Ilmu Sukses dari Joe Murray

0

o-LAZLO-900

Banyak pencinta musik yang bilang bahwa tahun 90-an adalah era terbaik dunia musik. Nggak cuma itu, dunia kartunpun juga sangat keren di era itu. Di antaranya, ada komik yang berjudul “Rocko’s Modern Life”. Rocko adalah sebuah makhluk fiktif yang hidup di kota O-Town, dan punya seekor anjing yang bernama Spunky. Rocko juga punya seorang teman yang sangat paranoid, Fiburt namanya, dan seorang teman yang yatim piatu, bernama Heffer Steer-Wolfe. Rocko ini adalah awal berkembangnya dunia kartun yang sempat terlupakan, dan menjadi benih maraknya film-film kartun Nicktoons yang dibuat oleh Nickelodeon, seperti “Aaahh!!! Real Monsters,” “Hey Arnold!”, dan “The Angry Beavers.”.

Bicara tentang sebuah karya, tentu nggak lepas dari bicara tentang penciptanya. Mungkin banyak yang belum tahu, bahwa tokoh Rocko ini diciptakan oleh seorang kartunis asal Amerika Serikat, Joe Murray.

bio-photo

Ketika berusia 14 tahun, Joe mengambil kelas seni pada sebuah liburan musim panas, dan lalu pada usia 16 tahun dia sudah menjadi seorang seniman karikatur secara full time. Di usia 17 tahun, dia sudah menjadi ilustrator untuk sebuah agen periklanan dan kartunis politis untuk koran lokal di San Jose. Luar biasa.

Di usia 21 tahun, Joe sudah mempunyai studio seninya sendiri dan punya klien besar seperti IBM dan Apple. Di akhir tahun 80-an, Joe mulai tergoda untuk memasuki dunia animasi. Dia kembali kuliah, dan kali ini mempelajari seni menambahkan gerakan pada karakter ciptaannya. Film-filmnya memenangkan banyak penghargaan, termasuk Sundance. Dia juga mendapat undangan untuk membuat serial animasi di televisi kabel, Nickelodeon.

“Rocko’s Modern Life” lahir pada tahun 1993 dan sampai saat ini DVD-nya masih laris manis. Apa sih rahasia kesuksesan Joe Murray?

Joe mengatakan bahwa sejak usia 6 tahun dia sudah tahu bahwa dia akan menjadi seorang seniman. Bisa jadi, itulah kunci kesuksesannya. Dia tahu apa yang dia mau, punya impian, dan bekerja keras untuk membuatnya menjadi nyata. Ayahnya tentu saja ketika itu keberatan, tapi pasti hari ini sang ayah sangat bangga dengan apa yang telah diraih Joe. Kebanyakan orang hanya sekadar bermimpi, sekadar ingin, tapi nggak pernah bersungguh-sungguh mengusahakan mimpinya. Sesederhana itu saja, sebenarnya.

o-FISHERMAN-900

Saat ini, Joe mengerjakan film animasi lainnya yang berjudul “Fish Head” yang diadaptasinya dari dongeng karya Grimm “A Fisherman and His Wife”. Cerita ini mengambil lokasi di Irlandia, dan ikan ajaibnya diceritakan berasal dari New York dan sangat sarkastik. Selain itu, Joe juga sedang mengerjakan “Frog in a Suit” dalam beberapa buku komik.

Terbukti bahwa orang yang kesuksesannya berumur panjang adalah mereka yang terus berkarya, dan nggak berhenti ketika mereka menjadi terkenal. Nggak ada pemalas yang sukses dan nggak ada orang yang ulet yang nggak akan berhasil pada akhirnya.

Website: joemurraystudio.com

No comments

The Public Private Exhibition

Seberapa besar sih dampak sosial media dan teknologi di kehidupan sehari-hari? Ini yang jadi pertanyaan seorang kurator yang berasal dari sarangnya sosial media, Christiane Paul. ...