Ayo Ikut Jelajah Museum di Indonesia

0

Indonesia memiliki banyak hal yang patut dibanggakan, namun sayangnya sering kali hal tersebut tidak tercermin di beragam lini kehidupan kita. Mayoritas dari kita cenderung lebih akrab dengan hal-hal yang berasal dari luar negeri. Banyak hal keren di luar sana yang kita bisa jelaskan panjang lebar dengan penuh bangganya namun tidak demikian dengan hal keren yang (padahal) ada di dekat kita. Contoh saja peninggalan sejarah kita yang tersimpan di sudut-sudut ruangan museum yang tersebar di Indonesia. Benda-benda bersejarah yang (pada dasarnya) sangat keren dan berharga justru tidak menjadi kebanggaan kita semua. 

Museum-Indonesia-1

Benda-benda bersejarah yang jumlahnya banyak dan sangat variatif tersebar di Indonesia

Ramainya pengunjung pusat perbelanjaan yang melihat benda-benda dengan label harga yang masih bisa diukur dengan beberapa kombinasi angka berbanding terbalik dengan yang biasa kita jumpai di museum-museum pada umumnya di Indonesia yang justru memiliki koleksi yang tak ternilai harganya. Ironis memang. Oke, logis ketika sebagian dari kamu berpendapat bahwa kualitas museum kita (pardon our french) ‘busuk’ ketimbang, let say, Louvre, MoMa (Museum of Modern Art), atau bahkan museum-museum di negara tetangga seperti SAM (Singapore Art Museum). Sah juga sebenarnya apabila kamu berpendapat bahwa itu semua urusan pemerintah untuk menyediakan museum dengan fasilitas yang layak agar kita semua bisa menikmati harta karun tersebut dengan nyaman. Namun jangan pernah lupa juga kalau itu juga sebenarnya adalah sebagian kecil dari tanggung jawab kita sebagai warga negara Indonesia. Kita semua adalah pemilik dari kekayaan tanah air tersebut.

Museum-Indonesia-2

Pojok ruangan yang tidak terawat yang menyimpan catatan sejarah

Minggu depan, Kopi Keliling akan ikut hadir untuk mendukung program Weekend@TheMuseum yang diinisiasi oleh Yayasan Bina Museum Indonesia dalam rangka untuk menciptakan awareness terhadap hal-hal yang sudah Kopling jelaskan di atas. Bersama dengan beberapa teman seperti Jakarta Post, JAX, Monka Magic, Coffee On Wheels (C/O/W), dll, Kopling akan meramaikan acara ke-3 mereka yang bertajuk “The Indonesian Coffee Story”.

Berikut eFlyer tentang kegiatan tersebut.

E-flyer-Weekend@theMuseum-Kopi-KelilingMohon bantuannya untuk menyebarkan yah teman-teman!

Pesan dari penyelenggara: Untuk pendaftaran dapat melakukan transfer sebesar Rp 100.000/orang ke rekening: Yayasan Bina Media Wacana. No rekening BCA 0123 0177 46 cabang Gajah Mada. Tanda bukti pembayaran harap dibawa sebagai bukti ketika ke acara.

Ayo ikut jelajah museum bareng Kopling! Sampai ketemu minggu depan.

About author

No comments

Elephant Poo Paper

Kalau Komunitas Pecinta Kertas bisa menyulap kertas menjadi berbagai karya seni, Tim Husband, seorang mantan petugas kebun binatang Cairns Tropical Zoo di Australia yang kini ...