8 Kota Kopi Terbesar di Dunia

0

Pencinta kopi jaman sekarang, terutama yang ada di kota-kota besar, sudah semakin cerdas dan peduli sama kopi. Mereka nggak cuma tahu di mana ada kopi enak, tapi juga mereka kepengin tahu gimana caranya kopi diproduksi.

Ada beberapa kota besar di dunia yang penduduknya sangat peduli sama kopi. Konon, di kota-kota ini kopinya nggak cuma enak, tapi memang ini kota-kota kopi terbaik di dunia. Berikut beberapa “kota kopi” di dunia, menurut versi CNN.

London

Coffee shop yang memfokuskan diri pada espresso pertama kali di kota ini dibuka oleh orang-orang Australia dan orang New Zealand. Sejak saat itu, coffee shop semakin menjamur di kota London yang cantik ini – terlebih selama 5 tahun terakhir. Yang banyak diminati oleh orang-orang London adalah flat white, tapi nggak sedikit juga di antara mereka yang menggemari cappuccino.

Caravan-Homegirl-Londona

Rekomendasi: East London banyak menawarkan coffee shop yang enak, dan kalau kamu ke kota ini, coba kunjungi  Allpress, Climpson & Sons, dan Caravan.

Melbourne

Kopi sudah menjadi bagian dari masyarakat Melbourne, dan bahkan setahun sekali diadakan coffee expo di sini. Yang paling banyak dipesan adalah latte, cappuccino, dan flat white, tapi nggak sebanyak piccolo.

deadmanespresso

Rekomendasi: Sulit rasanya menemukan kopi nggak nggak enak di Melbourne ini, tapi konon yang paling top adalah Axil Coffeehouse Roasters d Hawthorn, Auction Rooms di North Melbourne, dan Dead Men Espresso di South Melbourne.

Reykjavik, Islandia

Orang Islandia adalah penggila kopi. Dulunya, cafe-cafe di Reykjavik hanya menjual makanan, baru sekitar 25 tahun yang lalu, orang mulai peduli gimana caranya supaya ada kopi enak di dalam coffee shop. Kalau dulu orang hanya peduli pada kue yang enak, mereka sekarang menuntut supaya kopi dan kuenya sama-sama enak. Orang Islandia paling suka minum latte atau cappuccino. Drip coffee hanya dibuat di rumah-rumah.

kaffitar1

Rekomendasi: Ada 7 coffee shop dan sebuah tempat pemanggangan biji kopi di kota ini, tapi katanya sih yang terbaik adalah Kaffitar, Stogan, dan Kaffismidja.

Roma

Kopi adalah bagian dari budaya Italia, karenanya jarang banget ada orang Italia yang nggak minum kopi. Tapi, percaya nggak percaya, ternyata agak susah menemukan espresso yang pas di Italia. Kalau mau ngopi di Italia, kota yang terbaik adalah Roma. Orang Italia hanya minum kopi yang mengandung susu saat sarapan pagi, dan ketika mereka ke coffee shop, biasa yang mereka order adalah espresso.

giolittiRekomendasi: Rosati di Piazza del Popolo, Sant Eustachi dan Giolitti yang nggak jauh letaknya dari Trevi Fountain.

Singapura

Orang-orang Singapura saat ini sudah sangat terobsesi dengan latte art, jadi menurut mereka, coffee shop yang baik itu yang latte art-nya keren. Mereka sendiri adalah penggemar latte, mocha, dan cappuccino.

strangers-reunion-at-kampong-bahru-1a

Rekomendasi: Strangers’ Reunion di Chinatown, Dutch Colony di Pasar Bella dan Bukit Timah, Chye Seng Huat Hardware di Little India.

Seattle

Kopi adalah matahari terbit bagi penduduk Seattle, dan si duyung hijau itu sebenarnya hanyalah bagian kecil dari pemandangan kota Seattle yang sangat gila kopi. Orang-orang setempat bisa memesan espresso, cappuccino, dan single-origin pour.

IMG_2512_thumb

Rekomendasi: Victrola Coffee Roasters di Capitol Hill, Empire Espresso di Columbia City, dan Seattle Coffee Works.

Vienna, Austria

Pada tahun 2011, rumah-rumah kopi di Vienna dimasukkan oleh UNESCO ke dalam daftar Intangible Heritage. Sejak tahun 2012, setelah kota ini menjadi tuan rumah Worl Barista Championships, lebih banyak lagi coffee shop baru bermunculan. Orang Vienna sendiri adalah penggemar espresso dan cappuccino.

caffe-couturea

Rekomendasi: Cafe Couture, Essenti, Coffee Pirates, dan Demel.

Wellington, New Zealand

Hubungan antara pemilik coffee shop dan para pelanggannya di kota kecil ini sangat hangat, dan orang Wellington hanya mau minum flat white. Rata-rata kopi di New Zealand memang sangat enak.

Flight-Hoppera

Rekomendasi: Flight Coffee Hangar, Memphis Bele, Lamason Brew Bar.

 

Nah, kalo kamu sendiri setuju nggak dengan pilihan CNN di atas? Menurutmu kota mana yang paling pantes disebut sebagai kota kopi? Yuk tulis pendapat kamu di comment box di bawah!

No comments

Saya Sarjana Ilmu Kopi!

University of California di Davis yang lebih dikenal dengan nama UCD atau UC Davis termasuk 10 universitas paling terkemuka di California dan yang ketiga paling ...