Catalyst Art Market 5: Art & Creative Workshops pt.1

0

Kopling udah pernah kasih tau kamu sebelumnya kalau di Catalyst Art Market 5 yang diadakan bersamaan dengan Kopi Keliling Arts & Coffee Festival (KACF) 2015 akan ada sederet workshop seru yang bisa kamu ikutin. Jadi, ada dua jenis workshop di Catalyst Art Market 5: pre-order dan on the spot. Sesuai namanya, pre-order berarti kamu harus daftar dulu sebelum hari H, dan on the spot berarti kamu bisa langsung daftar di tempat saat kegiatan berlangsung.

Nah, kali ini Kopling mau infoin dulu ada workshop pre-order apa aja sih di hari pertama KACF 2015, tanggal 28 November 2015?

Kolase oleh Resatio Adi Putra

workshop kolase resatio adi putra

Waktu: 13.00 – 15.00
Harga: Rp200.000/peserta (bonus pocket notebook)
Alat (disediakan oleh pengajar): kertas, gunting, cutter, lem (peserta dipersilakan membawa cutter pen sendiri bagi yang punya)

Bahan: peserta diminta untuk membawa bahan masing-masing. Saran bahan yang dapat dibawa: majalah fashion, majalah National Geographic, apapun yang terlihat menarik

Kita sering melupakan hal-hal kecil dan detail. Dalam workshop ini Resatio akan berbagi bagaimana cara membuat kolase dengan memotong bagian-bagian yang sangat kecil dari sebuah gambar atau foto di majalah dan membuatnya menjadi komposisi yang baru. Peserta akan membuat beberapa kolase sederhana yang hanya berisikan 2-3 potongan. Cara ini cukup sulit karena, kita harus membuat kolase yang sangat simple tapi bisa tetap terlihat menarik.

Berbeda dengan workshop yang sering Resatio lakukan, kini para peserta akan membawa bahan-bahan yang akan mereka potong sendiri, seperti: majalah, label merk, dll. Di sini Resatio hanya akan menyediakan alatnya saja.

Tentang Resatio

Resatio - profile pic

Resatio adalah seorang seniman visual yang berfokus pada teknik kolase. Proses pengkaryaannya mencakup mark making, kolase, dan fotografi yang dikombinasikan dengan proses manual dan digital. Ia berkarya dengan benda-benda temuan dan menciptakan elemen, figuratif, abstrak dan tipografi yang memberikan suasana baru.

Basic Script Lettering oleh Kaligrafina 

Kelas_Kaligrafina

Waktu: 13.00 – 17.00
Harga: Rp500.000/peserta
Material: disediakan oleh pengajar

Kelas Basic Script Lettering oleh @novia_jonatan adalah kelas menggambar huruf (lettering) dengan gaya script atau tulisan sambung yang materinya difokuskan pada bentuk dasar & struktur hurufnya. Dengan latihan mengunakan pensil, diharapkan di akhir kelas peserta dapat mengambar huruf dengan baik yang dilanjutkan dengan proses pewarnaan secara manual atau pun secara digital.

NoviaJonatan_1

Materi pengajaran akan disampaikan oleh Novia Jonatan @novia_jonatan, yang sudah menekuni hand-lettering sejak 2 tahun yang lalu dan dikenal orang banyak dengan gaya ornamental script lettering dan ligature-nya.

Tentang Kaligrafina

Kaligrafina (kependekan dari “Kaligrafi Indonesia”) adalah sebuah wadah untuk komunitas penggemar kaligrafi dan lettering atau hand-lettering di Indonesia. Misi kami adalah memperkenalkan, menyebarluaskan dan melestarikan seni hand-lettering di Indonesia dengan berbagi dan belajar bersama teknik yang benar.  Di bulan Agustus 2014, Kaligrafina memulai misi tersebut dengan membuat akun IG @kaligrafina dan setelah setahun berjalan semakin banyak yang menyadari bahwa seni hand-lettering adalah bentuk seni yang patut diperhitungkan dan bisa menjadi sebuah profesi karena spektrum aplikasi seni tersebut sangat luas.

