Catalyst Art Market 6: Creative Workshops

0

Masih dalam rangka Catalyst Art Market 6 yang akan diadakan tanggal 30 April – 1 Mei 2016 di Graha Purna Wira, Jakarta Selatan, Kopling mau berbagi info tentang program workshop yang bisa kamu ikuti selama dua hari ini.

Hari 1: 30 April 2016

1. Tie Dye oleh Eva Joewono

Jam: 14.00
Biaya: Rp400.000
Material: disediakan oleh pengajar

Registrasi: catalystartmarket6@gmail.com (subjek: workshop tie dye)

tiedye

Eva Joewono sudah sering mengajar berbagai teknik tie dye, atau yang juga dikenal sebagai ikat celup, di berbagai tempat. Awalnya ia mendalami teknik ini di Yogyakarta yang kemudian ia latih terus-menerus dan dibagikan ke banyak orang. Untuk Catalyst Art Market 6, Eva akan mengajarkan pembuatan kain dengan motif ikat celup menggunakan pewarna alami berwarna indigo. Motif kainnya sendiri akan berbeda-beda tergantung dari kreativitas setiap peserta.

2. Suminagashi the Subtle & Marbling the Experimentalist oleh Yonaz Kristy Sanjaya

Jam: 14.00
Biaya: Rp400.000
Material: alat, bahan, dan panduan dalam bentuk zine sudah disiapkan, termasuk kenang-kenangan yang dibuat khusus oleh brand Sillyputty. Peserta diminta membawa benda untuk di-marbling, seperti casing HP, mug, jam, kacamata, toys, atau benda apapun berbentuk tiga dimensi
Registrasi: catalystartmarket6@gmail.com (subjek: workshop paper marbling)

marbling1

Yonaz Kristy Sanjaya adalah seorang pengkarya asal Yogyakarta yang memiliki ketertarikan tinggi terhadap dunia printmaking. Untuk workshop Paper Marbling kali ini, ia akan membagikan dua materi paper marbling, yaitu Suminagashi the Subtle dan Marbling the Experimentalist.

Suminagashi the Subtle merupakan teknik mencetak di atas kertas yang lebih menekankan para proses penciptaan pola sebagai penerapan meditasi, karena pada dasarnya teknik ini memerlukan kesabaran dan ketenangan. Di jaman modern ini, orang-orang seolah terjebak di dalam kesibukan dan permasalahan perkotaan yang seakan nggak pernah berakhir. Hal ini membuat seseorang menjadi lebih individualis, kurang bersahabat, dan nggak peduli dengan sekelilingnya. Sebagai manusia, kita memerlukan waktu untuk sendiri dan berpikir ulang tentang kehidupan agar tetap “waras”. Dengan melakukan meditasi atau melakukan kegiatan yang memiliki pola repetitif, hal ini bisa dicapai. Teknik Suminagashi sangat dekat dengan pola repetitif tersebut, dan semua elemen alam memiliki peran dalam menghasilkan cetakan yang indah. Gravitasi bumi akan memengaruhi tetesan tinta yang kamu tuang, bahkan angin atau hela nafasmu juga dapat memberikan perubahan berarti terhadap hasil akhir teknik ini. Karena itu mendalami teknik ini cocok untuk kamu yang ingin melakukan meditasi.

Setelah mempelajari teknik Suminagashi the Subtle, kamu akan diajak bereksperimen menggunakan enamel untuk teknik Marbling the Experimentalist. Teknik ini sangat cocok diaplikasikan ke permukaan tiga dimensi, karena itu kamu diminta untuk membawa benda-benda yang ingin kamu marbling, seperti kacamata, toyscasing HP, jam, mug, atau benda tiga dimensi lainnya. Di workshop ini, kamu akan menjadi mad scientist dan mengeksplorasi dunia marbling yang tanpa batas!

3. Learn How to Create Your Own ID Card Holder oleh Nerdmob Inc

leather

Jam: 14.00
Biaya: Rp550.000
Material: disiapkan oleh pengajar

Registrasi: catalystartmarket6@gmail.com (subjek: workshop leather)

NERDMOB Inc adalah tempat para pelaku kreatif dan seniman berbakat menciptakan fashion item yang unik. NERDMOB Inc berfokus pada material dengan elemen kayu dan kulit. Di workshop ini kamu akan mempelajari cara membuat ID card holder, mulai dari basic leather working seperti memotong dan menjahit bahan kulit, hingga proses pewarnaan kulit, dan finishing agar terlihat rapi.

