Cara-cara Bergabung di Kopi Keliling

0

Cara bergabung di Kopi Keliling

Melihat cukup banyaknya pertanyaan yang masuk ke Kopling menanyakan gimana caranya untuk bergabung, Kopling ngerasa sudah saatnya untuk ngasih info cara-cara bergabung di Kopi Keliling. Hehehe… Jadi, sebenarnya sih berikut beberapa caranya…

1. Kolaborasi

Hmm, pertama-tama yang perlu kamu tahu, Kopling itu bukan sepenuhnya (berbentuk) komunitas, jadi kita memang nggak ngadain kegiatan rutin mingguan atau bahkan bulanan seperti komunitas pada umumnya. Meskipun demikian, Kopling selalu terbuka untuk berkolaborasi. Jadi misalnya kamu dan temen-temen kamu pengen ngadain kegiatan, contohnya acara gambar bareng, kamu bisa ajak Kopling buat bikin acara gambar bulanan. Caranya? Kamu bisa kirim ide dan proposal kegiatan tersebut ke raymond.malvin@kopikeliling.com. Kalau memang kegiatannya memungkinkan untuk dibuat, selanjutnya Kopling akan ngajak kamu untuk diskusi lebih lanjut supaya kegiatan tersebut dapat terlaksana.

2. Ikutan Pameran

Kalau kamu mau gabung sebagai ilustrator/seniman untuk ikut serta di dalam pameran, kamu bisa ikutan pas Kopling lagi bikin open submission untuk pameran. Setiap tahun kita punya program rutin untuk kamu bisa berpartisipasi kok. Makanya, sering-sering cek website Kopi Keliling, follow akun Twitternya @KopiKeliling, Instagramnya Kopikeliling, atau FB pagenya Kopi Keliling, biar enggak ketinggalan berita.

3. Kontributor

Buat kamu yang hobi nulis dan ingin menyumbangkan tulisanmu supaya bisa dibaca oleh lebih banyak orang lagi, kamu bisa ikutan gabung dengan Kopling sebagai kontributor. Caranya? Kirim contoh tulisan yang udah pernah kamu buat, atau tulisan yang pengen kamu sumbangkan ke patricia.wulandari@kopikeliling.com.

4. Volunteer

Buat yang pengen menyalurkan tenaga berlebih atau menyumbangkan keahlian ke kegiatan lain di luar rutinitas sehari-hari, kamu juga bisa ikutan gabung dengan Kopling sebagai volunteer. Karena jumlah tenaga kita terbatas, biasanya untuk beberapa acara yang cukup ‘ribet’, Kopling selalu membutuhkan bantuan supaya acara bisa berjalan dengan baik.

5. Pengurus

Nah, ini dia yang paling seru! Selain dari semua pilihan di atas, kamu juga bisa gabung dengan Kopling sebagai pengurus. Pengurus di sini artinya terlibat secara langsung bersama tim “inti” Kopi Keliling dalam menyusun, merealisasikan, dan mengelola program tahunan Kopi Keliling (seperti Pameral Amal ACT, Art Market, Acara Reguler Kopi Keliling, acara diskusi/workshop Tabung Reaksi, kegiatan screening film Bioskop Keliling, dan lain sebagainya).

Kebetulan, Kopling memang lagi ada rencana untuk melebarkan sayap dan sedang mencari seorang kandidat full-time dengan kriteria sebagai berikut ini:

1. Fresh graduate, terbuka untuk jurusan apapun
2. Memiliki pengalaman berorganisasi, seperti festival kampus, panitia acara kampus, dll
3. Memiliki ketertarikan di bidang seni, event organizing
4. Mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik
5. Mempunyai kemampuan menulis yang baik (khususnya dalam penyusunan presentasi dan proposal)
6. Bisa bekerja dalam tim dan suka tantangan
7. Fasih berbahasa Inggris (lisan dan tulisan)
8. Familiar dengan aplikasi blog (WordPress) dan media sosial (Twitter, Facebook, Instagram, dll)
9. Domisili: Jakarta (lebih baik Jakarta Selatan)

Kalau kamu tertarik, langsung kirimkan cover letter & CV kamu serta ekspektasi gaji ke contact@kopikeliling.com dengan subyek: Tim Pengurus Kopling. Kopling tunggu ya!

About author

No comments

Kopi Gajah! Kopi Termahal Di Dunia

Di utara Thailand, dua puluh ekor gajah setiap hari mengeluarkan kopi termahal di dunia. Mirip seperti kopi luwak, para gajah ini diberi makan biji kopi ...