Park(ing) Day 2012

1

Beberapa waktu lalu Kopling ngeluarin announcement mengenai pameran mini berjudul “Playground” kan.. Dengan tema yang membahas taman dan fungsinya sebagai ruang main. Nah, Sekarang Kopling kasih tau ada apa di balik kegiatan pameran mini tersebut.

Jadi beberapa waktu lalu Kopling ketemuan dengan teman-teman dari Volume Factory, Kemang89, Indonesia Berkebun, dan Belajar Desain. Nah ternyata, karena termotivasi untuk menciptakan ruang kota yang lebih baik lagi, Volume Factory pengen bikin kegiatan yang namanya Park(ing) Day!.  Park(ing) Day merupakan gerakan yang digagas oleh Rebar (San Fransisco), dan telah menjadi gerakan yang telah dilakukan di seluruh penjuru dunia. Tujuan dari gerakan ini untuk meningkatkan kualitas ruang publik kota, dan untuk menyatakan kembali bahwa jalan raya merupakan fasilitas bersama. Kegiatan ini dilakukan setiap setahun sekali pada minggu ketiga di bulan September, dan tahun ini akan jatuh pada hari Jumat, 21 September 2012.

PARK(ing) Day is an annual worldwide event where artists, designers and citizens transform metered parking spots into temporary public parks.

Ruang-ruang kota Jakarta hampir semua dipadati oleh fungsi-fungsi bangunan ditambah dengan tempat parkir kendaraan di setiap sudutnya. Ruang terbuka bersama pun sangat minim sekali dan tidak tersebar dengan baik. Untuk itu perlu adanya strategi baru untuk meningkatkan kualitas ruang kota Jakarta, sehingga dapat mendukung kehidupan yang sustainable, meningkatkan gaya hidup yang sehat dan lebih berwarna bagi masyarakat kota Jakarta. Inilah waktunya untuk memikirkan dan membayangkan kemungkinan-kemungkinan lainnya bagaimana jalan dapat digunakan untuk menciptakan urban landscapes.

Ini beberapa contoh kegiatan-kegiatan Park(ing) Day yang telah diadakan sebelumnya.

Seru kaan? Makanya ketika pertama kali denger konsepnya, Kopling langsung tertarik untuk dukung gerakan ini bersama teman-teman lainnya. Kegiatan yang akan dilakukan Kopling di Park(ing) Day nanti adalah: Pameran mini “Playground”, kegiatan gambar bareng, sharing session seputar seni, kreativitas, dan kopi. Semua itu enggak akan lengkap tanpa kehadiran kopi yang enak! Makanya nanti Kopling, bekerja sama dengan teman baik Kopling Toodz House akan bikin Pop-up Cafe supaya teman-teman bisa menikmati sore hari di Park(ing) Day dengan menikmati kopi yang lezat! Kamu juga bisa ngetes kemampuan kamu nyeduh kopi dengan alat-alat yang akan disediakan hari itu juga loh.

Indonesia Berkebun bakal bikin showcase kecil dan juga cooking on the spot, dengan bahan-bahan hasil kebun mereka tentunya. Jadi bakal fresh banget. Komunitas Belajar Desain akan bikin gathering dengan anggota-anggotanya sambil ngadain sharing session juga bareng dengan peserta Park(ing) Day lainnya. Asik kan?

Makanya kamu semua harus mampir ke Kemang89, hari Jumat tanggal 21 September ini. Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa lihat poster di bawah ini atau nanya langsung ke Kopling via Twitter di @KopiKeliling atau comment box di bawah.

 In conjuction with Volume Factory, Kemang89, Indonesia Berkebun, and Belajar Desain

.

Peserta pameran mini ‘Playground’:

Felicia Sidharta, Zakiyyudin Halim, Andhika Aradianto, Suddenly Sudden, Faia Faaizah, Yola Blackenthered, Mahendra Nazar, Wedhatama Pertiwi, Muhammad Pra Yudha, Diraratri Hg, Ryan Ady Putra, Rizka Cao Ch. A, Dyeget Art, Sisilia Deborah, Ganung GFW, Wing Narada Putra, Nina Mayasari, Afrizal Putra, Sopiyan Hadi, Alfredo Alfredo, Mahaputra Vito, Bones Bahar, Gula Ly, Mahendra Moeharddhika, Kemas Dwisatria (Kemasacil), Tiavita Herdiana, Luinambi Vessiano, Nita Darsono, Sarah Jane, Fransisca, One Zhan, Fran Hakim, Galuh Retno & Fransesco Pandu, Ade Ivan, Siska Kemala, Galang Rais, Wahyuni Febriani, Nesia Anindita, Edank Haidar, M Edgar Degas, Zharz Putra, dan Nurjannah Ekaputri.

 

Informasi lebih lengkap mengenai gerakan Park(ing) Day, kamu bisa cek website resmi mereka di parkingday.org  atau follow langsung Twitternya di @parkingday.

 

About author

1 comment

Post a new comment

Robot-robot Pembuat Kopi

Tahun lalu, ada sebuah berita yang cukup ramai dibicarakan mengenai sebuah kios kopi di University of Texas yang. Pasalnya, di kios itu yang melayani para ...