Lady Fast 2016

0

Acara ini diawali oleh keinginan bertemu dan bersilaturahmi beberapa teman perempuan dengan latar belakang berbeda dan berkegiatan di berbagai tempat yang berbeda pula namun tetap intens berkomunikasi dan berjejaring sekian lama untuk saling berbagi tentang segala hal. Kumpulan perempuan ini kami beri nama Kolektif Betina. Sebuah perkumpulan yang berlandaskan semangat persaudarian dan saling mendukung satu dengan lainnya (atau bahasa kerennya: “support each other”). Sayangnya, kesibukan dan hambatan jarak menyulitkan kami untuk berkumpul di ruang dan waktu yang sama. Maka tercetuslah ide membuat acara silaturahmi kecil-kecilan yang dapat mempertemukan kami semua, teman-teman perempuan dalam kolektif ini. Dan ketika bertemu kangen, kenapa tidak kami bikin saja sekalian ruang aman dan nyaman di mana kami dan sahabat lama perempuan kami lainnya bebas mengekspresikan diri dan berbagi pengetahuan, yang tentu saja kami organisir sendiri?

Ruang tersebut bernama Lady Fast. Nama Lady Fast (dan bukannya Lady Fest, ya) kami pilih untuk menghapus stigma masyarakat umum bahwa perempuan adalah sosok yang pasif dan lamban dalam melakukan aksi—apapun bentuknya. Padahal perempuan juga gercep, alias gerak cepat lho!

Di Lady Fast ini kami ingin sekali saling menguatkan teman-teman perempuan kami melalui berbagai medium: workshop, pemutaran film, diskusi, sharing session, pameran karya, lapak arts and crafts, dan lainnya. Maka tak heran jika nantinya sebagian besar partisipan dan narasumber pun berasal dari kolektif ini sendiri. Inilah kenapa kami merasa slogan Lady Fast yang paling tepat adalah “empowering each other”.

Hanya saja, mengingat sejak awal konsep kami adalah silaturahmi, maka pertemuan antar sahabat yang intim dan santai merupakan sasaran utama kami. Karenanya, mengadakan acara ini di venue yang tidak besar dengan kapasitas terbatas kami rasa lebih ideal. Tentu saja siapapun—perempuan, laki-laki, anak-anak, trans, gender apapun—tetap boleh datang dong, baik untuk sekadar melihat-lihat maupun belajar dan bersenang-senang bersama kami!

12417538_1048592255178951_4475656644122178216_n

Info via Lidya Adventa

About author

No comments

The Indonesian Video Loops Compilation

Menemukan informasi keren ini dari Isha Hening. Kompilasi 188 video loops karya dari 17 visual artists Indonesia yang fokus pada motion graphic (VJ). Kamu bisa mempergunakan ...