Komunitas Jendela

0

“Berbagi itu membahagiakan, karena dengan berbagi berarti kita bersyukur untuk setiap nikmat yang kita terima. Berbagi itu sama sekali tidak mengurangi, berbagi justru melengkapi dan menyempurnakan. Berbagilah, karena berbagi akan membuatmu merasa lebih kaya… bukankah itu yang selalu kita cari dalam hidup? Menjadi kaya, dan bahagia karenanya. Maka berbagilah….”

– Salam Berbagi

Baru-baru ini Kopling kenalan sama sebuah komunitas yang bernama Komunitas Jendela. Awalnya dari saut-sautan via Twitter, setelah mengintip dan nanya-nanya akhirnya Kopling tau kalau mereka adalah sebuah komunitas sosial yang bergerak di bidang pendidikan anak, khususnya untuk meningkatkan minat baca anak-anak. Namun kegiatannya tidak terbatas perpustakaan saja. Sesuai dengan tagline mereka yaitu “We are not just building a library, we are building a future”. Wiih, keren kan? Merinding dengernya.

Sebenarnya basis Komunitas Jendela itu di Jogja, namun saat ini mereka buka “cabang” di Jakarta. Kegiatan rutin yang sudah dijalankan Komunitas Jendela di Jogja adalah “Bermain Sambil Belajar” bareng anak-anak di shelter Merapi.

Untuk yang di Jakarta konsep kegiatan Komunitas Jendela konsepnya sama, namun sasaran mereka adalah anak-anak dari keluarga pemulung yang tidak mempunyai kesempatan untuk bersekolah. Aktivitasnya adalah mengajar membaca, menulis, dan berhitung, sambil tetap memperkenalkan buku ke anak-anak tersebut.

Ketika Kopling bertanya kenapa mereka mau capek-capek melakukan kegiatan di atas, jawabannya sangat sederhana, karena panggilan hati. Salut! Komunitas Jendela sangat ingin memajukan pendidikan anak Indonesia. Menurut mereka buku adalah media penting untuk menjadikan bangsa ini lebih baik. “Budaya membaca di indonesia kan masih rendah, masih jauh lah tertinggal dngan dunia barat, atau jepang. Dan untuk menumbuhkan budaya itu harus dimulai dari anak-anak”, jelas Prihatiningsih yang bertanggung jawab sebagai Koordinator Jendela Jakarta. Komunitas Jendela percaya bahwa pendidikan lah yang mampu membawa anak-anak yang kurang beruntung keluar dari kondisi mereka saat ini.

Pada saat ini salah satu kegiatan mereka adalah mengumpulkan buku-buku bacaan anak yang sudah tidak terpakai. Jadi kalau kamu punya buku-buku bacaan yang masih layak, dan ingin mendukung kegiatan Komunitas Jendela, kamu bisa memberikan bantuan tersebut dengan menghubungi Citra (0838 6747 9795) atau Wawan (0857 2901 5930).

Ini flyer kegiatan tersebut.

Atau kalau mau memberikan sumbangan secara langsung, kamu dapat kirim langsung ke perpustakaan Komunitas Jendela di jalan Manggarai Utara VI blok F7, Jakarta Selatan (Dekat stasiun Manggarai). Sumbangan berupa uang juga bisa kamu lakukan untuk membantu teman-teman dari Komunitas Jendela melalui bank BRI no. rekening 0558-01-005132-50-4 atas nama Prihatiningsih (kalo udah transfer mohon sms ke 0857 2984 6310 untuk keperluan pencatatan)

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Komunitas Jendela, kamu bisa cek website resmi mereka di komunitasjendela.org. Kirim-kirim email juga boleh. Silahkan kirim ke jendelajakarta@komunitasjendela.org / komunitasjendela@gmail.comBisa cek juga FB page mereka juga di Komunitas Jendela. Atau bisa follow dan mention-mention-an langsung di @JendelaJakarta atau @IniJendela

 

About author

No comments

Thunderpanda

Eric Wirjanata alias Thunderpanda adalah seorang seniman multitasking yang bekerja sebagai resident artist di Plastic Culture. Eric memiliki hasrat melukis dan bercerita. Dengan meramu dua ...