[LIPUTAN] Catalyst Arts di Soundrenaline 2016

0

Tanggal 3-4 September 2016 lalu Kopi Keliling bersama dengan Catalyst Arts berkesempatan untuk berpartipasi di Soundrenaline 2016 yang diadakan di Garuda Wisnu Kencana, Bali, dengan mengadakan beragam kegiatan workshop yang bisa diikuti oleh semua pengunjung. Bisa dibilang ini merupakan pertama kalinya Catalyst Arts mengadakan workshop di luar acara yang biasanya diadakan sendiri, dan ternyata respon yang didapat juga sangat menyenangkan.

Ada beberapa workshop yang diadakan oleh Catalyst Arts di Soundrenaline 2016. Yang pertama, Furoshiki, sebuah teknik melipat kain dari Jepang yang bisa dibuat untuk membungkus berbagai macam benda dengan cantik. Furoshiki ini dulunya dipakai oleh orang Jepang untuk membungkus baju yang mereka bawa saat akan pergi ke pemandian umum. Seiring dengan berjalannya waktu, Furoshiki berkembang menjadi teknik melipat kain untuk membungkus banyak benda. Furoshiki nggak hanya praktis, tapi juga ramah lingkungan, karena kamu bisa menggunakan selembar kain untuk berbagai macam kebutuhan, mulai dari menjadi sling bag untuk belanja, pembungkus kado, tempat tisu, tas buku, tas backpack, dan lainnya. Semuanya bisa dibuat tergantung kreativitasmu! Di workshop Furoshiki ini ada Yuki Ramadini, Amaluna Handayani, Tito Anandi, dan Firman Agus sebagai mentor yang mengajari para pengunjung yang berminat. Setiap pengunjung yang mengikuti workshop mendapatkan satu buah paket Furoshiki beserta dengan tutorial yang bisa dipelajari sendiri di rumah.

furoshiki workshop

furoshiki workshop

temporary tattoo workshop

temporary tattoo workshop

temporary tattoo workshop

temporary tattoo workshop

Selain Furoshiki, ada juga workshop Temporary Tattoo, di mana dua orang mentor kaligrafi, yaitu Bayu Pidekso dan Tude, mengajari para pengunjung yang ingin membuat tato temporer. Ada dua jenis tato yang diajarkan di sini, pertama tato tempel yang sangat mudah. Pengunjung cukup memilih desain tato yang mereka suka lalu ditempel ke tangan, dibasahi dengan air, dan tunggu beberapa menit sampai tato menempel ke kulit. Yang kedua, pengunjung diajarkan untuk sedikit berkreasi dengan teknik lettering di mana mereka memilih desain tato yang disukai lalu ditempelkan ke kulit tangan dan dipertebal menggunakan tinta untuk tato temporer. Cukup tricky dan menantang! Hehe… Yang ketiga ada workshop Drawstring Backpack Patches oleh Puji Lestari Ciptaningrum dan Arudaya. Workshop-nya sebenarnya cukup simple tapi menyenangkan. Pengunjung diajak untuk menempelkan berbagai macam patch ke drawstring backpack.

drawstring backpack patches catalyst arts soundrenaline 2016

drawstring backpack patches workshop

shibori workshop

shibori workshop (sumber: fika_julia)

Workshop terakhir dari Catalyst Arts adalah Shibori oleh Fika Julia dan Rizky Radian. Nggak seperti ketiga workshop yang sudah disebutkan di atas, workshop Shibori diadakan khusus untuk 150 orang komunitas dari berbagai daerah di Indonesia. Di sini Fika mengajarkan pengetahuan dasar tentang Shibori, cara melipat dan mencelup kain hingga membentuk pola hias berwarna biru indigo.

soundrenaline 2016

soundrenaline 2016

Meskipun melelahkan karena selama dua hari Soundrenaline 2016 diadakan para pengunjung ternyata nggak henti-hentinya mampir ke booth Catalyst Arts dari siang hingga malam karena sangat antusias dengan workshop yang diadakan, tapi ini menjadi pengalaman yang sangat berkesan. Soundrenaline sendiri sejak dulu memang dikenal sebagai salah satu festival terbesar yang banyak mengundang musisi papan atas kelas nasional dan internasional, jadi pengunjung yang datang memang sebagian besar merupakan para pencinta musik. Di acara ini Kopling jadi menjumpai banyak tipe pengunjung yang sebelumnya nggak pernah ditemukan di acara Kopling maupun Catalyst Arts. Selain itu, Soundrenaline juga selalu menyerap banyak pengunjung dari banyak wilayah di Indonesia, mulai dari Bali itu sendiri, Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan masih banyak lagi. Seru banget bisa menjumpai teman-teman baru dari berbagai daerah dan mengadakan workshop sambil diiringi oleh irama musik dari banyak musisi keren (Tulus, Mocca, WSATCC, Isyana Sarasvati, Efek Rumah Kaca, Kahitna, Bloc Party, dan masih banyak lagi!).

Yuk, intip video liputannya di bawah ini!

Terima kasih, Soundrenaline!

About author

No comments

Pelukis Maestro Indonesia pt.1

Selain Raden Saleh dan Affandi, Indonesia masih punya banyak pelukis maestro kelas dunia yang sangat berjaya di jamannya, bahkan hingga saat ini. Hendra Gunawan Lahir ...