Latte Art Apps

0

Setelah beberapa artikel Kopi Susu yang udah ada (Kopi Susu #1, Kopi Susu #2, Kopi Susu #3), gue mau share informasi tentang Latte Art nih. Pasti banyak temen-temen yang sering menemukan gambar lucu dan menarik pas pesen kopi di beberapa coffee shop, misalnya seperti:

Ada yang tertarik untuk bisa gambar di kopi seperti contoh-contoh di atas? Kalau tertarik, gue bisa rekomendasiin teman-teman Kopling beberapa tempat yang bisa ngajarin kita bagaimana membuat Latte Art di minuman kopi kita. Tapi biaya pelatihan ini bisa berkisar 2 hingga 5 juta rupiah kalau melalui sekolah barista atau pelatihan yang diadain oleh beberapa coffee shop. Mungkin kalau kamu punya temen yang profesinya seorang barista bisa minta ajarin langsung aja dengan mereka. Jadi bisa lebih irit kaan.. haha!

Nah tapi kalau kamu mau iseng-iseng dulu, ada nih cara belajar Latte Art dengan hanya bayar sekitar Rp 10,000 perak hehe… Sekarang ada mobile apps (masih hanya untuk iPhone sayangnya) tentang membuat Latte Art gitu. Ini gue share 2 apps yang bisa teman-teman download.

LatteArt (iPhone)

Ini link untuk apps nya: itunes.apple.com/us/app/latteart/

LatteLand (iPhone)

Ini link untuk apps nya: itunes.apple.com/us/app/hb-latteland/

Gue sih dari awal langsung download apps yang “Latteland”, alasannya sederhana, karena tampilannya lebih menarik (untungnya Latteland juga ada versi trial/lite, jadi gue bisa coba-coba dulu sebelum membeli). Setelah gue coba, pemakaian apps nya cukup mudah, karena hanya tinggal menggoyang iPhone/iPad/iPod kita. Jadi gue langsung purchase apps nya.

Intinya sih gw melihat apps ini menarik dan berguna untuk kita yang penasaran gimana sih proses terjadinya Latte Art itu? Soalnya terkadang beberapa tamu suka bingung saat gue jelasin kalau proses gue menggambar hati misalnya, itu tidak menggunakan alat/cetakan melainkan digambar dengan cara nuangin susu. Buat kamu yang pake device apple, bisa download langsung apps Latteland, gratis ini cobanya haha.

Karena Latte Land adalah proyek salah satu barista terbaik dunia, mereka cukup lebih baik dalam pengembangan aplikasi ini. Supaya lebih jelas, kamu bisa liat video di bawah ini :

 

Gimana-gimana? Tertarik download kah? Susah-susah gampang sih mainnya pas gue coba hehehe. Main di apps aja susah, gimana kalau para barista sehari-hari yah? Buat bikin gambar yang rapih banyak lho faktor yang harus diperhatikan, seperti kualitas kopi, kualitas susu, tehnik penuangan, dan lain-lain. Gue dulu pas belajar bikin Latte Art butuh waktu hampir seminggu! hahaha. Mungkin nanti gue coba sharing kali ya gimana bikin Latte Art di rumah? Siapa tau bisa jadi hadiah/surprise kepepet buat orang yang kita sayang. – @AndanuPrasetyo

 

About author

No comments