Hari 2: 1 Mei 2016

1. Flora Type Watercolor Workshop oleh Muli Ong

Jam: 14.00
Biaya: 450.000
Material: disiapkan oleh pengajar

Registrasi: catalystartmarket6@gmail.com (subjek: workshop flora type)

kaligrafi

Muli Ong adalah seorang desainer grafis yang mencintai dunia lettering. Sehari-hari, ia juga sering bereksperimen gambar menggunakan cat air. Untuk workshop kali ini, Muli akan mengombinasikan script lettering dan ilustrasi cat air untuk menghasilkan karya yang unik dan indah. Kamu akan mempelajari pola dasar script letter dan cara melukis bunga menggunakan teknik cat air.

2. Head Drawing oleh Varsam Kurnia

Jam: 14.00
Biaya: 350.000
Material: disiapkan oleh pengajar

Registrasi: catalystartmarket6@gmail.com (subjek: workshop head drawing)

head

Varsam Kurnia adalah seorang ilustrator dan pelukis yang berbasis di Jakarta. Ia banyak menggunakan media cat air dalam berkarya dan karya-karyanya memiliki gaya figuratif. Di workshop ini ia akan mengenalkan cara menggambar wajah dan kepala, di mana kita akan mempelajari struktur dasar, konstruksi, dan anatomi kepala beserta tips dan trik menggambar wajah. Di sini kamu akan dipandu Varsam untuk belajar menggambar wajah dan kepala berdasarkan foto dan menyaksikan demo live drawing menggunakan seorang model.

3. Sculptural Ceramic oleh Argya Dhyaksa 

Jam: 14.00
Biaya: 375.000
Material: disiapkan oleh pengajar

Registrasi: catalystartmarket6@gmail.com (subjek: workshop ceramic)

keramik

Argya Dhyaksa atau biasa dipanggil Gya, dikenal sebagai seniman dengan karya-karya yang penuh rasa bermain penuh kelakar yang kadang sinis. Objek-objek buatannya memainkan ide kreasi dari bentuk objek-objek dengan penyelesaian yang terlihat kasar, raw, dan surealis. Untuk workshop keramik, Argya akan mengajak kamu membuat keramik berbentuk sculpture, berbeda dengan membentuk patung menggunakan material lain. Ia akan mengajarkan tahapan dasar untuk membuat keramik berbentuk figure.

4. Renjana oleh Zodiak Gembira

Jam: 14.00
Biaya: 100.000 (20 menit/sesi, first register-first serve)
Material: bacaan dalam bentuk email dan chart zodiak disiapkan oleh Zodiak Gembira

Registrasi: catalystartmarket6@gmail.com (subjek: renjana zombi)

seluruh zod

Kalau denger kata “zodiak”, apa sih yang langsung kebayang di kepala kamu? Ramalan bintang di majalah-majalah? Informasi tentang peruntungan selama sepekan? Lagu “Bintangku, Bintangmu”-nya Heidy Diana?

Nah. Zodiak Gembira alias Zombi agak beda dari itu semua. Zodiak kita lebih kompleks daripada yang umum kita tau. Makanya Zombi ngebacain setiap teman secara spesifik dan personal. Arahnya lebih ke karakter, bukan ke ramalan nasib dan peruntungan. Apa fungsinya? Supaya kita lebih paham diri sendiri dan tau gimana nge-treat-nya semaksimal mungkin.

Dalam Bahasa Indonesia, “renjana” berarti rasa hati yang kuat. Tapi belakangan, “renjana” kerap dipilih sebagai padanan kata “passion”. Paket Renjana di Zodiak Gembira ngebahas kayak apa kecenderungan kamu dalam berkarir, karir yang kira-kira cocok sama kamu, dan gimana kamu ngejalaninnya.

Nah, dukun Zodiak Gembira yang biasanya bermukim di Bandung bakalan buka praktik nih di Catalyst Art Market 6 tanggal 1 Mei 2016. Jadi, buat kamu yang lagi banyak pertanyaan banget soal karir, passion, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan kedua hal tersebut bisa langsung daftar ke email di atas ya. Selain dibacain dan bisa tanya-tanya langsung saat Catalyst Art Market 6 nanti, kamu juga akan mendapatkan pembacaan dalam bentuk email beserta chart zodiakmu.

Dukun Zodiak Gembira namanya Sundea. Ia adalah penangkap keseharian, sahabat matahari, dan dukun zodiak yang jatuh cinta pada hidup setiap hari. Ia membaca dan menuliskan apapun sesuai dengan kata hatinya. Tulisan-tulisannya dapat diintip di www.salamatahari.com sementara praktik perdukunannya dapat disambangi di zodiakgembira.tumblr.com.

About author

No comments

Ayo Berkarya dengan Makananmu!

“Jangan main-main dengan makananmu!”, sebuah nasihat yang mungkin sering kita dengar di masa kecil kita dari orang tua atau kerabat jika kita sedang malas makan ...