Profil Peserta Pameran Urban Toy Stage: Fadlin Nur Ichwan

0

Menuju acara Urban Toy Stage yang akan diadakan oleh Catalyst Arts tanggal 4-5 Maret 2017 di Kuningan City, Jakarta Selatan, mari kita kenalan satu per satu dengan para peserta pamerannya. Kali ini ada Fadlin Nur Ichwan alias Alympu. Simak wawancara singkat Alympu dengan Kopling berikut ini.

Kopi Keliling (KK): Halo Alympu! Ceritain sedikit dong tentang diri kamu ke pembaca Kopling.

Alympu (A): Halo, nama lengkap saya Fadlin Nur Ichwan, tapi sehari-hari dipanggil Alin/Alympu. Saya lulusan Institut Kesenian Jakarta, Fakultas Seni Rupa, minat utama Seni Grafis. Asalnya dari Madiun, kota kecil di daerah Jawa Timur. Saya tinggal di sana sampai lulus SD dan sekarang tinggal di Depok, Jawa Barat. Saat ini saya bekerja sebagai karyawan di LSPR, Jakarta. Kalau ada waktu luang ya menggambar, bikin custom figure dari line up saya dan custom figure lainnya.

KK: Sejak kapan kamu mengenal urban toys dan menekuni bidang ini untuk pengkaryaan?

A: Tahu soal urban toys sudah cukup lama sebenarnya,vsejak saya kuliah. Cuma saat itu ya nggak terlalu fokus di sana. Saya masih lebih suka figur superhero, tapi sudah ada ketertarikan melihat figur-figur urban toys. Baru sekitar 2010 saya mulai mengenal urban toys, ketemu beberapa teman yang tahu dan mulai nanya-nanya. Pelan tapi pasti akhirnya kecebur ke dunia urban toys.

KK: Apa koleksi urban toys kamu yang paling berkesan? Bagaimana cara mendapatkannya?

A: Saya nggak punya banyak koleksi urban toys, cuma yang paling berkesan waktu saya dapetin salah satu figur yang saya pengen banget. Kemarin banget kok kejadiannya tahun 2016, dan itu figur dari salah satu artist Asia. Sudah lama pengen banget dan ternyata bisa dapet dari salah satu teman. Rasanya luar biasaa!!!

KK: Darimana kamu mendapatkan inspirasi dalam berkarya?

A: Dari mana saja. Bisa dari film, komik, artwork, apapun, Kadang lagi dalam perjalanan di kereta bisa pop aja ide di kepala. Nah kalo sudah gitu biasanya saya coret dulu biar nggak lupa.

KK: Siapa seniman atau role model yang menjadi panutan kamu, dan apa alasannya?

A: Saya banyak banget kagum n suka sama karya-karya para seniman. Susah jug bilangnya, mungkin Nychos, Clogtwo, Katun, Boogie adalah beberapa di antaranya. Buat toys artist ada huck Gee, Amanda Vissel, Amanda Louis Spayd, Skullman, dll. Kalau local artist saya suka Kong Andri, Silvia Tampi, Paskalis kunang, dll.

KK: Apa yang kamu harapkan dalam berkarya ke depannya?

A: Semoga bisa bikin karya yang bagus agar bisa lebih dikenal dan bisa diapresiasi oleh banyak orang, dan bias datang ke event seru dan ketemu artist lain buat sharing pengalaman.

About author

No comments

Kumbang Pencinta Kopi yang Mematikan

Sebagai pencinta kopi, kamu mungkin pernah dengar tentang kekhawatiran akan menghilangnya varian biji kopi Arabika dalam puluhan tahun ke depan. Iya, biji kopi Arabika liar diperkirakan ...