Kilas Balik 2014 pt.2

0

Untuk melanjutkan mengenang kembali ada kejadian apa di tahun 2014, kali ini mari kita teruskan mengulas ulang kejadian yang terjadi di tengah kedua tahun ini!

Juli

Perselisihan di antara Palestina dan Israel sudah berlangsung bertahun-tahun, dan sampai hari ini konflik antara kedua negara tersebut belum juga usai, padahal sudah memakan korban ribuan nyawa yang nggak berdosa. Meskipun begitu, hal ini nggak menghentikan para seniman di Palestina, atau seniman yang berdarah Palestina untuk berkarya. Ketika dunia mereka sedang tenang, mereka juga membuat pameran, baik di dalam maupun di luar negri. Mereka tetap bertahan dan tetap berkontribusi terhadap budaya Arab.

Agustus

Pada tanggal 20 Juli 2014, sebanyak 25 seniman muda berkumpul dan menuangkan apa yang menjadi rasa bahagia mereka ke dalam 100 panel lukisan berukuran 20 x 20 cm. Dari kisah-kisah mereka, dapat terlihat bahwa rasa bahagia itu adalah sesuatu yang sangat personal. Pameran amal ini diadakan oleh Kopling dan bertajuk #projectHAPPY.

Earth Art Project adalah sebuah proyek seni di mana para seniman dari India, Jepang, dan Perancis berkarya dengan menggunakan bumi sebagai kanvas mereka di ketinggian 15,000 di Himalaya. Tujuannya adalah untuk mendidik orang-orang nomaden di daerah sekitarnya. Proyek ini berpusat di Nomadic Residential School Puga, sebuah sekolah asrama untuk anak-anak nomaden dan para seniman yang terlibat di dalam proyek ini melibatkan para murid, guru, dan sukarelawan setempat, juga dari Jepang. Karya yang mereka buat nggak hanya berbentuk lukisan atau mural, tapi juga ada fotografer dan musisi yang terlibat di dalamnya.

September

Tahun 2014 adalah tahun yang sangat berat untuk Gaza. Peperangan berlangsung tanpa henti dan korban jiwa terus berjatihan. Belal Khaled, seorang jurnalis foto muda yang juga ada adalah seorang pelukis, melihat begitu banyak rumah dihancurkan, bom diledakkan, dan mayat-mayat yang bergelimpangan di jalan. Maklum, dirinya sedang bertugas di selatan kota Gaza. Tapi nggak hanya itu, Khaled juga melihat banyak simbol dan cerita di balik asap yang mengepul tebal di atas langit kota Gaza. Dia “dapat” melihat seorang tua yang sedang merenungi situasi Gaza, atau sepasang kuda yang tak terlihat oleh mata telanjang.

Di negeri Paman Sam, ada sebuah seni pertunjukan bertajuk “Carry That Weight” untuk menyuarakan ketidakadilan terhadap kaum perempuan, yang didalangi oleh Emma Sulkowicz, seorang mahasiswi seni Universitas Columbia di New York yang juga pernah mengalami hal serupa namun memutuskan untuk nggak berputus asa dan menutup diri. Ia terang-terangan menyatakan pelecehan yang dilakukan terhadap dirinya agar orang-orang lain juga menjadi berani sepertinya.

October

Setelah para ilmuwan mengambil kesimpulan beberapa saat yang lalu bahwa mayoritas pelukis purba rata-rata perempuan, baru-baru ini mereka menemukan bahwa lukisan-lukisan purba tertua di dunia itu berada di Indonesia – atau setidaknya sama tuanya dengan lukisan-lukisan dalam gua yang mereka temukan di Eropa.

November

Pada bulan ini, kota Berlin merayakan 25 tahun runtuhnya Tembok Berlin. Sebagai rangkaian dari perayaan besar-besaran ini, sepasang seniman, Christopher Bauder dan Marc menyuguhkan sebuah instalasi sepanjang 15 kilometer dan melibatkan 8.000 buah lampu putih berbentuk balon. Instalasi yang diberi nama Lichgrenze ini didesain untuk mengilustrasikan perpisahan antara Berlin Barat dan Timur.

November juga menjadi bulan yang sangat berkesan buat Kopling, karena di bulan ini Kopling pertama kali mengadakan pameran kolaborasi bersama dengan teman-teman dari berbagai komunitas lintas divisi seni melalui acara bertajuk Kemang Art & Coffee Festival 2014.

Desember

Di banyak kartu Natal, kita sering melihat gambar atau foto salju. Desember memang nggak hanya identik dengan Natal dan pergantian tahun, tapi juga musim salju. Beberapa seniman di Amerika Serikat memanfaatkan salju menjadi karya yang indah, yang meskipun sifatnya hanya temporer, tapi keindahannya nggak akan mudah kita lupakan begitu saja.

Kira-kira kejutan apa lagi yang akan ditawarkan para seniman di tahun 2015?

Mari kita tunggu!

Kalo kamu punya cerita seru seputar tahun 2014 yang terlewatkan oleh Kopling, share dong lewat comment box di bawah, atau mention ke @KopiKeliling!

No comments