Art Market Jakarta 7: Rivenhill

0

Menuju Art Market Jakarta 7 yang akan diadakan tanggal 28-30 April 2017 di Kuningan City, yuk kita kenalan dengan para peserta yang ikutan! Salah satu dari mereka adalah Rivenhill, sebuah brand perhiasan yang didirikan oleh Tania Prawiranti. Baca Q&A-nya di bawah ini:

Catalyst Arts (CA): Ceritain sedikit dong tentang diri kamu/ dan awal mula kamu mulai berkarya dan membuat brand sendiri.

Rivenhill (R): Saat masih menjadi mahasiswi desain produk, saya sempat mengambil kursus Bahasa Jepang dan secara sedikit-sedikit mulai mencari tahu mengenai berbagai kosa kata dalam bahasa tersebut. Saya menemukan kata ‘zakka’ yang dalam Bahasa Indonesia merujuk pada ‘barang-barang unik berukuran relatif kecil, seperti aksesoris’. Saya berpikir bahwa produk-produk yang termasuk dalam kategori zakka sangat identik dengan istilah ‘lifestyle goods’. Produk-produk tersebut dapat berupa fashion accessories, home accessories, stationery goods, ataupun gadget accessories. Hal menarik yang saya temukan adalah walaupun kategori produk berbeda-beda, seluruh produk harus memiliki suatu persamaan meaning, value, dan purpose

Di sisi lain, di saat yang bersamaan, saya melihat bahwa Indonesia sangat kaya akan keanekaragaman material alam, termasuk berbagai jenis kayu seperti pinus mahoni, sonokeling, dan lain sebagainya. Di Indonesia, masih cukup banyak sisa-sisa kayu berukuran relatif sedang atau kecil yang berasal dari limbah industri mebel. Dalam proses pembuatan mebel, masih banyak potongan kayu kecil-kecil yang cenderung tidak terpakai. Jika tidak dimanfaatkan menjadi produk serba guna, sisa-sisa kayu tersebut akan berakhir secara cuma-cuma menjadi limbah di alam.

Di sisi lain lagi, di Era Digital ini, saya melihat bahwa kita telah dikelilingi oleh banyak sekali sesuatu yang bersifat virtual. Mulai dari segala aplikasi yang sangat bergantung pada wifi hingga hal-hal kecil yang sudah dijalankan oleh sistem artificial intelligent. Saya yakin, manusia pada dasarnya mendambakan sesuatu yang sedikit berbeda dari biasanya untuk dijadikan sumber inspirasi. Dalam benak saya, penggunaan material alam seperti kayu dapat sedikit memberikan sesuatu yang kontras dari ciri-ciri Era Digital ini.

Berdasarkan tiga perspektif di atas, beberapa pertanyaan yang muncul dalam benak saya yaitu ‘Why small size? Why reclaimed, recycled, and refined? Why natural materials?’. Saya menyadari bahwa dalam kehidupan sehari-hari, kita selalu dikelilingi oleh berbagai macam lifestyle products. Dengan mendirikan suatu brand yang berfokus pengembangan lifestyle products melalui eksplorasi berbagai material alam limbah, saya berharap dapat memberikan dampak positif yang meliputi aspek ‘people, planet, dan profit’.

CA: Apa saja karya atau produk yang akan kamu bawa saat Art Market Jakarta 7 nanti? 

R: Di antaranya yaitu produk-produk kalung, pin, gantungan kunci, tatakan gelas, hiasan magnet dan (jika memungkinkan) hiasan dinding.

CA: Apa karya atau produk favoritmu dari koleksi yang kamu buat? Ceritain dong tentang karya atau produk favoritmu tersebut.

R:  Saya sangat menyukai desain geometris, seperti yang ada pada koleksi Hexagon Wooden Necklace. Gaya minimalis dari desain geometris sangat mencirikan sesuatu yang kontemporer. Di sisi lain, karakter dari material kayu hampir selalu identik dengan sesuatu yang natural dan dekat dengan alam. Kombinasi paradoks dari keduanya sangat menyenangkan untuk digabungkan.

CA: Sebutkan satu sumber yang paling inspiratif untuk kamu terus konsisten berkarya dan membuat produk.

R: Sejarah gerakan-gerakan seni dan desain (terutama Cubism dan Modernism).

CA: Apa rencana kamu bersama brand kamu ke depannya?

R: Saat ini, Rivenhill Goods berfokus pada produk fashion dan home accessories melalui pendekatan aspek visual. Pada pertengahan 2017 ini, jika memungkinkan, Rivenhill akan memiliki sister-brand dengan nama Spacehill Goods yang berfokus pada produk gadget dan stationery accessories melalui pendekatan aspek fungsi.

CA: Gimana caranya kalau seseorang mau mengetahui lebih lanjut tentang brand kamu? (website, social media, offline store, atau lainnya)

R: Facebook: rivenhill.goods dan Instagram: @rivenhill.goods.

 

Informasi lengkap tentang Art Market Jakarta 7 bisa dilihat di: bit.ly/artmarketjakarta7

About author

No comments

Kopi Keliling Volume_0 Artworks Part 2

Catfish/ˈkæt.fɪʃ/, 2014 Poppy Rahayu Ink on Wood, 30 cm × 40 cm Catfish /ˈkæt.fɪʃ/ adalah suatu istilah yang biasa digunakan pada dunia maya untuk menyebut ...