Shibori oleh Eva Joewono

Screen Shot 2015-11-06 at 4.49.20 PM

Waktu: 15.20 – 17.20
Harga: Rp350.000/peserta
Material: disediakan oleh pengajar

Kelas shibori yang dibawakan Eva selalu menarik karena ia biasanya memperkenalkan beberapa teknik pewarnaan sekaligus, tergantung dari ketersediaan waktu juga tentunya. Terlebih lagi, ibu 2 anak remaja ini selalu mendampingi setiap peserta secara personal. Baik di kelas dasar maupun kelas lanjutan.

Tentang Eva Joewono

Screen Shot 2015-11-15 at 8.37.01 PM

Melengkapi kesibukan sehari-harinya sebagai seorang produser di TV commercial dan memanajeri group musik AriReda, Eva mulai menekuni pelatihan teknik pewarnaan kain a la Jepang, shibori, sejak awal tahun ini.

Coptic Bookbinding oleh Mei Suling 

img_1513_1

Waktu: 15.20 – 17.20
Harga: Rp400.000/peserta
Bahan (disediakan oleh pengajar): 1 set kit untuk membuat 1 buku, termasuk kertas, jarum, waxed thread, wooden awl, paper clipwood cover dengan tali elastis
Alat (wajib dibawa peserta): paper cutter, pensil, penggaris kecil, gunting

Coptic binding adalah salah satu teknik bookbinding yang dimiliki oleh orang Koptik di Mesir pada sekitar abad ke-2 hingga abad ke-11. Di workshop ini, kita akan mempelajari bagaimana cara membuat coptic binding yang sederhana menggunakan teknik 1 jarum di panel kayu sebagai sampul buku, dikombinasikan dengan karet elastis dan tali kulit sintetis.

Tentang Mei Suling

img_1557_1

Setelah lulus dari sekolah seni printmaking studio dari ITB, Mei melanjutkan karirnya di Jawa dan Bali sebagai desainer grafis, advertising, dan marketing selama beberapa tahun. Pada tahun 2009, ia kembali ke Bandung dan mendirikan studio stationery design dan bookbinding. Sebagai orang yang sangat memperhatikan detail dan hasil akhir, kreasinya sangat diminati oleh banyak orang hingga saat ini.

Get Closer with NERDMOBGoods 

1

Waktu: 15.20 – 17.20
Harga: Rp450.000/peserta
Material (disediakan oleh pengajar): apron, vegetable leatherleather tools (cutting mate, gunting, cutter, palu, garpu pembolong, alas, jarum, benang, penggaris, lem kulit, finishing tools)

Di workshop ini kamu akan belajar leather making dan membuat dompet kulit yang bisa dipakai untuk sehari-hari.

Tentang NERDMOB Inc

NERDMOB Inc adalah tempat para pelaku kreatif dan seniman berbakat menciptakan fashion item yang unik. NERDMOB Inc berfokus pada material dengan elemen kayu dan kulit.

50 Shades of Clay oleh Argya Dhyaksa 

kirain studio (1)

Waktu: 13.00 – 15.00
Harga: Rp325.000
Material (disediakan oleh pengajar): tanah liat berpigmen, peralatan keramik sederhana

Di workshop ini kita akan diajak untuk bermain-main dengan colored clay (tanah liat yang sudah diberi pigmen warna). Nantinya kita akan membuat bentuk-bentuk keramik dari tanah liat yang disediakan. Hasilnya akan dibakar dahulu oleh pengajar lalu dikirim ke alamat para peserta.

Tentang Argya Dhyaksa

kirain studio (3)

Argya Dhyaksa atau biasa dipanggil Gya, dikenal sebagai seniman dengan karya-karya yang penuh rasa bermain penuh kelakar yang kadang sinis. Objek-objek buatannya memainkan ide kreasi dari bentuk objek-objek dengan penyelesaian yang terlihat kasar, raw, dan surealis.

CAM-5_Workshop_day1_1.2

Tertarik untuk mengikuti salah satu dari workshop di atas? Langsung aja daftar lewat maubelajarapa.com ya! Ada pertanyaan? Silakan email ke catalystartmarket2015@gmail.com.

About author

No comments

5 Tren Kopi yang Harus Kamu Ketahui

Menurut data, orang-orang Amerika sangat terobsesi dengan kopi. Hampir 60% orang Amerika berumur 18 tahun ke atas meminum kopi. Menurut National Coffee Association’s 2015 trends ...