Tujuan Wisata Budaya di Surabaya

0

Dikenal sebagai Kota Buaya, Surabaya ternyata nggak hanya menawarkan aneka penganan yang dapat memanjakan lidah kita, tapi juga banyak tempat-tempat seni yang bisa dijadikan sebagai tujuan wisata. Siapa tahu ada yang berencana untuk berlibur ke ibukota provinsi Jawa Timur ini pada liburan akhir tahun.

Rumah Batik Jawa Timur

rumah batik Jawa Timur

(sumber: detik.com)

Bagi para penggemar batik, bisa menyambangi Rumah Batik Jawa Timur, yang mempunyai koleksi batik dari 16 kabupaten di Jawa Timur. Batik Jawa Timur nggak kalah menariknya dengan batik-batik daerah lainnya di Indonesia – semuanya sama-sama mempunyai ceritanya sendiri, bahkan terkadang ada doa yang dituliskan di sana.

Alamat:

Jalan Tambak Dukuh No.4
Surabaya

Patung Buddha Empat Wajah

patung buddha empat wajah

(sumber: panduanwisata.id)

Patung ini menelan biaya sebanyak 4 milyar rupiah ketika dibangun pada tahun 2003, karena dilapisi dengan emas murni yang diimpor langsung dari Thailand.

Sang Buddha duduk di takhtanya dalam semacam pendopo yang dikelilingi 4 pilar. Mengapa 4 wajah? Karena keempat wajah itu mewakili 4 sifat baik dari Sang Buddha: pengasih, murah hati, adil, dan meditatif.

Selain patung Buddha, juga ada 4 patung gajah yang putih yang tingginya sekitar 4 kaki. Dan kompleks ini dilengkapi dengan kolam renang, ruang meditasi, 12 lampu yang terbuat dari perunggu dan tembaga. Mewah, memang.

MURI menyatakan bahwa Patung Buddha Empat Wajah adalah patung tertinggi di Indonesia.

Alamat:

Pantai Ria Kenjeran
Surabaya

Patung Joko Dolog

(sumber: eastjava.com)

Joko Dolog adalah nama lain dari putra Raja Kertanegara, yaitu Wisnu Wardhana – yang pernah menjadi Raja Singosari.

Patung yang diuat pada tahun 1289 ini ditemukan di sebuah kandang gajah. Pada tahun 1827, patung ini dipindahkan oleh Pemerintah Hindia Belanda ke Taman Apsari di Surabaya, dan sampai saat ini masih berada di sana.

Museum Mpu Tantular

8106400

(sumber: panoramio.com)

Didirikan oleh seorang warga Surabaya keturunan Jerman yang bernama Von Vaber pada tahun 1933. Sekarang museum ini dirawat oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, dan di dalamnya ada beberapa segmen: ruang koleksi, perpustakaan, kantor, dan auditorium.

Alamat:

Jl Raya Buduran
Kec Buduran Sidoarjo

Taman Budaya Cak Durasim

gedung-cak-durasim

(sumber: pesonawisatasurabaya.wordpress.com)

Atau juga dikenal dengan nama “Taman Budaya Jawa Timur”. Cak Durasim adalah seorang pejuang kesenian, terutama seni ludruk yang dipakainya untuk alat propaganda menentang penjajahan Jepang pada waktu itu. Taman ini dibuat untuk menghormati perjuangan beliau.

Setiap sore ada latihan dan pertunjukan tari di taman ini, juga sering digunakan sebagai tempat promosi wisata kabupaten-kabupaten di Jawa Timur, selain pameran dan seminar budaya.

Alamat:

Jalan Genteng Kali
Surabaya

Taman Ekspresi

taman budaya Cak Durasim

(sumber: intanichan.wordpress.com)

Diresmikan oleh Walikota Surabaya, Ibu Tru Rismaharini, pada tahun 2011. Hal yang paling menarik dari taman ini adalah anak-anak kecil dapat belajar mengenal huruf vokal di taman yang terletak di bantaran Sungai Kalimas ini. Di taman ini, kita dapat menikmati Sungai Kalimas dan aktivitas orang-orang di sekitar sungai itu.

Alamat:

Jalan Genteng Kali
Surabaya

Galeri Seni, House of Sampoerna

ejtcom_Craft-Speaks

(sumber: eastjavatraveler.com)

Dulunya, galeri ini adalah paviliun keluarga Budi Sampoerna. Karya seni yang dipamerkan di tempat ini adalah hasil karya seniman terkemuka dan diseleksi ketat.

Alamat:

Jalan Taman Sampurna No. 6
Surabaya Utara

 

Selamat liburan!

No comments

Plaza Desain Osmosis

Seperti yang sudah pernah Kopling post di artikel tentang acara Plaza Desain Osmosis sebelumnya, Kopling diundang untuk ikut meramaikan acara tersebut dengan sharing di sesi seminar ...