibilang sukses kalo bisa direproduksi dan disebar sebanyak mungkin serta dikenal sama orang-orang banyak. Dari situ Kaelin terinspirasi untuk bikin karya seni dari meme yang ada di mana-mana.

Karya-karya Kaelin untuk proyek Benjamemes ini udah lumayan banyak, dan nama-namanya pasti kamu udah kenal, soalnya mereka sering dipake buat internet joke di mana-mana. Hehe… Mulai dari yang lucu ngegemesin sampe fenomenal semuanya ada deh. Sebut aja Grumpy Cat, PSY Gangnam Style, Sloth Photo Bomb, Dramatic Chipmunk, Otters Holding Hands, Ikea Monkey, dan masih banyak lagi!

Grumpy Cat

PSY Gangnam Style

Sloth Photo Bomb

Dramatic Chipmunk

Otter Holding Hands

Ikea Monkey

Pengen liat meme lain yang dibikin Kaelin? Kunjungin aja website-nya di sini.

About author

joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official