Toy

Urban Toy Stage: Awal yang Baik untuk Skena Art Toys di Indonesia

0

Tanggal 4-5 Maret kemarin acara pameran dan bazaar art toys lokal pertama di Indonesia, Urban Toy Stage, sudah diadakan di Ground Floor Kuningan City, Jakarta Selatan. Diinisiasi oleh Catalyst Arts, acara ini bekerjasama dengan Self Original Toy alias SOTOY, sebuah kelompok pencinta art toys yang terdiri dari delapan orang seniman visual asal Bandung, dan melibatkan 41 designer toys yang tersebar dari beberapa kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Bogor, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Lampung, dan Banjarmasin.

Selama dua hari acara berlangsung dengan intim dan hangat. Sebagian besar designer toys memamerkan karakter-karakter art toys yang mereka ciptakan sendiri, seperti misalnya Addy Debil yang meluncurkan karakter orisinil pertamanya, The Lucky Felix, dan di-custom oleh sembilan orang ilustrator menjadi karakter dengan ciri khas masing-masing. Di samping itu ada juga Iky Zakaria dengan karakter khasnya Power Anger Junior, Paulus Hyu dengan karakter anjing French Bulldog bernama Nimbus, Eric Noah dengan karakter anjing corgi bernama Gwen the Corgi, dan masih banyak lagi. Sebagian dari designer toys juga memamerkan custom toys buatannya, di mana mereka menuangkan ilustrasi atau ciri khas karya ke dalam art toys milik orang lain, seperti Erix Boyaxhiu alias Dunnylicious atau Mirfak Prabowo.

Menurut Paulus Hyu, salah satu peserta pameran Urban Toy Stage, acara ini merupakan permulaan yang baik bagi para penggiat urban toys lokal. “Kalau menurut saya sih memang harus ada yang mulai. Dan menurut saya Urban Toy Stage adalah permulaan yang baik,” tuturnya setelah acara berlangsung. Tidak jauh berbeda dengan peserta lainnya, Bowo Baghaskara dari Kungpow Studio mengganggap acara ini seperti ‘a dream comes true’ bagi yang merintis karier di dunia art toys lokal. “Kesan pertama saya adalah luar biasa. Setelah sekian lama dari saya mulai merintis karier di bidang art toys, akhirnya bisa berkumpul dengan para designer toys (lokal) dan kami rasa Urban Toy Stage memiliki potensi besar untuk menjadi event besar yang mengumpulkan designer toys Indonesia sekaligus menjadi pasarnya designer toys Indonesia,” ungkap Bowo.

Menariknya, cukup banyak juga pengunjung umum Kuningan City yang penasaran dengan keriaan Urban Toy Stage dan mampir melihat-lihat ke dalamnya. Banyak dari mereka yang baru mengetahui kalau di Indonesia juga ada designer toys yang melahirkan karakter-karakter toys orisinil hasil kreativitas para seniman lokal. “Awalnya masuk karena penasaran aja, saya kira di dalam yang dipamerkan itu toys dari tokoh-tokoh seperti Batman, Star Wars, dan lainnya, ternyata karakter-karakternya asli dari Indonesia. Baru tahu juga ternyata di Indonesia ada seniman toys yang keren-keren,” ujar Stefanus, salah satu pengunjung Urban Toy Stage.

Saat acara, para pengunjung juga berkesempatan untuk berinteraksi lebih dalam lewat berbagai workshop kreatif seputar art toys agar publik pun memahami seperti apa sih cara pembuatan art toys itu sendiri. Di samping itu, pengunjung juga dapat melakukan voting karya favorit dari seluruh karya terpilih Toy Custom Challenge yang diadakan lewat Instagram beberapa bulan sebelum Urban Toy Stage diadakan. By the way, kamu sudah tahu siapa yang menang belum? Kalau belum, cek Instagram @urbantoystage sekarang karena nama-nama pemenang sudah diumumkan!

Secara keseluruhan, acara Urban Toy Stage berhasil terselenggara dengan baik. Alunan musik vinyl dari Dua Sejoli di hari terakhir acara juga menjadi penutup yang manis untuk Urban Toy Stage. Kesuksesan acara ini pastinya nggak lepas dari dukungan teman-teman sekalian yang sudah meluangkan waktu untuk datang ke acara dan para media partner Urban Toy Stage, yaitu A Journey Bespoke, Brilio, HangOut Indo, Ikidolanan, Jakarta Venue, Laugh on the Floor, Males Banget, Manual Jakarta, Nylon Indonesia, Provoke Online, Suar Artspace, dan Sub-Cult, serta seluruh media yang bersedia untuk meliput acara pertama Urban Toy Stage.

Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya juga diberikan untuk Kuningan City atas dukungannya terhadap acara komunitas art toys lokal dengan menyediakan venue dan berbagai dukungan teknis.

Simak video keriaan Urban Toy Stage di bawah ini.

Acara bertema art toys ini akan masih berlanjut dengan mengusung konsep yang berbeda di acara terdekat Catalyst Arts, yaitu Art Market Jakarta Volume 7 yang akan diadakan tanggal 28-30 April 2017 juga di Kuningan City, dan masih akan melibatkan banyak designer toys lokal. Jadi, sampai berjumpa kembali dalam waktu dekat ya!

 

Silakan cek dan follow Instagram @urbantoystage untuk info terbaru tentang acara ini.

About author

No comments

Tips Melukis Anggur dengan Cat Air

Kali ini Kopling kembali lagi dengan tutorial melukis menggunakan cat air. Objek yang akan digambar adalah kebun anggur. Warna anggur yang beragam dari hijau sampai ungu ...