The Craft Brewer: Alat Kopi Berbasis Algoritma

0

Sebuah inovasi disebut BKON mengambil pendekatan yang berbeda untuk pelayanan minuman. Dengan menerapkan algoritma untuk menyeduh minuman panas, BKON yang berbasis di Philadelphia mensimulasikan efisiensi yang akan menghasilkan minuman sesuai pesanan dengan beberapa detik saja. Mesin kopi ini konon terinspirasi dari acara masak yang ditonton oleh pencetusnya. Alat ini diutamakan untuk para pencinta kopi, pasalnya dengan perangkat modern abad ini, BKON mampu membuat kopi dalam beberapa detik saja.

The Craft Brewer terlihat seperti antara mesin pembuat espresso dan tabung vacuum cleaner. Kamu bisa mengisi tabung dengan bahan-bahan yang diinginkan (bubuk kopi, daun kopi, sepotong lemon, dan lain-lain) dan pilih resep yang telah terprogram dari tablet terhubung cloud computing. Mesin kemudian akan mengeluarkan sesuai dengan apa yang kamu pesan dalam beberapa detik saja.

close up BKON source: wired.com

close up BKON
source: wired.com

source: sprudge.com

source: sprudge.com

Lou dan Dean Vastardis, dua bersaudara dari Philly, meluncurkan BKON tahun lalu. Mereka berbicara tentang penemuan-dan misi mereka untuk “berinovasi dan mengubah cara mengorder minuman”. Jika mereka berhasil, itu karena Reverse Atmospheric Infusion (RAIN) teknologi yang mereka telah dibuat dan dipatenkan, yang menggunakan kombinasi tekanan udara dan algoritma untuk mengekstrak rasa dari bahan-bahan dan menanamkan ke dalam air panas. Keunggulan dari BKON terletak pada fleksibilitas: Mesin yang sama dapat menghasilkan Madagaskar vanilla-coffee dan, beberapa saat kemudian, mint-dan-lemon infused gin koktail.

Sistem BKON dilengkapi dengan resep yang telah terprogram. Program ini atas kerja sama dengan New York City cult shop Counter Culture Coffee, Whole Foods, and Panther Coffee. Setiap minuman memiliki kode yang menentukan jumlah yang tepat dan suhu air serta kekuatan untuk menciptakan rasa yang ada. Cara kerja dari BKON ini sebenarya sama saja dengan cara penyeduhan kopi manual. hanya saja dengan BKON, membuat kopi bisa di bawah satu menit.

how BKON works source: sprudge.com

how BKON works
source: sprudge.com

BKON bekerja sama dengan serentetan pengusaha menerapkan teknologi tinggi untuk menyeduh kopi. Blossom Coffee adalah contoh yang bagus: juga mesin yang terhubung cloud computing, didirikan pada tahun 2012 oleh seorang insinyur MIT yang tujuannya sama adalah untuk mendigitalkan dan mengotomatisasi pembuatan kopi, sehingga mengurangi kesalahan manusia dari proses pembuatannya.

The BKON Craft Brewer dapat ditemukan di beberapa toko komersial di Amerika Serikat. Mesin kopi ini dihargai sebesar $14.000. karena harganya yang mahal ini, mesin kopi ini belum cocok untuk dinikmati di rumah. Sang pembuatnya mengatakan akan membuat versi rumahan. Jadi kamu bisa menikmati kopi yang dihasilkan dari mesin modern berteknologi tinggi di rumah.

Salam sruput!

About author

No comments

Kopi dan Susu #3

Kalau ngomongin kopi tuh gak pernah akan ada habisnya. Itulah yang terjadi kalau  Andanu Prasetyo dari @toodzhouse ngobrolin proses pembuatan kopi sama Kopling. Setelah pembahasan sebelumnya, Kopi dan Susu ...