Profil Peserta Pameran Urban Toy Stage: Bagoy

0

Menuju acara Urban Toy Stage yang akan diadakan oleh Catalyst Arts tanggal 4-5 Maret 2017 di Kuningan City, Jakarta Selatan, mari kita kenalan satu per satu dengan para peserta pamerannya. Kali ini ada Bagoy. Simak wawancara singkat Bagoy dengan Kopling berikut ini.

Kopi Keliling (KK): Halo Bagoy! Ceritain sedikit dong tentang diri kamu ke pembaca Kopling.

Bagoy (B): Heyhoo.. Halloo nama saya YEAH.. Panggilan nya BAGOY.. Kadang GOY.. Kadang YEYE.. Kadang BROH.. Hehe. Saya lahir di Sukabumi dan baru balik domisili  Sukabumi lagi stelah keliling nomaden ke sana-sini untuk berburu dan bercocok tanam.. Hehe. Saat ini saya menjalankan usaha online kecil-kecilan dan kalau ada waktu luang biasanya dipakai untuk eksperimen atau mengekplorasi hal-hal baru yang bikin refresh biasanya.

KK: Sejak kapan kamu mengenal urban toys dan menekuni bidang ini untuk pengkaryaan?

B: Kurang ingat pastinya kapan tapi kalau nggak salah di tahun 2005 dulu saat beberapa street artist di belahan dunia sana mulai membuat karakternya dalam bentuk 3D art toys (dulu mereka menyebutnya seperti itu), dan saya mulai menekuni untuk pengkaryaan sekitar tahun 2007.

KK: Apa koleksi urban toys kamu yang paling berkesan? Bagaimana cara mendapatkannya?

B: Kalau buat saya koleksi yang paling berkesan itu mungkin beberapa koleksi karya dari teman/kenalan yang didapat dari barter karya toys, bukan dari hunting beli online atau pesen si toys-nya.. Nggak tahu ya kalau buat saya bisa mendapatkan karya toys langsung dari artist-nya dengan barter itu lebih asyik. Hehe..

KK: Darimana kamu mendapatkan inspirasi dalam berkarya?

B: Dari banyak hal sih. Bisa dari baca-baca buku, nonton film, dari jalan-jalan, dari ngelamun. Dari bertapa/meditasi juga kadang suka bikin ide tiba-tiba muncul saja gitu.

KK: Siapa seniman atau role model yang menjadi panutan kamu, dan apa alasannya?

B: Wah banyak sebenarnya. Tapi yang paling pertama bikin ngiler itu banyak karya dari seniman seperti Mosterpappa, Jessica Dalva, Dominic Qwek, Sainer Etam, The Yellow Dino, Clog Two, Antz Rscl.. Ya yang jelas saya suka karena unik banget dan mereka konsisten dalam berkarya.

KK: Apa yang kamu harapkan dalam berkarya ke depannya?

B: Yang diharapkan ya pastinya terus bisa konsisten menikmati proses berkarya, banyak menemukan dan menciptakan hal baru, bisa lebih maksimal lagi di segala hal ya.

 

Follow Bagoy di Instagram: @yeyeyeaaghh

Foto: dok. pribadi Bagoy

About author

No comments

Mak Kopi dan Kopi Pletok

Dalam rangka hari ulang tahun kota kita tercinta Jakarta yang diperingati setiap tanggal 22 Juni, Kopling kepengin bercerita sedikit tentang sejarah terbentuknya orang Betawi, yang ...