14:16 is Coffee Time!

0

coffee-time

Teman-teman Kopling pasti pencinta kopi dan seni. Ya kan ya? Hehe… Dan sebagai orang yang terobsesi sama kopi, kita kalo pengen minum kopi ya buat aja minuman kopinya, nggak usah nunggu pagi, siang, atau kalo yang nggak ada masalah sama tidur bahkan bisa minum kopi tengah malam. Tapi sebenernya, kapan sih waktu yang tepat untuk minum kopi?

Ternyata menurut Departemen Kesehatan di Inggris, waktu terbaik untuk minum kopi secara emosional dan metabolis adalah jam 14:16 siang. Karena pada saat itu, kita (terutama yang ngantor atau kerja di jam yang “normal”) mulai ngerasa capek dan susah konsentrasi.

Nggak cuma itu, sebisanya sih katanya abis minum kopi jam segitu kita agak-agak tidur ayam sekitar 15 menitan. Begini prosesnya:

1. Tepat sebelum kita “pingsan”, minumlah secangkir kopi. Kafein yang terkandung di dalam kopi akan masuk ke pencernaan kita, dan sebelumnya kita bisa tidur siang sebelum si kafein bereaksi.
2. Tutuplah mata kita dan rileks. Biarpun cuma sebentar, merem sejenak itu sangat berguna bikin kita jadi terjaga dan rasa ngantuknya juga jadi hilang.
3. Jangan tidur lebih dari 15 menit. Kalo udah sampe setengah jam, takutnya malah kebablasan. Hehe…

Udah paham kan ya? Minum kopi jam 14:16 siang, terus langsung “tidur” selama 15 menit. Kalo lagi di kantor ya mungkin bisa melipir ke kamar kecil gitu, atau kalo lagi di luar ya tiduran sebentaran di parkiran atau di taksi.

Pertanyaan berikutnya: Mending minum kopi panas apa kopi dingin? Nggak masalah sih. Kalo udaranya dingin ya enakan minum kopi panas, sementara kalo udaranya panas – misalnya kamu kerja di luar kantor gitu – pilihlah kopi dingin.

Susah cari kopi dingin di kantor? Bawa sendiri dari rumah. Ini cara bikinnya. Kepengin kopi dingin kamu lebih variatif? Bisa, bisa. Ada beberapa cara lain untuk bikin kopi dingin:

1. Punya Chemex? Tinggal tambahin es ke dalam carafe-nya, terus bikin kopi seperti biasa, dan masukin ke dalam gelas deh!
2. Kamu lebih milih kopi hitam yang dicampur krim atau susu dan gula? Silakan. Tambahkan satu sendok susu kental manis ke dalam es kopimu, dan es kopimu akan mirip es kopi Vietnam yang rasanya mirip es krim rasa kopi itu.
3. Butuh yang lebih “menantang”? Mari kita buat espresso martini! Tambahin rum dan brandy ke dalam es kopimu. Yum! Asal jangan nambah ya kalo kamu minumnya masih jam kerja. Hehe…
4. Kepengen sesuatu yang berbeda? Percaya atau nggak, lemon atau jeruk nggak cuma bisa dipasangin sama teh, tapi juga sama kopi! Tuangkan espresso kamu ke atas dua potongan jeruk, dan tambahin es. Ini nama kerennya adalah “Guilermo”. Nikmati begitu aja, atau bisa juga ditambahi beberapa tetes susu.

Butuh ide lainnya buat si kopi dingin? Nih, banyak banget variasinya di sini. Banyak jalan menuju Roma, tapi lebih banyak lagi cara membuat kopi dingin.

Enjoy the coffee break, coffee lovers!

 

Sumber foto: weheartit.com

No comments

The Ephemeral Art

“If you don’t take take to stop and listen, then that moment is not grasped but gone forever.” ~Richard Shilling.   Sebelum manusia bisa menciptakan ...