Herve Tullet: Pangerannya Ilustrasi Buku Anak

0

ltvs-tullet-4-le-jeu-des-yeux

Buku untuk anak-anak itu memang harus kaya ilustrasi dan kaya warna supaya menarik perhatian mereka, seperti buku tentang anjing yang puitis karya Maira Kalman, atau malah paper sculpture tentang berbagai dongeng yang dibuat dari buku.  Buku yang isinya cuma tulisan nggak akan dilirik sama sekali oleh mereka.

Ada seorang ilustrator yang tadinya adalah ilustrator “bayaran” yang nggak puas dengan kerjaannya karena apa yang dia gambar sebenarnya berbeda dengan ide dan gayanya sendiri. Herve Tullet namanya. Lalu Herve Tullet banting setir dan menjadi penulis buku anak-anak sekaligus jadi ilustratornya sendiri dan sekarang dia adalah salah satu penulis dan ilustrator buku anak yang paling terkenal.

herve-tullet

Herve Tullet pernah bekerja sebagai seorang Art Director sebelum kemudian dia bergabung dalam industri periklanan. Buku pertamanya terbit di tahun 1994 dan sejak itu dia menjadi salah satu pembuat buku yang paling inovatif. Di negaranya, Prancis, Herve dikenal sebagai “pangeran buku anak balita”. Buku-bukunya mengajarkan para pembaca mudanya untuk berimajinasi, untuk menjadi anak yang mandiri dan kreatif. Herve sendiri adalah ayah dari dua anak laki-laki dan satu anak perempuan yang menjadi inspirasinya.

doodlecookbook1

doodlecookbook2

Menurut Herve, anak-anak sebenarnya sudah lebih banyak tahu dari yang kita duga, tapi mereka tidak pernah menghakimi. Mereka belum tahu mana yang benar dan mana yang salah, tapi mereka lebih terbuka dari orang dewasa. Mereka mudah mengerti asal kita tahu bagaimana caranya untuk berkomunikasi dengan mereka.

Herve sendiri mengaku masa kecilnya sangat membosankan dan dia adalah anak yang penakut karena orangtuanya memang tidak suka keluar rumah. Jadi dia sering pergi sendiri dan mengelilingi kota Paris. Pada usia 16 tahun, dia mulai menuangkan ekspresinya dengan menggambar dan saat ini Helve sudah menerbitkan lebih dari 60 buku anak-anak. Meskipun bukunya itu sebenarnya untuk anak-anak, tapi Helve membuatnya untuk disukai juga oleh orang dewasa. Sebagai pengagum surealisme, karyanya memang banyak dipengaruhi oleh gaya surealis.

2013-10-22-HTTHEBIGBOOKOFARTopen3

2013-10-22-HTTHEBIGBOOKOFARTopen2

Buku terbaru Herve Tullet yang berjudul “Big Book of Art” pasti juga akan mencuri hati orang dewasa, selain anak-anak balita, tentunya. Buku yang bentuknya tidak konvensional ini dibagi dua dan mengundang para “seniman muda” untuk menggabungkan bentuk-bentuk dan warna-warna sesuai dengan selera mereka. Buku ini lahir karena Herve terinspirasi dengan lukisan-lukisan yang dilihatnya di museum dan merupakan semacam “kamus” untuk mata anak-anak. Mereka diajar mengenal bentuk, warna, huruf, dan tanda.

Herve juga sibuk berkeliling dunia untuk mempromosikan bukunya dan mendongeng untuk anak-anak, bahkan sampai ke India dan Malawi. Projek terbesarnya yang masih dalam persiapan adalam pameran tunggal di Villa Savoye pada tahun 2013 nanti.

Menarik adalah pendapatnya ketika ditanya: Apa pendapatnya tentang elegan? Dia menjawab: Jangan pernah lupa untuk mengatakan “terima kasih”.

Sayangnya buku-buku ini belum tersedia dalam bahasa Indonesia ya?

Sumber foto: lanciatrendvisions.com dan beberapa sumber lainnya

No comments