Urban Toy Stage: Makers Market Lineup

0

Menuju acara Urban Toy Stage yang akan diadakan oleh Catalyst Arts tanggal 4-5 Maret 2017 di Kuningan City, Jakarta Selatan, mendatang, Kopling mau mengajak kamu berkenalan dengan para peserta yang berpartisipasi di kategori Makers Market. Yuk, kita lihat satu per satu!

Alympu

Alympu adalah brand yang didirikan oleh Alin sejak tahun 2010. Inspirasinya berawal dari ketertarikan Alin membuat modifikasi action figure dengan skala 1:6 yang kemudian tumbuh menjadi keinginan untuk menciptakan karakter yang dapat menggambarkan imajinasinya menjadi nyata. Alin banyak terpengaruh dari post-apocalyptic, steampunk, dan hal-hal sejenis dalam membuat toys-nya. Setiap karakter adalah buatan tangan yang diproduksi dalam edisi terbatas.

Artists Collective

Artists Collective terdiri sekumpulan toy designer dan toy maker, di antaranya adalah Mr Kum Kum, Recycle Experience, Paulus Hyum dan masih banyak lagi!

Black Mavis

Black Mavis menjadi penghubung antara seniman dengan media baru agar seniman dapat eksplorasi kreativitasnya dengan maksimal. Sebagai studio yang fokus pada art toys, Black Mavis memiliki tim yang solid, koneksi yang kuat, dan banyak pengalaman dalam membuat art toys untuk membawa karya seni ke dimensi selanjutnya.

Bowo Baghaskara

Berawal dari hobi mengoleksi mainan dan merasa bosan karena perusahaan mainan mengeluarkan banyak versi untuk sebuah karakter mainan yang mengakibatkan koleksi nggak ada habisnya, Bowo berpikir untuk membuat mainannya sendiri dalam genre designer toys/art toys/urban toys. Ia menciptakan karakter art toy pertamanya “Kungpow” di tahun 2010, yang teirnspirasi dari bentuk visualisasi kondisi psikologis manusia yang tiba-tiba mengalami kelelahan saat berada di tengah situasi menuju hal yang ia cita-citakan. Setelah itu ia mulai membuat karakter-karakter lain seperti BigBruno, Driad, Uncle Bruno. Bowo juga sering bekerja sebagai customizer beberapa designer toys untuk kepentingan proyek koleksi beberapa kolektor maupun pameran. Ia banyak menggunakan warna-warna hijau, hitam putih, dan warna kayu.

Eric Noah

Eric Noah adalah seorang creative freelancer yang bekerja di bidang desain, grafiti, dan ilustrasi. Ia mengembangkan Gwen The Corgi, yaitu karakter dari anjing peliharaan kesayangan yang menjadi branding signature. Karakter Gwen The Corgi dibuat dengan hand made mulai dari produksi, painting, hingga packing-nya.

Indonesian Art Toys

Indonesian Art Toys (IAT) adalah kelompok yang terdiri dari seniman Indonesia, toy designer, dan orang-orang kreatif, seperti toy customizer, vinyl figures collector, ilustrator, toy photographer, dan lainnya. IAT adalah tempat para pencinta art toys untuk saling berhubungan, mendukung satu sama lain, berbagi cerita tentang karyanya, berbagi tips dan trik, serta sebagai wadah untuk jual beli bagi para pencinta art toys.

Karamba Art Movement

Karamba Art Movement adalah kolektif berisi para penggiat visual yang berasal dari Semarang.

Mirfak Prabowo

Mirfak Prabowo adalah seniman kelahiran Jakarta yang belajar melukis di Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung. Selain sebagai seniman, ia juga berprofesi sebagai bassist di band rock bernama Sigmun dan pematung mini di bBandung. Mirfak selalu memiliki minat khusus dalam menggambar dan art toy sepanjang hidupnya.

SOTOY

SOTOY, atau Self Original TOY, mulai aktif membuat urban toys sejak 2015. SOTOY sendiri sebenarnya bukan komunitas, melainkan sebuah kegiatan anak-anak muda di Bandung yang berkarya 3D dalam bentuk mainan, yang akhirnya berkembang dan keasyikan untuk mengikuti banyak acara dengan karya mainan/urban toys. Visual artist atau desainer karakter yang aktif di dalamnya adalah Addy Debil, Buddy Batako, Rifky M Isa, Iky Z, Ops, Semproel, Igi Anjangbiani, dan Sumadinata yang masing-masing mempunyai latar belakang berbeda. Selain fokus pada karya mainannya dan proyek solo, setiap individu juga aktif merilis merchandise yang dikelola mandiri maupun commission dengan mengedepankan ciri khasnya menjadi beragam benda kreatif. Beberapa event bazaar yang pernah diikuti: Cangu Art Bazzart Bali, Popcon Asia 2016, Toys & Game Republic, Urban Gigs.

The Space Wanderer

Eric Wirjanata adalah seorang seniman visual yang juga bekerja sebagai online content consultant di Jakarta. Ia sering dikenal dengan sebutan The Space Wanderer dan mendeskripsikan karyanya sendiri sebagai seni dengan sentuhan-sentuhan nggak terduga.

Yeyeyeaaghh

Berawal dari keisengan Bagoy alias Yeyeyeaaghh menggambar kartun atau karakter lucu di tahun 2005, ia mulai merambah ke ranah sticker tagging yang saat itu sedang tren. Setelah beberapa lama, ia dan temannya mulai membuat karakter 3 dimensi dari gambar karakter tersebut dan barulah ia menyadari kalau karakter toy tersebut sebenarnya berada di ranah art toys atau urban toys. Karakter toy pertama yang ia buat adalah FALD yang mengambil bentuk dari sebuah televisi retro cembung dengan bentuk oval bertubuh mungil.

Ayyoubi

Loyal Fur (brand milik Gilang Ayyoubi) adalah tempat di mana kamu nggak cuma bisa menemukan produk art & craft yang lucu tapi juga mendapatkan teman setia! Sekilas penampilan hewannya mungkin terlihat aneh, tapi selalu lucu. Loyal Fur mengeksplorasi dan menciptakan makhluk di luar imajinasi kita dan mengubahnya menjadi produk art & craft. Dibuat dengan penuh cinta dan 100% buatan tangan.

 

Info lengkap Urban Toy Stage: bit.ly/urbantoystage

About author

No comments

Sejarah Kopi dalam Sastra

O coffee! Doved and fragrant drink, thou drivest care away, The object thou of that man’s wish who studies night and day. Thou soothest him, ...