Aeropress & ROK Espresso Maker

0

41YgIE-bpSL

Kamu tentunya udah tau kalo ada berbagai macam alat kopi manual yang bisa jadi pilihan, salah satunya adalah Aeropress yang praktis banget buat pelancong. Salah satu alat kopi yang paling banyak dikenal banyak orang ini ditemukan oleh Alan Adler, bos perusahaan yang namanya Aerobie. Aeropress ini dapat menghasilkan espresso dengan rasa yang kuat tanpa rasa asam yang berlebih dan hanya membutuhkan waktu 30 detik untuk menyeduh kopi.

howtofrenchpressa

Lalu apa bedanya dengan French press? Bedanya, AeroPress ini menggunakan filter kertas sekali pakai, sementara French Press memakai saringan yang terbuat dari logam atau nylon. Selain ini, AeroPress juga membutuhkan waktu lebih singkat untuk menyeduh kopi.

Selain ringan, AeroPress ini juga ukurannya kecil dan nggak butuh listrik dalam pengoperasiannya. Yang kita butuhkan hanya air panas, jadi bisa dibawa ke mana-mana dan bisa dipakai untuk buat kopi di mana saja. Beberapa barista bahkan bisa membuat kopi dengan AeroPress ini di tengah-tengah penerbangan. Yang menarik adalah, sejak tahun 2008 ada World Aeropress Championship yang diadakan setiap tahun, seperti yang bisa kamu lihat di: worldaeropresschampionship.com.

082113-coffee-rok-espresso-maker-1

Nah, ada alat pembuat kopi lainnya yang lebih praktis lagi sekarang dibanding AeroPress. Praktisnya adalah karena alat ini, ROK espresso maker, punya “tempat sampah” sendiri di dalam alat itu. Alat yang bentuknya mirip pembuka botol wine ini juga dioperasikan tanpa listrik. Sayangnya, karena hal itu, alat ini sama seperti halnya AeroPress, nggak bisa mengatur temperatur air sendiri.

Cara memakainya adalah dengan mengisi filter-nya dengan bubuk kopi dan mengisi bagian atasnya dengan air yang baru mendidih. Jumlah air yang dibutuhkan itu tergantung sekental atau secair apa kopi yang kamu inginkan. Dengan pemakaian yang benar (sesuai dengan petunjuk, tentunya), kamu bisa mendapatkan double shot espresso dengan crema. Kalau kamu nggak malas, alat ini juga dilengkapi dengan fitur membuat busa dari susu.

618nvLqu2CL._SL1142_

Alat ini adalah penyempurna dari Presso, versi sebelumnya dari ROK espresso maker, karena dibuat lebih kuat, kakinya lebih kokoh, dan umurnya diperkirakan bisa setahun lebih panjang dari AeroPress – dengan catatan, pemiliknya tahu gimana cara merawatnya ya.

Jadi, apakah alat ini juga layak untuk diajak jalan-jalan? Kalau kamu bawa ke rumah saudara atau teman dan bawa mobil sendiri, ya silakan. Tapi kalo kamu kemping, sepertinya mendingan bawa AeroPress karena lebih ringan. Yang penting di tempat kemping itu, kamu bisa buat air panas. Untuk pemakaian di rumah, alat ini cukup sempurna karena harganya lebih bersahabat dari mesin espresso, yaitu sekitar $200-an dan cocok buat kamu yang pengen menikmati secangkir espresso dengan praktis. Selain itu, bentuknya yang futuristik pas banget buat ditaro di apartemen atau rumah bergaya minimalis!

 

Salam sruput!

Sumber gambar: Liz Clayton

No comments