Profil Peserta Pameran Urban Toy Stage: Bilal Maulana

0

Menuju acara Urban Toy Stage yang akan diadakan oleh Catalyst Arts tanggal 4-5 Maret 2017 di Kuningan City, Jakarta Selatan, mari kita kenalan satu per satu dengan para peserta pamerannya. Kali ini ada Bilal Maulana. Simak wawancara singkat Bilal dengan Kopling berikut ini.

Kopi Keliling (KK): Halo Bilal! Ceritain sedikit dong tentang diri kamu ke pembaca Kopling.

Bilal Maulana (BM): Hai, saya Bilal Maulana. Panggilannya Bilal, Lemot, Lemit, dan lain sebagainya. Saya kelahiran Bandung dan masih berdomisili di Bandung tepatnya daerah Bojong Soang. Saat ini saya bekerja per project dan hobi di waktu luang biasanya membuat karya, baik itu di bidang digital atau handmade.

KK: Sejak kapan kamu mengenal urban toys dan menekuni bidang ini untuk pengkaryaan?

BM: Tahun 2013 saya mengenal urban toys dan mendalami sejak itu tapi tidak terfokus seperti yang lainnya. Hanya saja saya memiliki kesukaan yang cukup banyak baik dari jenis urban toys, figur, sampai patung, jadi saya mencoba membagi waktu yang dimiliki dan menjalani kesukaan saya sebaik-baiknya.

KK: Apa koleksi urban toys kamu yang paling berkesan? Bagaimana cara mendapatkannya?

BM: Toys Cremotion, saya membuat sendiri untuk diproduksi secara masal. Dan yang membuat saya berkesan karena saya membuat beberapa karakter ini cukup lama yang saya buat sejak awal 2016 dan toy itu pun masih dalam proses riset produk sampai saat ini.

KK: Darimana kamu mendapatkan inspirasi dalam berkarya?

BM: Bisa dari mana saja, dari siapa saja, dan bisa dari kehidupan sehari-hari seperti keluarga, teman, pacar, atau banyak media sosial lainnya seperti internet. Itu suatu hal yang sangat luas menurut saya. Dari semua yang saya lihat dan rasakan dikerucutkan menjadi suatu karya.

KK: Siapa seniman atau role model yang menjadi panutan kamu, dan apa alasannya?

BM: Banyak. Hahaha.. Tapi bidang urban toy saya suka dengan Jon-Paul Kaiser. Saya suka karya-karyanya karena tidak terpaku pada satu bentuk dan memiliki karakter warna yang keren banget.

KK: Apa yang kamu harapkan dalam berkarya ke depannya?

BM: Saya berharap dapat selalu konsisten dalam berkarya semaksimal mungkin dan berhasilkan baik juga bisa dinikmati oleh orang banyak dan memiliki fungsi dan sisi positif untuk penikmatnya.

 

Follow Bilal di Instagram: @bilalboyd

Foto: dok. pribadi Bilal

About author

No comments

[LIPUTAN] ART|JOG|8 Infinity In Flux

Seperti yang sudah diberitakan di artikel sebelumnya, Kopling jalan-jalan lagi ke Yogyakarta untuk hadir ke perhelatan seni tahunan ART|JOG. Di edisinya yang ke-8, ART|JOG mengambil ...