Up Coffee: Masih Boleh Minum Kopi?

0

Buat kita yang nggak bisa hidup tanpa kopi, kadang kita suka kebablasan dan kebanyakan minum kopi. Akibatnya, malamnya sering kali kita jadi susah tidur, dan makin parah karena kita jadi minum kopi lagi…

BN-BU380_jawbon_G_20140305193940

Terus, gimana dong caranya supaya kita tetap bisa minum kopi tanpa kelebihan dosis? Jangan sedih, di jaman canggih seperti sekarang ini, semua ada aplikasinya. Hari Kamis kemarin, 6 Maret 2014, ada peluncuran sebuah aplikasi yang tugasnya adalah memberitahu kita, kapan kita masih boleh minum kopi, kapan saatnya harus berhenti. Aplikasi ini gratis, tapi sayangnya untuk saat ini baru bisa digunakan oleh para pengguna produk Apple, yang bisa mengunduhnya melalui iOS App Store.

Cara kerja aplikasi yang dikembangkan oleh Jawbone Labs ini sebenarnya sangat sederhana. Kita tinggal memasukkan umur, jenis kelamin, berat dan tinggi badan kita. Lalu, setiap kali kita minum kopi atau minuman apapun yang mengandung kafein, kita tinggal “melapor” pada aplikasi yang bernama Up Coffee ini. Kemudian, aplikasi ini akan memberitahu kita, kapan saatnya kita harus berhenti minum kopi dan kapan saatnya kita sudah siap untuk tidur.

la-dd-caffeine-tracking-app-coffee-lovers-2014-001

MW-BW094_up_cof_MG_20140306131814

Saat kita melapor pada Up Coffee di pagi hari, aplikasi ini akan mengamati kebiasaan kita. Setelah penggunaan selama 10 hari, Up Coffee akan menunjukkan kepada kita sudah berapa jam kita kurang tidur untuk setiap 100 mg kafein yang kita minum. Tujuan dibuatnya aplikasi ini adalah untuk mencari hubungan antara kafein dan pola tidur setiap penggunanya. Tapi sebenarnya penyebab susah tidur itu bukan cuma kopi sih. Sebagai contoh, orang yang laptop-an di kamar, biasanya waktu tidurnya berkurang 38 menit. Mereka yang pasti megang handphone sebelum tidur, waktu tidurnya berkurang 13 menit. Dan ini juga salah satu survey yang dibuat oleh Jawbone, lho.

Aplikasi ini nggak dibuat secara sembarangan, karena para pengembangnya adalah sejumlah ilmuwan yang sudah lama mempelajari soal kafein dan pengaruhnya bagi tubuh kita. Jawbone juga mengeluarkan gelang (wristband) yang bernama Up. Pemiliknya, bisa men-sync gelang ini dengan Up Coffee, tapi kalau nggak punya gelangnya juga kamu masih bisa menggunakan aplikasi ini.

Tertarik ingin mencoba?

No comments

Perempuan yang Mengilustrasi Dunia

Hari ini, 8 Maret, seluruh dunia merayakan Hari Perempuan (International Women’s Day). Setiap negara merayakannya dengan rasa hormat, apresiatif, dan cinta kepada para perempuan. Awalnya, ...