Berwisata Seni di Bandung

0

Waktu rasanya cepat banget ya berlalu. Tiba-tiba kita sudah berada di penghujung tahun 2014, dan sebentar lagi sudah tahun baru. Desember selalu menjadi bulan yang menyenangkan, karena di bulan ini selain optimisme kita semakin meningkat, juga karena… banyak tanggal merah di kalender!

Nah, buat teman-teman yang belum mempunyai rencana untuk berlibur, secara berkala di bulan ini Kopling akan memberikan beberapa saran tempat-tempat liburan yang dapat dijadikan pilihan – tentunya yang ada hubungannya dengan seni dan kesenian, sesuai dengan misi Kopling.

Sebagai pilihan pertama, yuk kita intip kota Bandung. Jadi, lain kali ke Bandung, kita nggak cuma sibuk wisata kuliner dan berkunjung ke factory outlet, tapi juga bisa sekalian wisata seni.

Taman Budaya Dago

Taman-Budaya-Dago

Taman Budaya Dago (sumber: parisvanjava.web.id)

images_2012_news_jalan-jalan_IRADIO_TEMPAT_TAMAN_BUDAYA_DAGO

Pertunjukan kesenian khas Jawa Barat di Taman Budaya Dago (sumber: iradiofm.com)

Taman ini terbentuk dengan tujuan untuk melestarikan budaya Jawa Barat, karenanya menjadi tempat saluran bakat anak-anak muda di Bandung. Di setiap akhir pekan, kita bisa menyaksikan pertunjukan kesenian khas Jawa Barat, seperti tari jaipong, angklung, dan lain-lain. Kadang-kadang di taman ini juga diadakan pameran, seminar, dan lain sebagainya.

Dulunya, taman ini adalah tempat bagi para penggemar kuliner dan penikmat teh, karenanya sebelum berganti nama menjadi Taman Budaya, tempat ini bernama Dago Tea House. Sayangnya, popularitas tempat ini semakin menurun, karena para wisatawan lebih sering melihat tempat-tempat yang memanjakan mata mereka dengan keindahan alamnya, seperti Kawah Putih atau Tangkuban Perahu. Meskipun begitu, tempat ini masih direncanakan sebagai laboratorium seni budaya Indonesia.

Alamat:

Jalan Bukit Dago Utara
Coblong
Bandung 40135

NuArt Sculpture Park

nuart-koreksi

NuArt Space (sumber: arnaku.com)

2tdg78uxtdxuqa2eivdhnmdko1_500

NuArt Space, tempat wisata di Bandung milik Nyoman Nuarta (sumber: thejunction.de)

Pernah mendengar nama seniman asal Bali Nyoman Nuarta kan? Nah, pematung yang membuat maha karya Garuda Wisnu Kencana ini membuka sebuah tempat wisata di Bandung di atas tanah seluas 3 hektar, dan para pengunjung bisa menikmati keindahan patung-patung yang terbuat dari logam, besi, kawat, dan tembaga.

Lahan ini sudah dimiliki oleh Nyoman Nuarta puluhan tahun yang lalu, dan ada 2.500 pohon yang ditanam di sini; ditanam sendiri oleh pemiliknya. Jadi di tempat ini kita nggak hanya belajar mengenal seni patung, tapi juga belajar bagaimana caranya menghasilkan karya seni tanpa merusak lingkungan sekitar. Karenanya, patung-patung karya Nyoman Nuarta nggak ada yang terbuat dari kayu.

Alamat:

Jalan Setra Duta Kencana 2/11
Bandung

Lawangwangi Creative Space

lawangwangi-creative-cafe2

Lawangwangi Creative Space (sumber: panduanwisata.id)

Banyak hal menarik yang dapat kita lihat dan nikmati di tempat ini. Ada galeri seni yang menampilkan karya para seniman dalam dan luar negeri, salah satunya adalah sebuah rangkaian lukisan karya Eddy Susanto yang berjudul “The Passage of Panji”. Lalu ada juga 20 lukisan yang dibuat dengan aksara Bali hingga membentuk gambar. Ketika lampu dimatikan, yang kita lihat adalah 20 lukisan yang mengisahkan cerita cinta dari beberapa negara yang berbeda, termasuk kisah Cinderella dalam versi Jerman.

statik.tempo.co

Suasana di dalam Lawangwangi Creative Space (sumber: tempo.co)

bandung_pasardanbarangseni_lawangwangi_venue3

Suasana di dalam Lawangwangi Creative Space (sumber: infobdg.com)

Tempat ini bisa dibilang tempat pertemuan para desainer, seniman, dan semua pencinta seni. Nggak hanya itu, kita juga dapat menikmat makanan Eropa dan Asia di tempat terbuka, sambil menyaksikan pemandangan hijau dari deretan pohon-pohon di sekitar Lawangwangi ini. Nggak hanya hati dan mata yang dimanjakan, tapi perut kita juga. Karenanya, tempat ini adalah pilihan sempurna bagi kita yang baru saja melakukan perjalanan beberapa jam dari Jakarta ke kota Bandung.

Alamat:

Jalan Dago Giri 99
Bandung 40142

Buat kamu yang di Bandung, adakah tempat wisata seni lainnya yang kamu tahu dan nggak kalah menariknya dengan ketiga tempat di atas? Mari berbagi bersama teman-teman di sini melalui kolom komen di bawah ini.

No comments

#SeniLawanKorupsi

Ada situasi tak terbantahkan sedang terjadi di Indonesia saat ini: para koruptor semakin dalam menancapkan kuku-kukunya di pelbagai lembaga, mulai dari kepolisian, kejaksaan, kehakiman, DPR, ...