Wajah – Pameran Karya oleh Atreyu Moniaga

0

“The face is the mirror of the mind, and eyes, without speaking, confess the secrets of the heart.” – St. Jerome 

Wajah/Muka adalah bagian dari identitas, terutama bagi manusia. Wajah adalah bagian depan dari satu individu, hal yang paling pertama akan dilihat oleh orang lain.

Sebagai identitas utama manusia, wajah relatif lebih mudah diingat oleh orang lain, bahkan melebihi nama. Jika kita mengenang seseorang, maka kita akan mengingat wajah mereka terlebih dahulu, baru menyusul kemudian sekelibat cuplikan ingatan akan momen yang berhubungan dengan orang tersebut dan diri kita. Wajah/Muka juga sering digunakan sebagai istilah dalam sosial, kita sering mendengar kalimat “mau ditaruh dimana muka saya”, “muka lo jauh”, “cari muka”, “muka dua”, dll.

Dari pembahasan tersebut, bisa diasumsikan bahwa wajah/muka benar – benar merupakan identitas yang menjadi prioritas dalam proses mengenal dan mengingat, baik tentang seseorang, suatu kelompok/organisasi, brand, dll. Berdasarkan pandangan dan opini di atas ini lah, Atreyu Moniaga memutuskan untuk membuat sebuah rangkaian karya yang mengangkat objek wajah secara “literal” dengan maksud untuk mengenang banyak hal, mengulang lagi awal pertemuan, bernostalgia, dan merefleksikan dirinya yang sekarang, karena influence dari orang – orang ini.

“Saya menggambarkan idola saya, orang – orang yang membantu saya, sahabat, dan orang – orang yang memberi warna, yang membuat saya menjadi siapa saya sekarang. Dengan melihat gambar – gambar wajah mereka, semua kenangan menjadi muncul kembali, kejadian lain yang terjadi di waktu yang bersamaan dengan kemunculan wajah mereka, bahkan yang tidak berhubungan sama sekali, wajah mereka menyambungkan mata rantai kejadian-kejadian.” – Atreyu Moniaga.

WAJAH merupakan pameran solo kedua dari Atreyu Moniaga, juga sekaligus menjadi pameran kedua yang diselenggarakan oleh SUMMON. Akan menampilkan 15 karya ilustrasi cat air dari Atreyu yang berbicara soal wajah – wajah yang menjadi inspirasi dan semangat baginya dalam berkarya.

Atreyu Moniaga, yang lebih diingat sebagai ‘Atreist’, kelahiran 9 Desember 1988, adalah lulusan IKJ tahun 2011. Beliau adalah seorang Ilustrator, Fotografer, dan juga Pengajar yang sudah mengikuti berbagai macam pameran & kompetisi.

Pembukaan pameran WAJAH akan diadakan pada:

Hari/tanggal: Minggu, 19 Oktober 2014
Jam: 7 malam sampai selesai
Tempat: That’s Life Coffee, Jl Gunawarman No 24, Lantai 2, Jakarta

Poster-A4-Kk-web

About author

No comments