Kopi dan Susu #2

2

Masih inget gak artikel Kopling yang judulnya Kopi dan Susu #1? Sekedar mengingatkan, di artikel sebelumnya Kopling ngobrol bareng Andanu Prasetyo dari @toodzhouse mengenai cara membuat kopi susu yang baik. Kenapa bahas kopi dan susu? Mending kamu baca dulu deh di sini. Nah di artikel lanjutannya ini, Tyo akan memberikan tips cara bikin kopi susu yang baik. Yuk kita simak.

 

Kopi dan Susu #2- Edisi Rumah (Creamer)

Sorry ya sebelumnya karena artikel kedua ini agak lama keluarnya. Kemarin ini gue coba cari tahu kira-kira alat kopi apa yang paling umum dimiliki sama temen-temen. Salah satu alat yang mereka punya di rumah ternyata adalah Plunger/French Press. Makanya di artikel kali ini gue mau sharing cara buat Kopi Susu mengunakan Plunger/French Press.

Tapi sebelum kita bahas cara buat kopi susunya, gue pingin sedikit mengingatkan lagi bahwa salah satu kunci minuman kopi susu yang kita buat bisa enak adalah dengan menghasilkan kopi yang baik terlebih dahulu. Karena hal ini yang akan dijadikan bahan dasar utamanya. Jadi disini komposisi dan cara menyeduh kopi menggunakan French Press nya harus tepat.

Setelah melakukan percobaan gue dapat perkiraan komposisinya, yaitu:

1. Kopi Bubuk “Fresh” & “Medium Coarse Grind”  : 16 – 18 gr
2. Air Panas (90-95 derajat celcius): 200 – 220 ml
3. Creamer: 3 – 4 sdt
4. Gula (kalau diperlukan saja): 1 – 3 sdt

Supaya pembuatan kopi susu kali ini bisa lebih optimal, gue coba membantu memberikan beberapa tips ya :

1. Sebaiknya menggunakan kopi bubuk yang baru saja digiling (grind) sebelum kita membuat kopi. Tapi kalau tidak punya mesin giling (Grinder), bisa membeli di cafe-cafe atau toko yang menjual freshly roasted coffee. Cuma gue saranin digunakan tidak lebih dari 14 – 18 hari setelah digiling dan juga harus disimpan di tempat yang kedap.

2. Tingkat kekasaran/kehalusan bubuk kopi memegang peranan yang sangat penting! Jika menggiling di cafe atau toko kopi, bisa langsung bilang minta digiling untuk French Press.

3. Waktu tunggu kopi sebelum di-press adalah 4 menit, karena kopi digiling dengan kasar (untuk French Press). Kopi membutuhkan waktu untuk dapat terekstrasi dengan baik oleh air panas. Semakin lama kopi kontak dengan air panas, maka akan semakin banyak rasa dan kafein yang dikeluarkan. Jadi terkadang, kalau terlalu lama akan muncul rasa pahit/bitter. Atau kalau terlalu sebentar, kopi menjadi tidak terlalu terasa.

4. Berdasarkan penjelasan di atas, karena sistem seduh ini adalah tergolong perendaman kopi sempurna, maka dari itu suhu air juga memiliki peranan penting. Jadi, jangan gunakan air panas dispenser karena kebanyakan menghasilkan air yang kurang panas. Sebaiknya masak air panas dengan menggunakan termos elektrik atau menggunakan kompor.

Ini ada sedikit visualisasi yang menarik tentang cara pembuatan kopi menggunakan French Press.

Kalau ada yang kurang jelas mention gue aja via twitter di @AndanuPrasetyo atau kirim email ke andanuprasetyo@gmail.com. Mungkin hasil percobaan gue tidak sama dengan yang lo rasain di rumah, karena biji kopi yang gue gunain berbeda, tingkat kekasaran kopi berbeda, waktu penyeduhan, dll. Makanya kalau menemukan komposisi atau hal yang menarik dari kopi susu kalian ketika membuat di rumah, comment ya di comment box di bawah.

Siapa tau dengan begini semakin banyak yang lebih menghargai dan menikmati hasil kebun kopi kita sendiri, sehingga membantu dan meningkatkan konsumsi kopi dalam negeri. Selain itu, temen-temen juga bisa jadi semakin kenal satu per satu dengan alat seduh kopi nantinya. Sehingga lo semua bisa ngerasain fresh quality Indonesian coffee di rumah masing-masing, bukan hanya melalui kopi sachet. Kan kalau kita seduh sendiri kita jadi bisa menikmati aroma dan cita rasa karakter setiap daerah hasil kebun kopi di negeri kita ini. Pedoman gue, cara untuk membuat kopi yang enak itu ada banyak. Tapi yang komposisi mana yang cocok untuk kalian itu preferensi masing-masing. Jadi, temukan kopi dan metode seduh kesukaan kalian! – @AndanuPrasetyo

Gimana? Seru kan tips cara bikin kopi susu yang baik dari Tyo? Moga-moga berguna dan teman-teman bisa cobain sendiri di rumah. Harga French Press juga relatif terjangkau. Jadi buruan beli ke supermarket atau toko kopi terdekat dan berkreasi dengan kopi kamu! Ohh, sebelum kita lanjut dengan artikel yang berikutnya, Tyo masih punya video keren buat kamu tentang cara membuat kopi yang baik dengan menggunakan French Press.

About author

2 comments

  1. Alex 2 July, 2014 at 04:37 Reply

    Mas Andanu, saya termasuk pemula dalam membuat kopi menggunakan French Press. Yang saya mau tanya mengapa kopi yang saya buat terkadang terasa asam (rasa asam sangat dominan) dan terkadang tidak? Saya belum menemukan penyebabnya. Mohon pencerahannya dari para ahli. Trimss…

  2. Andanu Prasetyo 3 July, 2014 at 18:46 Reply

    Halo Mas Alex, maaf ya baru reply Mas Alex. GIni mas, kalau dari cerita Mas Alex sih ada beberapa penyebab nih mas. Sepengetahuan saya mungkin karena 1 atau 2 hal dibawah ini :

    1. Jenisnya Arabica/Robusta
    2. Profil Sangrai/Roast.
    3. Karakter Rasa Kopi dari daerah tertentu
    4. Tingkat Kehalusan Bubuk kopi (Ground)
    5. Suhu Air
    6. dsb.

    dan masih banyak lagi sih Mas Alex penyebabnya, cuma biasanya saya dan teman-teman sering ketemunya mayoritas karena 5 masalah diatas.

    Nah buat aku coba bantu jawab pertanyaan Mas Alex lebih tepat, boleh ga Mas Alex bantu saya jawab, kira-kira minuman kopi yang Mas Alex tergolong apa aja berdasarkan 5 variabel diatas?

    Hehe, andai jadi ribet. Pokoknya Mas Alex bisa coba pakai kopi Arabica yang lebih Fresh dengan Profil Roast yang lebih gelap, terus tingkat kehalusanya dibuat lebih halus dari biasanya. Kabarin ya mas berhasil ga? Selamat Mencoba Mas Alex…

Post a new comment

Teater Musikal Sekolahan

Kemarin Kopling dikasi info oleh salah seorang teman sekaligus pendukung Kopling, Kemal Pamungkas, yang aktif di dunia teater, kalau dia dan teman-teman lainnya yang tergabung ...