Keindahan Fashion & Wanita Di Tangan Pria

0

Illustration-Raphael-Vicenzi-5

Raphael Vicenzi, atau yang juga dikenal dengan nama “Mydeadpony” adalah sosok yang sangat menarik. Ketika kita melihat karyanya tanpa tahu namanya, pasti kita menduga ilustratornya perempuan. Ilustrasi-ilustrasi karya Raphael sudah dipublikasikan dalam  Illustration Now 3, The Beautiful, The New Age of Feminine Drawing, dan masih banyak lagi. Saat ini, Raphael bekerja di sebuah illustrator’s agency yang bernama Colagene.

Raphael lahir di Charleroi pada tahun 1972 dan pindah ke Brussels ketika dia berusia 20 tahunan karena menurutnya Brussels lebih menarik. Dia tidak pernah belajar ilustrasi secara formal, tapi mempunyai teknik dan gaya yang menarik, terutama dalam penarikan garis-garisnya dan pemilihan warna. Guratan garis Raphael sangat halus dipadu dengan warna-warni yang lembut. Dalam ilustrasi-ilustrasinya, dia sering melibatkan fashion, dan di situlah letak keunikannya. Sampai hari ini, Raphael masih tinggal di Brussels bersama istri dan anaknya.

Illustration-Raphael-Vicenzi-10

d26f6d9d113534a6c24c0ab17bfbb581

Awalnya, Raphael ingin menjadi grafik desainer atau web desainer, tapi lalu kemudian dia sadar bahwa dia tidak terlalu berminat di kedua bidang itu. Meskipun demikian, selain menggunakan cat air, Raphael juga kadang menggunakan PhotoShop hingga hari ini. Lalu di saat dia ingin menyerah karena merasa karyanya selalu buruk, dia memutuskan untuk menjadi seorang ilustrator.

Sebagai seorang seniman, Raphael seringkali mempunyai banyak ide tapi entah mengapa, sulit sekali dikeluarkan dari kepalanya. Dia bahkan semakin tidak dapat bekerja dengan baik ketika terikat dengan deadline yang ketat. Tapi menurut pengakuannya, dia tidak pernah mengalami “creative block”. Mengenai elemen fashion yang selalu ada dalam karyanya dan juga perempuan, menurut Raphael itu hanyalah refleksi dari selera pribadinya ketika berkesenian. Dari sekian banyak ilustrator terkenal di dunia, ada beberapa nama yang disebutnya sebagai inspirasinya, antara lain Tom Bagshaw, Banksy, Daniel Egneus, Stina Persson, David Foldvari, dan Muscha. Selain itu, inspirasinya juga datang dari pengalaman-pengalaman hidupnya dan juga dari internet.

347d2a5a98ef8535606b53572df8ecce

Hal yang tersulit sebagai seorang desainer menurutnya adalah membuat sesuatu yang benar-benar tidak dapat dia mengerti, sehingga idenya tidak dapat keluar. Berusaha mengekspresikan ide-ide tertentu yang tidak dapat dirasakannya bukanlah hal yang mudah.

15a3a8da992f5246f70f7fcf70627ce0

Sebagai seorang ilustrator yang sukses dan dianggap inspiratif, Raphael punya beberapa pesan untuk para ilustrator muda: Bekerjalah dengan rajin, carilah inspirasi dari pengalaman hidupmu sendiri, cari tahu tentang segala hal, jangan biarkan dirimu tertekan oleh kritik, percaya pada visimu sendiri, dan juga belajar untuk mengubah pikiranmu ketika sesuatu yang kamu anggap benar itu ternyata salah. Intinya, lakukan apa yang harus kamu lakukan, karena kamu tidak tahu kemana nantinya karyamu akan membawamu. Jadikan karyamu karya yang indah, yang dapat menjelaskan siapa dirimu yang sebenarnya.

 

Selamat berkarya!

Website: mydeadpony.com

No comments

Jelajah Museum Preanger Bandung

Ternyata ga cuma Charlie Chaplin aja yang pernah bermalam di Hotel Prama Grand Preanger (dulunya bernama Hotel Thiem), jalan Asia Afrika No. 81 – Bandung. Wanita ...