Cara Ngopi Meriah di Kantor

Thursday, 23 May 2013

By Editorial Kopi Keliling

Bosen nggak sih ngopi di kantor yang rasanya nggak variatif gitu? Bisa sih ke warung kopi sebelah, tapi kadang kerjaan numpuk, deadline menghantui, jadinya nggak sempet kemana-mana lagi dan memang harus duduk manis di kantor.

Tapi sebenernya kalo kita kreatif, kita bisa lho ngebuat kopi di kantor semeriah kopi di warung sebelah. Lumayan kan buat kamu coba pas coffee break. Kopling punya beberapa ide buat “menghias” espresso kamu nih. Bahan-bahannya sebagian (mungkin) udah ada di pantry kantor, tapi sebagian lagi harus bawa dari rumah. Modal utamanya sih memang kopi, terus microwave, susu, gula. Nggak apa-apa kan repot dan keluar modal sedikit demi kopi yang lebih meriah tadi? Hehehe…

Caffe Mocha

Yang pertama harus diingat, kopi kamu harus panas banget. Kalo nggak panas, masukin ke microwave selama 24-45 detik. Tambahin cocoa powder dan gula, terus cobain. Biasanya sih takerannya 1 sendok makan cocoa berbanding 6 ons kopi. Nah, terus panaskan 2-4 ons susu cair di mug yang berbeda dengan microwave selama 25 detik. Tuang susu itu ke dalam gelas yang bakal kamu pake untuk minum. Tambahin whipped cream dan taburi dengan cocoa powder. Jadi deh!

Salted Caramel Mocha

salted caramel mocha

Aduk 2 sendok makan saus karamel dengan 1 sendok makan gula + 1 sendok makan cocoa powder ke dalam 6 ons kopi yang mendidih. Tambahin 2 ons susu yang udah dipanasin di microwave. Hias atasnya pake whipped cream, terus gambar atasnya pake saus karamel. Taburi atasnya pake garam kasar. Yummy!

Peppermint Mocha

Potong permen cokelat yang rasa mint kecil-kecil, masukin ke dalam mug kamu. Tambahin susu sesuai selera kamu. Masukin ke dalam microwave selama 30 detik, atau sampe permennya meleleh. Aduk. Tuang kopi panas ke atasnya dan tutup dengan whipped cream. Sruput dan telan. Sensasional!

Cinnamon Latte

cinnamon latte

Tuang kopi dan susu ke dalam mug. Tambahin batang kayu manis. Masukin ke dalam microwave selama 30 detik, terus diemin dulu selama 30 detik lagi supaya kayu manisnya meresap. Tambahin gula, dan whipped cream di atasnya. Punya bubuk kayu manis? Taburi lagi di atasnya.

Hazelnut Mocha

Tambahin 1,5 sendok makan Nutella ke dalam susu kamu. Masukin ke dalam microwave selama 20 detik, atau sampe nyampur sendiri. Tuang kopi ke dalamnya. Nikmati setelah atasnya ditutupi whipped cream.

Affogato

affogato

Tinggal taruh 1 sendok es krim Vanilla di dasar mug kamu dan tuang kopi di atasnya. Gampang kan?

Vanilla Latte

Panaskan 1/4 sendok makan esens vanilla dan susu di dalam microwave selama 30 detik. Siram pake kopi, dan tambahin gula kalo kurang manis.

Caffe TGIF

Kopi beralkohol. Jangan diminum tengah hari ya, minumnya pas beberes meja aja di hari Jumat. Campur 4 sendok makan minuman beralkohol untuk setiap 6 ons kopi hitam, dan tutup atasnya dengan whipped cream.

Kamu sendiri punya cara menarik buat minum kopi di kantor atau dalam keadaan kepepet?