Proses Kreatif Menciptakan Urban Toy dari Rifky Misa

0

Mungkin banyak dari kamu yang berkarya menggunakan media dua dimensi dan ingin mencoba “menghidupkan” karyamu ke dalam bentuk tiga dimensi tapi belum tahu bagaimana caranya. Di sini, Rifky Misa dari SOTOY membagikan proses kreatifnya saat ia menciptakan urban toy berdasarkan hasil imajinasinya!

Ide, Cerita, Konsep

rifky misa mr evilsion 1

Tahap paling awal dalam membuat toy yaitu mencari ide, cerita atau konsep. Caranya bisa dengan coret-coret menggambar desain karakter yang bisa terinsipirasi dari tokoh-tokoh dalam film, komik, kartun, mainan dari artist yang sudah ada atau kehidupan pribadi dan dari lingkungan sekitar kita. Desain karakter Rifky Misa, Mr Evilsion, terinspirasi dari kehidupan pribadi dan lingkungan sekitar yaitu tentang pengaruh buruk teknologi komunikasi, salah satunya televisi. Bentuk Mr Evilsion terinspirasi dari televisi tabung yang dipadukan dengan wujud setan versi Barat karena pengaruh dari kartun. Kemudian dilanjutkan dengan pembuatan sketsa desain toy yang akan direalisasikan pada bentuk 3 Dimensi. Idealnya ketika membuat sketsa harus dari berbagai sisi depan, sambing dan belakang agar mempermudah kita saat nanti modeling.

Modeling

rifky-misa-mr-evilsion-2

Bahan yang digunakan dalam tahap modeling adalah clay. Ada bermacam-macam jenis clay, seperti tanah liat, epoxy clay, paper clay, dan lainnya. Bentuklah clay tersebut sesuai dengan sketsa toy yang kita buat. Setelah bentuknya dirasa sesuai, tunggu hingga kering dan lanjutkan dengan proses finishing, yaitu dengan mendetail bentuk toy kita. Kemudian teruskan dengan proses sanding (diamplas). Kalau dirasa sudah rapi, lanjut ke tahap membuat cetakan negatif.

Cetakan Negatif

rifky misa mr evilsion 4

Tahap berikutnya adalah membuat cetakan negatif yang berbahan dasar dari Silikon. Model yang telah dibuat sebelumnya dilapisi oleh silikon berlapi-lapis hingga agak tebal, lalu dibiarkan mengering. Setelah kering, potong sisi cetakan menggunakan cutter dan keluarkan model dari dalam cetakan.

rifky misa mr evilsion 5

Casting

rifky-misa-mr-evilsion-5

Tahap selanjutnya adalah casting atau mencetak menggunakan bahan resin. Buat adonan resin dengan mencampur resin dan katalis agar resin dapat mengeras. Kemudian tuangkan resin pada silikon dan tunggu hingga kering. Setelah resin dirasa kering, keluarkan hasil cetakan resin dari silikon. Apabila ada hasil permukaan cetakan yang kurang rata, bisa ditambal dengan dempul dan dihaluskan menggunakan amplas.

Surfacer

rifky-misa-mr-evilsion-6

Selanjutnya kita akan melakukan proses pelapisan hasil cetakan menggunakan surfacer untuk membuat permukaan hasil cetakan tampak mulus dan rata. Setelah dilapisi surfacer, hasil cetakan diberi warna dasar putih menggunakan spray.

Coloring

rifky-misa-mr-evilsion-7

Tahap berikutnya adalah pewarnaan. Kita bisa menggunakan cat duco, akrilik, minyak, marker, atau lainnya sesuai dengan keinginan. Namun dalam proses pembuatan Mr Evilsion menggunakan cat akrilik.

Detailing & Finishing

rifky-misa-mr-evilsion-8

rifky misa mr evilsion 14

Ini merupakan tahap terakhir di mana kita memberikan detail-detail pada toy untuk memberikan efek lebih sesuai keinginan, yang dilanjutkan dengan proses coating  menggunakan spray clear atau bisa juga menggunakan kuas.

rifky misa mr evilsion 15

rifky misa mr evilsion 18

Jangan lupa untuk mengabadikan toy yang sudah kita buat ke dalam foto sebagai bentuk dokumentasi. Apabila akan dijual, buatlah packaging toy yang seaman mungkin karena berpengaruh terhadap keamanan mainan yang kita buat. Untuk materialnya bisa menggunakan art paper tebal, kain kanvas, kaca akrilik, kayu, plat, kardus, atau yang lainnya.

Masih ada yang ingin ditanyakan? Kamu bisa tanya-tanya lebih lanjut ke tim SOTOY. Silakan langsung cek Instagramnya, @so.toy!

 

Sumber foto: Rifky Misa, SOTOY

urban-toy-stage-coming-soon-catalyst-arts-indonesia

 

About author

No comments

Program Write & Brew dan Literary Coffee

Setelah kemarin Kopling sempat mengumumkan beberapa pameran visual yang akan meramaikan kegiatan Kemang Art & Coffee Festival 2014 tanggal 28-30 November mendatang di Galeri 678, ...