Aneka American Coffee

0

Amerika Serikat yang budaya ngopinya terbilang sangat modern memang nggak jauh dari espresso stands, duyung berwarna hijau, internet, dan wifi gratisan. Budaya ngopi di Amerika mungkin nggak setradisional negara-negara lain, tapi harus diakui, merekalah yang berjasa membuat kopi menjadi minuman yang banyak pencintanya.

Awalnya, sebenarnya teh lebih populer di Amerika Serikat ketimbang kopi, sampai akhirnya terjadi Stamp Act di tahun 1767 yang membuat harga teh jauh melambung tinggi, dan orang-orang mulai beralih ke kopi. Saat ini, katanya sih sekitar 107 juta orang Amerika di atas usia 18 adalah peminum kopi regular, dan itu jumlahnya lebih dari setengah jumlah penduduk Amerika! Mereka rata-rata minum 3,5 cangkir kopi perhari, dan Seattle adalah negara bagian di Amerika Serikat yang mempunyai coffee shop 10 kali lebih banyak dibandingkan dengan negara-negara bagian lainnya.

Nah, ada beberapa macam minuman kopi dari Amerika Serikat yang belum familiar di telinga kita, dan mungkin juga belum kita ketahui. Apa saja itu?

Cafe Breve

7-4-6-Cafe-Breve

Minuman ini dibuat dari espresso yang dicampur dengan susu dan cream yang dipanaskan. Perbandingan antara susu dan cream-nya 1:1. Variannya, ada mocha breve yang dicampur dengan coklat dan disajikan dengan whipped cream, dan ada juga iced breve.

Cafe Tobio

Caffè-Tobio

Dibuat dengan cara mengisi setengah cangkir kopi dengan espresso, dan setengahnya lagi diisi dengan drip coffee biasa. Dengan begini, rasa espresso yang kuat akan terimbangi dengan rasa drip coffee, dan kelemahan drip coffee juga tertutupi dengan kuatnya rasa espresso. Tobio sendiri berasal dari nama putra Doctor Tenma dari Astroboy. Oh.

The Gibraltar

thegibraltarcoffee

Minuman ini berasal dari San Fransisco, dan sudah pernah Kopling ceritakan sebelumnya.

Red Eye

Caffè-Tobio

Nah, minuman ini namanya nggak sama nih di setiap daerah:

– Di Minnesota, minuman ini disebut “depth charge”, dan nama ini pernah mengalami masalah legal antara coffee shop yang memakai nama yang sama dalam menu dan iklan mereka.
– Di San Francisco Bay Area, minuman ini disebut dengan nama “sledgehammer” atau “hammerhead”.
– Di Alaska, minuman ini disebut dengan nama “sludge cup”, karena di Alaska ini terletak industri minyak terbesar (oil sludge).
– Di beberapa daerah lainnya, minuman ini disebut “Al Pacino” karena pada tahun 2010 Al Pacino pernah memuji minuman ini.
– Para tentara Amerika di Irak dan Afghanistan menyebut minuman ini dengan nama MOAC (Mother of All Coffee).

Red eye ini sebenarnya mirip-mirip sih dengan  cafe tobio, tapi perbandingan antara drip coffee dengan espresso-nya bukan 1:1, dan lebih banyak drip coffee-nya. Red eye sebenarnya untuk minuman yang hanya diberi 1 shot espresso. Untuk 2 shot espresso, minuman ini berubah nama jadi “black eye”, 3 shot berubah menjadi “dead eye”, 4 shot dinamakan “ojo de dios”, dan 5 shot disebut “spencer wolf”.

Banyak banget ya namanya… Kalo kamu lagi pedekate sama cewe yang doyan ngopi, mungkin topik ini bisa menjadi referensi obrolan. Hehehe…

 

Sumber gambar: disappore.com dan beberapa sumber lainnya

No comments

Artist Talk | Prasajadi Heru Lastiko

Part of Kopi Keliling project 2011. This video is made to share the passion and creativity of young talented Indonesian artists. Support our local artists ...