International Coffee and Tea Festival 2013

2

coffeefestival2

Akan ada perhelatan akbar di Dubai pada tanggal 6-9 November 2013 yang mengambil tempat di Meydan Grandstand dan Convention Centre. Pameran perdagangan yang bernama “The International Coffee & Tea Festival 2013” ini akan menjadi perhentian bagi para pedagang, pembeli, juga pencinta kopi dan teh di seluruh Timur Tengah.

Angka konsumsi kopi dan teh di negara-negara Arab dalam 3 tahun terakhir ini naik sebesar 85%, dan menurut koordinator setempat untuk UAE World Coffee Events, Ryan Godinho, dipilihnya Dubai sebagai tempat untuk menyelenggarakan acara ini karena Timur Tengah adalah pasar global bagi perdagangan kopi dan teh.

Di tahun sebelumnya, ada 80 perusahaan dari seluruh dunia yang berpartisipasi dalam festival ini dan mereka berhasil menggaet 8.000 pengunjung internasional. Pameran perdagangan ini juga akan mengetengahkan berbagai pelatihan dan workshops bersertifikat (SCAA-Certified Trainings & Workshops) yang didesain untuk membantu para partisipan memberikan layanan dan kualitas yang lebih baik kepada para konsumennya.

coffeefestival3

Selain itu, di The International Coffee & Tea Festival 2013 ini juga akan ada pertandingan antar barista, yaitu UAE Barista and Latte Art Championships. Pendaftarannya sih gratis, tapi sayangnya hanya akan diikuti oleh para barista dari Timur Tengah. Lomba ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi para barista yang berkemampuan besar tapi nggak bisa mengikuti World Barista Championships karena keterbatasan dana. UAE Barista and Latte Art Championships dapat menjadi sebuah batu loncatan bagi para barista tersebut untuk membuktikan kemampuan mereka dan juga supaya dilirik sama dunia internasional. Selain itu, kalo para baristanya tambah jago, secara otomatis kualitas dari kedai kopinya juga akan meningkat kan? Win-win solution.

Keprihatinan ini berawal dari sebuah survey yang mengatakan bahwa rata-rata barista di Timur Tengah “hanya” digaji $880/bulan, sementara di Norwegia gaji seorang barista adalah $3.285/bulan, dan di Australia gaji seorang kepala barista bisa mencapai $4.220/bulan. Wow… Bedanya memang cukup jauh ya. Duh, siapa tahu ke depannya lomba ini juga akan dibuka untuk para barista dari luar negara-negara Arab ya, supaya dari negara-negara lain juga bisa ikutan. Yang akan diuji dalam pertandingan ini adalah rasa, kebersihan, ketrampilan, dan presentasi.

coffeefestival1

Yang menarik, dalam festival ini juga akan diadakan “Espresso + Brew Bar”, yang memberikan kesempatan bagi para pengusaha kopi dan peralatan pembuatan kopi untuk mempromosikan produk mereka dan berinteraksi dengan para (calon) konsumennya. Mereka akan diberi kesempatan untuk mempertontonkan berbagai variasi metode pembuatan kopi dengan berbagai mesin espresso juga dengan alat-lat lainnya, dan para pengunjung dipersilakan untuk merasakan kopi yang mereka buat. Di sinilah para pengusaha kopi akan mempertontonkan kualitas mereka yang sebenarnya.

Kesempatan ini terbuka bagi semua pengusaha kopi dan teh di seluruh dunia, tanpa kecuali. Untuk keterangan lebih lanjut, kamu bisa langsung membuka link ini. Siapa tau dengan keikutsertaan kamu, usaha kamu tambah maju karena dikenal di seluruh dunia, dan Indonesia juga jadi ikutan ngetop.

 

Sumber gambar: coffeeteafest.com

2 comments

Post a new comment

Anggapan Salah Tentang Kopi

Kadang yang kita anggap baik itu belum tentu benar, dan kebanyakan sebagai manusia kita lebih sering memilih cara yang praktis dan mudah ketimbang cara yang ...