Café Philosophique: Semua orang adalah filsuf

0

Secara formal, Café Philosophique adalah forum diskusi yang digagas pada tahun 1992 oleh Marc Sautet di Paris. Konsepnya sederhana: Mendiskusikan hal-hal yang sangat keseharian, dalam suasana yang santai, sambil minum kopi dan tertawa-tawa. Namun jauh sebelum Café Philosophique, di masa Yunani Kuno, ratusan tahun sebelum Masehi, seorang bernama Socrates sudah mempraktikkan: ilmu kebidanan dalam pemikiran. Dalam dialog-dialognya, Socrates giat mengusahakan agar orang-orang yang ia ajak bicara, pada akhirnya mau bicara tentang pikirannya yang terdalam.

Mari bergabung bersama Café Philosophique versi kita, di Cafe Chez Nous, IFI – Bandung, tanggal 14 Desember 2016 ini jam lima sore. Kita bicarakan topik “Euforia”, yang begitu erat kaitannya dengan sepakbola, dan juga agama. Semua orang diundang, tanpa harus bawa-bawa Sartre, Nietzsche, Camus, ataupun Kafka. Forum ini ingin menjadi bidan bagi berbagai pemikiran, baik yang serius maupun iseng-isengan. Tujuan akhirnya adalah menyadarkan: Bahwa semua orang, pada dasarnya, adalah filsuf.

cafe-philosophique

About author

No comments

#SeniLawanKorupsi

Ada situasi tak terbantahkan sedang terjadi di Indonesia saat ini: para koruptor semakin dalam menancapkan kuku-kukunya di pelbagai lembaga, mulai dari kepolisian, kejaksaan, kehakiman, DPR, ...