Jenis dan Perbedaan Minuman Kopi ala Italia

Thursday, 28 March 2013

By Kopling

Para pencinta kopi pasti sudah nggak merasa asing lagi sama istilah seperti latte, cappuccino, dan macchiato yang terdaftar di menu kedai-kedai kopi, tapi apakah kita benar-benar tahu artinya dan apa beda antara minuman itu?

Sama halnya seperti para koki yang “menerjemahkan” ayam goreng yang sempurna itu kayak apa, para baristapun punya pendapatnya masing-masing tentang jenis-jenis minuman yang ada di daftar menu. Sempurnanya Barista A tentu beda sama versi sempurnanya Barista B. Balik-baliknya lagi-lagi ke masalah selera. Tapi meskipun begitu, pasti ada standarnya kan, seperti ayam goreng itu ya ayam yang digoreng.

Espresso vs. Espresso Ristretto

“Ristretto” dalam bahasa Italia artinya “restricted” atau “terbatas”. Kalo diterapin dalam hal ini, artinya adalah espresso yang diseduh pake air yang lebih sedikit dibanding espresso yang standar. Udah pasti rasanya jadi lebih kuat dan lebih pekat.

Cortado vs. Macchiato

Dua-duanya sama-sama mengandung susu, cuma bedanya kalo cortado itu lebih bergaya Spanyol, sedangkan kalo macchiato itu lebih Italia. Orang Amerika sendiri menggabungkan “gaya” keduanya.

Kalo Cortado, perbandingan antara kopi sama susunya itu 1:1, disajikannya pake gelas tanpa pegangan. Jadi memang pas disajikan itu harus udah agak dingin, dan nggak panas-panas kayak macchiato.

Tiap kedai kopi punya interpretasinya sendiri tentang kedua minuman ini, jadi lebih banyak nanya dulu deh sebelum mesen. Ada barista yang menganggap cortado itu “mini latte”, dan ada yang menganggap macchiato itu “mini cappuccino”.

Cappuccino vs Latte

Busanya cappuccino itu lebih dalam, sedangkan busanya di caffe latte itu lebih ringan. Buat gampangnya, inget aja kalo “latte” itu artinya “susu” dalam bahasa Italia, jadi udah pasti rasanya lebih bersusu dibanding cappuccino.

Selain itu, ukuran cangkirnya juga beda sih. Cappuccino itu biasanya beratnya sekitar 6 ons (kalo udah jadi), dan latte itu lebih banyak, sekitar 8 -12 ons. Dan perbandingan antara kopi, susu, dan busa di sebuah cangkir cappuccino yang sempurna itu seharusnya 1:1:1, jadi para peminumnya harus bisa ngerasain semuanya secara sama sampe tetes terakhir.

Flat White vs Caffe Latte

Apa itu flat white? Bukan orang pucat yang bermuka rata, tapi sejenis caffe latte yang biasa diminum di Australia dan Selandia Baru.

Di kedua negara terbawah di peta dunia itu, flat white lebih kecil tapi rasanya lebih kuat dari caffe latte mereka. Flat white ini biasakanya disajikan pake cangkir keramik yang ada kupingnya, dengan perbandingan 5-6 ons air berbanding 2 ons bubuk espresso. Sisanya, tekstur susu yang ringan. Sedangkan latte-nya orang Australia dan Selandia Baru itu biasanya disajikan pake gelas. Takarannya? 7 ons air berbanding 2 ons espresso, dan atasnya sama juga, pake lapisan susu.

Jadi apa perbedaannya? Volumenya (latte 1-2 ons lebih banyak dari flat white), juga gelas yang digunakan. Sama kayak minuman beralkohol, jenis gelas yang dipake buat minum kopi itu juga sepenting minuman yang ada di dalamnya.

Sama juga kan kayak kita? Baju kita juga sama pentingnya kayak badan kita. Nggak mungkin juga kan kita ke pesta pake piyama, dan juga baju seragam itu penting buat ngenalin di mana sekolah atau atau apa profesi kita. Kalo tukang parkir pake seragam pramugara, misalnya, ya pasti nggak sesuai sama pekerjaannya, dan keliatan aneh.