Jalan-jalan Jakarta pt.2

Thursday, 7 February 2013

By Kopling

Kalo waktu kemarin dulu Kopling udah pernah kasih tau beberapa tempat jalan-jalan alternatif yang seru di sini, kali ini Kopling mau ngasih info taman-taman di Jakarta yang bisa dijadiin tempat alternatif untuk refreshing. Selain lebih hemat, lebih inspiratif, juga mata jadi nggak jelalatan tiap ada obralan. Kantong pun hemat.

Yuk telusuri beberapa taman-taman kota bareng Kopling!

Taman Ayodya

Kamu tau dulu di daerah Barito (Kebayoran Baru) ada kios-kios tempat penjualan ikan hias kan? Nah, sekarang kios-kios ini udah jadi taman kota, yang namanya Taman Ayodya. Taman yang luasnya 7.500 meter persegi ini udah ada sejak tahun 2009.

Kata “Ayodya” dalam bahasa Sansekerta artinya “yang tidak akan kalah dalam perang“. Entah kenapa tempat ini diberi nama begitu sama Pak Fauzi Bowo.

Di sekitaran taman ini banyak banget jajanan. Meski pun sudah dilarang, tapi tetep aja para penjaja itu bandel. Ya nggak apa-apa juga sih sebenarnya asal mereka bisa menjaga kebersihan ya? Kan kadang-kadang pengunjung taman lapar dan haus juga. Hehe…

Kopling sih sukanya ke sini kalo malam. Ada air mancur yang keluar dari mulut patung-patung gurita gitu. Lucu dan cantik banget. Kalo kamu suka merenung, nggak ada salahnya malam-malam ke sini dan ngeliatin air mancur-air mancur itu. Siapa tau ketemu inspirasi?

Taman Langsat

Sekitar 500 meter dari Taman Ayodya juga ada taman lain, yang namanya Taman Langsat. Letaknya pas di belakang pasar burung Barito. Wajar sih kalo kamu nggak pernah tau tentang taman ini, karena memang ini taman tersembunyi – padahal banyak hal menarik lho di taman ini.

Di beberapa spot di taman ini dibuat Recycleart! yang bisa menjadi inspirasi kamu untuk ngeliat potensi tersembunyi dari barang-barang bekas di sekitar kamu. Tempat ini juga cocok buat hunting foto, ngelukis, piknik sambil baca buku, atau cuma untuk santai-santai aja. Selain itu, Taman Langsat udah tiga kali dipakai oleh para pencinta anjing untuk mengadakan Paw Day, atau acara jalan-jalan santai sambil ngebawa anjing peliharaan. Kalo kamu suka anjing, kudu banget dateng ke acara tahunan ini.

Pengaktifan Taman Langsat pada tahun lalu adalah dalam rangka “Hari Penataan Ruang 2012” melalui peresmian Hidden Park oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Ada banyak banget kegiatan yang diadakan sewaktu peresmian, di antaranya instalasi seni tematik yang edukatif dan acara piknik bersama!

Taman Suropati

Taman Suropati ini adalah salah satu taman tertua di kota Jakarta. Awalnya, taman ini bernama Burgemeester Bisschopplein. Nama ini diambil dari nama Walikota (Burgemeester) Batavia yang pertama G.J. Bisshop (1916-1920). Taman ini merupakan pusat kawasan Menteng, berada tepat di antara pertemuan tiga jalan utama yaitu Menteng Boulevard (Jalan Teuku Umar), Orange Boulevard (Jalan Diponegoro) dan Nassau Boulevard (Jalan Imam Bonjol). Dulunya, taman ini berbentuk bukit, kemudian dipangkas dan sebagian tanahnya dibuang ke Jl. Besuki. Lapangan ini mulai ditanami pohon maupun bunga sejak 1920.

Ada satu kegiatan unuk di setiap hari Minggu pagi di Taman Suropati ini. Banyak anak-anak dan remaja yang berlatih bermain biola di sini. Mereka tergabung dalam Taman Suropati Chamber. Seru banget kan maen musik bareng-bareng di taman?

Taman Menteng

Nggak jauh dari Taman Suropati juga ada Taman Menteng. Di sini juga ada free wifi-nya, jadi kamu juga nggak akan mati gaya. Tempat ini favoritnya para pejalan kaki.

Dulunya, Taman Menteng ini adalah Lapangan Persija, jadi ya aura olahraganya masih terasa banget di sini. Ada lapangan futsal, lapangan basket gitu deh. Semua lapangan ini bisa kamu pakai secara gratis. Untuk anak-anak juga ada area taman bermain anak, yang dilengkapi pasir pantai. Ada rumah kaca juga di sini. Buat apa? Ternyata untuk pameran-pameran gitu, seperti pameran lukisan misalnya.

Dulu di sini ada patung Barack Obama, tapi sekarang patungnya udah berubah jadi pot bunga. Yang menarik di sini adalah, banyak banget tukang kopi bersepeda berkeliling untuk menjajakan dagangannya.

 
Jadi, udah tau belum weekend ini mau piknik di mana?