Kenapa Harus Minum Kopi Setiap Hari?

large-(8)

Waktu kita masih kecil dulu, kita diharuskan untuk minum susu setiap hari karena susu memang baik untuk anak-anak, terutama di masa pertumbuhan. Lalu setelah dewasa seperti sekarang, kita harus minum apa setiap hari supaya sehat? Kopi. Kenapa?

Antioksidan

Menurut sebuah penelitian yang diadakan di tahun 2005, belum ada antioksidan yang dapat diserap oleh tubuh seperti kopi, termasuk sayuran dan buah.

Stress

Ada sebuah riset di Seoul National University yang mempelajari otak tikus yang stress karena kurang tidur dan mereka menemukan bahwa aroma kopi justru membuat mereka lebih santai. Jadi, kalau susah tidur, dengan mengirup aroma kopi mungkin kamu malah akan mengantuk…

Hati

Kalau kamu seorang peminum alkohol, kamu harus mengimbanginya dengan banyak minum kopi. Sebuah riset yang diadakan pada tahun 2006 menunjukkan bahwa orang yang sedikitnya minum secangkir kopi setiap hari mempunyai liver cirrhosis – atau autoimun yang dapat mencegah kita terkena penyakit liver dan kanker.

Depresi

Orang yang minum sedikitnya dua sampai tiga cangkir kopi sehari lebih bahagia dari mereka yang tidak minum kopi. Hal ini dibuktikan oleh sebuah riset yang diadakan oleh National Institute of Health. Karenanya, kopi juga dapat mengurangi resiko bunuh diri sampai sekitar 50% karena kopi mengandung antidepresan yang membantu produksi serotonin, dopamin, dan noradrenalin. Sebenarnya di dalam narkoba seperti kokain juga ada kafeinnya, tapi bedanya kafein yang ada di dalam obat-obat terlarang justru membuat orang jadi semakin depresi. menurut Honglei Chen, MD, PhD – salah seorang periset.

Kulit

Buat orang-orang yang tinggal di negara tropis, kopi seharusnya jadi minuman sehari-hari karena orang yang minum sedikitnya 3 cangkir kopi sehari lebih tahan terhadap kanker kulit dibanding mereka yang tidak minum kopi. Buat kita yang kemana-mana naik kendaraan umum atau bekerja di lapangan, minum kopi itu penting sekali karena bukan hanya dapat melindungi kulit dari panas, tapi juga dari polusi udara. Salah satu pemandian di Jepang banyak menyajikan kolam kopi untuk menjaga kesehatan kulit.

Otak

Manula di atas usia 65 tahun`mengalami Alzheimer 2-4 lebih dalam dibanding mereka yang tidak minum kopi. Demikian menurut sebuah riset yang diadakan oleh University of South Florida dan University of Miami. Bahkan menurut laporan CNN, peminum kopi lebih cepat berpikir, lebih logis, lebih reaktif, lebih mudah berkonsentrasi, dan biasanya lebih cerdas. Buat kita yang bekerja, ini sangat perlu kan?

Jadi, kenapa nggak kita mulai minum sedikitnya secangkir kopi setiap hari, kalau memang baik untuk kesehatan?

 

Sumber foto: weheartit.com

joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official