American Gothic: Dari Seram Jadi Lucu

Seperti yang kita tau, Halloween itu awalnya cuma dirayain sama orang Amerika. Ada sebuah lukisan yang sering banget kita liat, cuma mungkin beberapa dari kita nggak tau namanya. Lukisan ini sering muncul di mana-mana, bahkan udah banyak yang bikin parodinya. Gambarnya tentang sepasang lelaki dan perempuan tanpa ekspresi gitu. Lumayan serem sih, meskipun nggak pake ada gambar hantunya segala – makanya disebut dengan nama “American Gothic”.

Grant_Wood_-_American_Gothic_-_Google_Art_Project

Lukisan yang dibuat pada tahun 1930 ini adalah karya Grant Wood dan sekarang aslinya udah jadi koleksi Art Institute of Chicago. Inspirasinya datang dari American Gothic House yang jadi latar belakang lukisan itu. Wood membayangkan orang-orang yang menurutnya tinggal di rumah itu, dan yang ada di benaknya adalah seorang petani yang berdiri di samping anaknya yang “perawan tua”, padahal selama ini kita mikirnya itu lukisan pasangan suami-istri ya! Yang jadi model di lukisan itu sendiri adalah kakak sang seniman itu sendiri dan dokter gigi mereka. Yang perempuan mengenakan celemek model Abad 19 dan yang lelaki membawa garpu besar yang melambangkan kerja keras.

tumblr_ltk16xOujO1qhcx89o1_500

Dengan berbekal lukisan ini, Grant menang hadiah perunggu dalam kompetisi yang diadakan oleh Art Institute of Chicago dan berhasil membawa pulang uang sebesar $300. Lukisan itu lalu dibeli oleh Art Institute, dan nggak lama kemudian direproduksi oleh banyak koran di Amerika, lalu jadi terkenal. Lukisan yang seram ini sebenarnya memuat perasaan Grant yang sangat berduka. Ketika umurnya baru 10 tahun, Grant sudah ditinggal mati oleh ayahnya. Grant kepikiran untuk menggambar lukisan itu ketika dia sedang memerah susu sapi…

American Gothic sampai hari ini adalah salah satu lukisan yang paling terkenal dan paling sering diplesetin, seperti halnya Mona Lisa karya Leonardo da Vinci atau The Scream karya Edvard Munch, hanya saja karena American Gothic ini memang sangat Amerika ya akhirnya lebih banyak dipublikasikan oleh media-media di Amerika.

charity3

Bukan cuma dalam poster dan foto, tapi beberapa film pernah memakai lukisan ini sebagai lucu-lucuan, di antaranya The Simpsons dalam episode “Bart Gets an Elephant” dan Mulan karya Disney’s. Sampai sekarang, para pengunjung rumah itu juga dipersilakan berfoto mirip lukisan itu.

434px-American_Gothic_Dress-Up

Menarik ya, betapa sebuah lukisan yang awalnya dibuat dengan rasa sedih yang mendalam, bahkan dikasih judul “gothic” bisa menghibur banyak orang dalam perkembangannya, dan nggak terkesan seram lagi…

Sumber foto: Wikipedia

joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official