Komunitas Pecinta Kertas

2

Sudah cukup lama Kopling dengar dan akhirnya nge fans sama komunitas yang satu ini. Pertama kali akhirnya ketemu dengan mereka adalah ketika kita sama-sama ngeramain sebuah acara konser di Pekanbaru tahun 2011 lalu. Karya-karya luar biasa yang diciptakan oleh komunitas yang digawangi oleh Ario Kiswinar Teguh ini sarat akan nilai yang dipegang teguh (ini bukan maksudnya mengulang nama Kiswinar dua kali ya, hehe) sesuai dengan visi misi Komunitas Pecinta Kertas, atau yang sering juga disingkat dengan KPK.

KPK adalah komunitas yang memperhatikan kertas tidak hanya sebagai media menulis atau menggambar, namun sebagai media luhur yang membentuk peradaban manusia dari masa ke masa. KPK ingin menyebarkan semangat guna ulang dan kepedulian terhadap kertas. Maka dari itu, KPK menggunakan kertas bekas sebagai bahan pembentuk karyanya. Nah, keren bukan? Benar-benar niatan berkarya yang luhur dari teman-teman yang sudah malang melintang di berbagai acara seni dan kreatif di Indonesia. Sebut saja acara-acara seperti TRGGR gelombang satu (2008), GEAR Exhibition (2009), Terusik Traxkustik (2010),  Jakarta Biennale (2011), dan masih banyak lagi.

Komunitas yang berdiri pada 11 September 2008 ini berawal ketika Kiswinar (yang pada saat itu masih menjadi mahasiswa DKV) merasa “mentok” di gambar dan membutuhkan media lain sebagai outlet berekspresi. Lalu pada saat itulah Kiswinar bertemu dengan Paper Art.


“Anggota aktif kepengurusan ini sekitar 10-15 orang. Tapi kalau di Facebook dan Twitter bisa ribuan. Yang ikut komunitas ini tidak harus bisa membuat paper art, yang penting punya komitmen menghargai kertas,” kata Kisminar.

Gak heran kalau fans komunitas ini super banyak. Selain berkarya, KPK juga kerap mengadakan kegiatan seperti presentasi dan workshop sehingga dapat menjamah masyarakat luas dalam visi misinya memperkenalkan lebih dalam lagi esensi sebuah kertas.

KPK tidak hanya berbicara normatif, mereka benar-benar menunjukan aksi nyata untuk mencintai kertas, dengan cara memanfaatkan kembali kertas bekas dan mendaur ulang kertas itu sendiri, karena KPK ingin mengajak masyarakat semua untuk menjaga kelestarian pohon.

Keren ya? Buat kamu yang sudah tau tentang KPK, syukur deh, berarti semakin banyak dukungan terhadap usaha pelestarian pohon di Indonesia. Buat kamu yang belum tau, dan kepengen tau lebih banyak lagi mengenai komunitas ini? Kamu bisa cek facebooknya di sini, atau bisa follow Twitternya di @pecintakertas.

Mau follow foundernya langsung juga boleh di @kiswinar atau cek Tumblr nya di kiswinar.tumblr.com.

Kurang puas stalking mereka via internet? Mau ketemu langsung dan nanya-nanya soal kertas dan paper art? Dateng aja ke acara Kopi Keliling 6 tanggal 16 Desember besok di 1/15 Coffee, Gandaria 1 No. 63 jam 15:00 WIB, karena akan ada sesi presentasi mengenai kertas dan paper art yang super spesial oleh Komunitas Pecinta Kertas.

About author

2 comments

Post a new comment

Perayaan Buku Puisi Joko Pinurbo

Lima menit menjelang minum kopi,  aku ingat pesanmu: “Kurang atau lebih,  setiap rezeki perlu dirayakan dengan secangkir kopi.” – Joko Pinurbo Kutipan di atas diambil ...