Cemilan untuk Teman Ngopi

Wednesday, 14 August 2013

By Editorial Kopi Keliling

cemilankopi2

Kopi adalah minuman yang enteng jodoh, karena bisa dijodohin dengan hampir semua makanan, baik cemilan maupun makanan berat. Nggak berarti gampangan juga sih, karena setiap jenis kopi punya pasangannya sendiri.

Seperti misalnya, orang Indonesia suka minum kopi sambil makan brownies. Mungkin karena orang Indonesia memang lidahnya suka yang manis-manis ya. Dan ternyata nggak cuma orang Indonesia yang suka minum kopi sambil makan brownies, orang Guatemala juga begitu.

Sebenernya, nggak cuma makanan yang manis yang bisa dijodohin sama kopi, karena cemilan yang cocok untuk teman ngopi bisa dibagi berdasarkan rasa-rasa kopi itu sendiri. Ini ada rumusnya:
1. Kopi yang rasanya lembut dan beraroma buah-buahan cocoknya ditemani sama sandwich yang isinya ikan, atau potongan buah mangga.
2. Kopi yang rasanya lembut dan beraroma kayu cocok ditemani sama salad jamur dan bayam.
3. Kopi yang rasanya sehalus sutra dan beraroma buah-buahan cocok ditemani sama sandwich yang berisi telur mata sapi dengan saus tomat.
4. Kopi yang rasanya sehalus sutra dan beraroma kayu cocok ditemani sama bebek dengan saus cherry dan roti tawar.
5. Kopi dengan rasa yang kuat dengan aroma buah-buahan cocok ditemani dengan chocolate fudge.
6. Kopi dengan rasa yang kuat dengan aroma kayu cocok ditemani dengan ham dan keju.

cemilankopi1

Kebanyakan orang ngopi saat sarapan pagi, jadi sesuaikan juga kopimu dengan jenis sarapan pagimu:
1. Kalo kamu sarapan pake sesuatu yang manis seperti pancake atau donat, minum kopi yang rasa buah-buahannya kuat. Konon, yang paling pas adalah kopi dari Nikaragua untuk jadi teman pancake kamu.
2. Sarapan yang gurih seperti nasi goreng atau telur dadar cocoknya dipasangin sama kopi kental. Untuk sarapan ini yang paling cocok memang kopi dengan dark roasting, misalnya kopi tubruk yang pasti udah sering kamu cicipin.
3. Sarapan pagi yang ringan (roti panggang, sereal) cocoknya dipasangin dengan kopi yang lembut, seperti cappuccino atau cafe au lait.

Atau kamu lebih memilih untuk menjodohkan kopi menurut dari mana si biji kopi berasal? Bisa juga! Konon biji-biji kopi dari berbagai negara tersebut pasangannya seperti di bawah ini nih…
1. Kopi dari Brazil cocoknya dijodohin sama almond biscotti atau shortbread.
2. Kopi dari Colombia cocoknya dijodohin sama carrot cake.
3. Kopi dari Costa Rica cocoknya dijodohin sama muffin rasa buah-buahan.
4. Kopi dari Guatemala cocoknya dijodohin sama potongan apel yang dicelup saus caramel, atau kue cokelat.
5. Kopi dari Jamaica cocoknya dijodohin sama donat atau biscotti.
6. Kopi dari Meksico cocoknya dijodohin sama scones atau muffin.
7. Kopi dari Nicaragua dan Hawaii cocoknya dijodohin sama oatmeal, kue kering dari oatmeal, atau kue yang terbuat dari kopi.
8. Kopi dari Haiti cocoknya dijodohin sama buah peach segar atau pie apricot.
9. Kopi dari Ethiopia cocoknya dijodohin sama makanan yang rasanya asam dan mengandung sereh, seperti makanan Thailand atau kue lemon.
10. Kopi dari Kenya cocoknya dijodohin sama potongan buah segar.
11. Kopi dari Sumatra cocoknya dijodohin sama tumis jamur, roast beef, harsh browns, atau keju.
12. Kopi dari Jawa cocoknya dijodohin sama keju atau roti yang dipanggang pake minyak zaitun.

Selamat menjodoh-jodohkan kopimu dengan pasangan terbaiknya! By the way, kalo kamu sendiri sukanya cemilan apa kalo lagi ngopi?

 

Salam srupuuuuth!

 

Sumber foto: weheartit.com

  • kenichi

    enak banget nih cemilannya, cocok nih ditemani coffee latte atau hot cappucinno yang ini http://goo.gl/AiPOKU

  • lala

    thank you so much for the info! rumus yang menarik, harus coba nih ;)