Profil Peserta Pameran Urban Toy Stage: Hendra Hehe Harsono

0

Menuju acara Urban Toy Stage yang akan diadakan oleh Catalyst Arts tanggal 4-5 Maret 2017 di Kuningan City, Jakarta Selatan, mari kita kenalan satu per satu dengan para peserta pamerannya. Kali ini ada Hendra Hehe Harsono. Simak wawancara singkat Hehe dengan Kopling berikut ini.

Kopi Keliling (KK): Halo Hehe! Ceritain sedikit dong tentang diri kamu ke pembaca Kopling.

Hendra Hehe (HH): Halooo… Saya Hendra Harsono, biasa dipanggil HeHe, pernah kuliah di ISI jurusan seni Grafis murni. Saya kelahiran Kediri, tapi sekarang tinggal dan bekerja di Yogyakarta. Kegiatan sehari hari melukis, bikin merchandise. Kalau lagi ada uang lebih suka belanja mainan.

KK: Sejak kapan kamu mengenal urban toys dan menekuni bidang ini untuk pengkaryaan?

HH: Kenal urban toys sejak tahun 2006 via majalah dan internet, lalu bikin toys pertama kali di tahun yang sama, 2006. Waktu itu bikin pakai kertas karton dicampur sama kain. Terus mulai tahun 2007 bikin pakai resin.

KK: Apa koleksi urban toys kamu yang paling berkesan? Bagaimana cara mendapatkannya?

HH: Semua berkesan sih, karena harus nabung dulu buat beli hehe. Cara belinya bisa langsung di toko toys, nitip temen yang sedang jalan-jalan ke luar negeri, atau hunting online buat nyari vinyl toys lawas.

KK: Darimana kamu mendapatkan inspirasi dalam berkarya?

HH: Ide datangnya dari coret-coretan iseng yang saya bikin. Lalu dicari lagi lebih dalam dan si figur inidikembangkan bisa jadi apa dan ngomongin apa yang sesuai dengan apa yang terjadi atau saya alami sekarang.

KK: Siapa seniman atau role model yang menjadi panutan kamu, dan apa alasannya?

HH: Aduh banyak banget, kadang malah lupa namanya… Tapi aku pasti pernah liat seniman yang bikin toys.. Cuma sekarang sudah mengurangi mencari refrensi agar bisa mandiri secara gagasan bentuk.

KK: Apa yang kamu harapkan dalam berkarya ke depannya?

HH: Masih terus bisa berkarya, lebih produktif bikin merchandise atau toys, dan membuka peluang bentuk-bentuk kerjasama dengan siapapun.

 

Follow Hendra Hehe di Instagram: @hendrahehe

Foto: dok. Hendra Hehe

About author

No comments

Kaleidoskop 2015: Jong Institut

Kaleidoskop adalah program pameran dua tahunan bagi seniman muda sebagai ajang untuk menampilkan praktik-praktik artistik terkini di Yogyakarta. Jong Institut merupakan bagian dari strategi kuratorial ...