One Billion Rising (Indonesia)

0

Pernah dengar tentang V-Day? Mungkin banyak dari kita yang mengartikan V-Day sebagai Valentine’s Day. Nggak salah juga sih, tapi V-Day yang ini bukan cuma sekedar Valentine’s Day aja. V-Day ini singkatan dari Victory, Valentine, dan Vagina. V-Day adalah sebuah pergerakan aktivis global untuk menghentikan kekerasan terhadap perempuan dan anak perempuan. V-Day merupakan sebuah katalis yang mempromosikan acara-acara kreatif untuk meningkatkan kesadaran, mengumpulkan dana, dan menyegarkan semangat organisasi-organisasi anti kekerasan yang udah ada. Gerakan ini mendapat perhatian dari seluruh dunia karna perjuangannya menghentikan kekerasan terhadap perempuan dan anak perempuan, termasuk perkosaan, pelecehan, inses, mutilasi alat kelamin perempuan, dan perbudakan seksual.

Nah, tanggal 14 Februari 2013 ini gerakan V-Day berumur 15 tahun. Di ulang tahunnya kali ini, V-Day meluncurkan sebuah kampanye yang paling ambisius: ONE BILLION RISING. Sebenernya konsepnya sederhana. Kalo kamu percaya statistik yang menunjukkan bahwa 1 dari 3 perempuan akan mengalami kekerasan dalam hidupnya, kamu pasti kaget dengan statistik yang menunjukkan bahwa lebih dari 1 juta perempuan di bumi ini akan terkena dampak dari kekerasan. Karea itu, gerakan V-Day mengundang SATU JUTA perempuan dan mereka yang menyintai perempuan tersebut untuk KELUAR, BERDANSA, BANGKIT, dan MEMINTA untuk mengakhiri kekerasan ini. V-Day ingin dunia melihat kekuatan, jumlah, dan solidaritas kolektif kita di seluruh dunia yang melampaui batas apapun.

Oke, info ini kedengerannya emang cukup berat, tapi penting lho, baik buat perempuan dan laki-laki! Kamu pasti udah tau kan berita yang baru-baru ini muncul mengenai perkosaan yang diliputi kekerasan di India sampe korbannya meninggal? Nggak cuma perempuannya yang terluka, tapi pasangannya yang waktu itu ada sama diapun ikut terluka. Itu di India. Gimana dengan cerita-cerita di Indonesia? Setiap hari kamu pasti juga ngebaca seenggaknya ada satu berita tentang kekerasan terhadap perempuan dan gimana lemahnya hukum di Indonesia terhadap tindak kejahatan ini.

Tonton deh video kampanye gerakan One Billion Rising global ini.

One Billion Rising Indonesia

Kegiatan One Billion Rising ini akan diadakan serentak tanggal 14 Februari 2013 di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Tim One Billion Rising Indonesia juga tersebar di beberapa kota lho, termasuk Jakarta, Jogja, Malang, Bali, dan masih banyak lagi. Mereka yang mau ikutan juga udah ngadain latihan menari bersama selama beberapa kali dari bulan-bulan sebelumnya. Kalo kamu belum pernah ikutan latihannya tapi tetep pengen ikutan, langsung aja dateng tanggal 14 Februari besok! Tariannya gampang dipelajari, jadi dijamin kamu juga bisa ikutan nari bareng.

Kepengen ikutan tapi nggak bisa nari bareng karena berhalangan pas hari itu? Kamu bisa terlibat juga dengan memberikan donasi supaya gerakan ini bisa terlaksana dengan sebaik-baiknya! Saat ini mereka masih membutuhkan dana sebesar Rp 7.802.000,- untuk keperluan sound system, perizinan, postcard, poster, t-shirt, dan lainnya. Kamu bisa mendonasikan sebagian uangmu ke:

Rekening Mandiri, #1240005333308 a.n. Shera Rindra, atau
Rekening BCA, #5210755871 a.n. Muhammad Faisal Bustamam.

Gerakan ini didukung oleh banyak pihak, baik perempuan maupun laki-laki. Tonton deh beberapa video pendukungnya di bawah ini.

Kalo kamu pengen tau lebih jauh tentang gerakan ini, langsung follow twitternya aja di @OBR_Indonesia dan jangan lupa cek website-nya di onebillionrisingindonesia.org.

Yuk, kita menari bersama!

About author

No comments

…”Hanya Kami”

Beberapa waktu lalu, Kopling ikut hadir dalam pembukaan sebuah pameran kolaborasi antara Sarita Ibnoe dan Yugie Kartaatmaja¬†yang berjudul “Bukan Mereka Hanya Kami”. Mengambil tempat di ...