Mewarnai dengan Tanaman

0

Sebenarnya, cara terbaik untuk menghias sebuah kota itu bukan dengan lampu, tapi dengan tanaman. Selain indah, kota yang kita huni juga semakin hijau. Belum lagi untuk kota yang padat seperti Jakarta, tanaman itu menambah oksigen dan mata pun jadi sejuk karena melihat yang hijau-hijau.

8588925123_c190b58af0_c

Palet warna dari tanaman

Seorang seniman asal New York, Ellie Irons, prihatin dengan banyaknya tanaman asli Amerika Serikat di New York yang tergusur oleh bangunan-bangunan bertingkat. Namun, menghilangnya tanaman-tanaman asli ini nggak berarti New York nggak ditumbuhi oleh tanaman apapun. Selama 3 musim panas, Ellie mempelajari tanaman pendatang yang tumbuh subur di kota besar ini, termasuk cara menanamnya dan menciptakan pigmen dari tanaman tersebut, seperti dandelions, mugwort, black nightshade, smooth bedstraw, dan tanaman lainnya.

ellieironspigments11

Ellie Irons dan Invasive Pigment Project

Ellie sebenarnya lahir di Utara California, tapi lalu dia kuliah di Los Angeles dan mengambil bidang ilmu lingkungan hidup. Karena dia mencintai seni dan juga biologi sekaligus, Ellie mulai mengawinkan ekologi dengan seni. Pada tahun 2005, Ellie pindah ke New York dan sekarang Ellie mengajar, sekaligus tetap menjalani profesinya sebagai seorang seniman di Bushwick, Brooklyn.

Ellie sangat aktif dalam berkarya, dan salah satu proyeknya yang masih berlangsung sampai saat ini adalah “Invasive Pigments Project” yang diadakan di Center for Strategic Art and Agriculture (CSAA). Melalui proyek ini, Ellie mengekstrak pigmen warna dari tanaman untuk digunakan sebagai pewarna cat air alami. Riset yang dilakukannya dalam rangka melakukan proyek ini juga termasuk mengeksplorasi migrasinya tanaman tertentu akibat pertumbuhan populasi manusia yang semakin pesat. Bibit tanaman dan tanaman liar yang tumbuh tanpa sengaja yang ditemukannya di pusat-pusat urban menurut Ellie adalah sumber pigmen warna dan dibuatnya untuk mewarnai pemetaan tiap spesies tanaman. Proyek ini baru-baru ini diikutsertakan dalam pameran Wave Hill, sebuah pusat kebudayaan dan taman publik di New York, dan ditulis oleh New York Times.

ellie_irons_main.jpg__524x349_q85_crop_upscale

Pigmen warna dari tanaman

Ellie Irons menggunakan seni lukis, seni patung, dan media elektronik untuk menjadikan manusia sebagai bagian dari alam. Proyek “Invasive Pigments Project” ini didapatkannya ketika dia melihat segerombolan tanaman yang “tangguh” yang tumbuh di dekat studionya. Dia lalu mengumpulkan tanaman-tanaman itu dan kemudian mempelajarinya. Nggak cuma akarnya, Ellie juga bereksperimen dengan buah, kuncup, daun, dan batang tanaman-tanaman itu untuk membuat warna pigmen.

ellieironspigments5

ellieironspigments02

Riset Ellie terhadap pigmen warna dari tanaman

Seperti yang ditulis di blognya, tujuan akhir dari proyek ini adalah untuk menanam dan memproses tanaman pendatang secara spesifik, dan menciptakan “invasive color palette”. Sebagai contoh, pigmen di bawah ini diambil dari ganggang hijau yang ditumbuhkan di studionya, dedaunan pohon Ailanthus, dan stroberi dan blueberry yang dibeli di toko swalayan. Pigmen yang terekstrak dicampur dengan gum Arabic, getah yang dipanen dari pohon Akasia.

7354988366_2985aee645

Pigmen dari ganggang hijau, dedaunan pohon ailanthus, stroberi, dan blueberry

Yang menarik adalah ternyata bahwa tanaman-tanaman yang kita kenal sekarang bisa jadi berasal dari tempat lain, dan karena dibawa oleh para pendatang ratusan tahun yang lalu, tanaman-tanaman itu kita pikir adalah tanaman lokal. Ellie sangat tertarik mempelajari faktanya bahwa manusia telah menyebabkan perubahan lingkungan hingga sedemikian rupa.

Sebenarnya, kita di Indonesia juga sudah mengenal mewarnai dengan tanaman ya? Seperti sirih untuk memberi warna merah, urang-aring untuk memberi warna hitam, bunga telang untuk memberi warna ungu. Pewarna alami apalagi yang kamu tahu, yang bisa kita dapatkan di sekitar kita?

Website: ellieirons.com

No comments

Livingloving.net

Kita semua tentunya sudah tau kalau banyak banget produk buatan lokal yang keren-keren. Tapi, terkadang mencari informasi lengkap tentang produk tersebut cukup sulit karena nggak ...