Siapa Penemu Kopi Susu?

0

coffeemilk-1264526257

Meskipun sebenarnya kopi itu lebih baik diminum tanpa susu, tapi penggemar kopi susu nggak kalah banyaknya sama penggemar kopi hitam. Meskipun menurut beberapa orang akhir-akhir ini bahwa sebenarnya susu yang terbaik buat manusia itu adalah susu ibu, tetap yang dipakai untuk campuran kopi adalah susu sapi atau susu kambing. Jadi, yang doyan kopi susu, marilah kita berterima kasih pada para sapi dan kambing.

Tapi sebenarnya, siapa sih yang pertama nyampur kopi pake susu? Ada beberapa sumber berbeda tentang sejarah kopi susu ini.

Menurut buku “All About Coffee” karya William H. Ukers yang terbit di tahun 1922, orang yang pertama kali mencampur kopi dengan susu adalah seorang duta besar asal Belanda di tahun 1660. Lalu lima belas tahun kemudian, para dokter-dokter di Prancis mulai menggunakan kopi susu ini sebagai pengobatan.

Ada juga sumber lain yang mengatakan bahwa kopi susu pertama kali diperkenalkan oleh orang Amerika, tepatnya di Rhode Island, sekitar tahun 1930-an. Ide ini berasal dari beberapa pemilik restoran dan toko obat yang ingin menarik pelanggan baru dengan minuman yang (ketika itu) baru dan inovatif. Usaha ini berhasil, dan kopi susu jadi minuman favorit bagi penduduk Rhode Island and Southeastern Massachusetts. Permintaan dan minat masyarakat terus bertambah, dan hari ini kopi susu di daerah tersebut sudah mengalahkan Del’s Lemonade sebagai minuman resmi dari Rhode Island! Bahkan di University of Rhode Island, para pelajar bisa minum kopi susu dari keran! Wah…

Sementara bisa jadi kopi yang dicampur susu juga berasal dari Italia. Cappuccino itu mengandung susu kan Dan di Spanyol pun ada cortado, yang perbandingan campuran antara kopi dan susunya 1:1, atau malah kadang 1:2. Selain itu, susu kambing juga bisa menjadi alternatif bagi kamu yang lactose intolerant terhadap susu sapi. Orang Italia menamakan kopi yang dicampur dengan susu kambing ini capriccino.

Tapi masalahnya, apakah lebih sehat minum kopi dengan susu atau tanpa susu?

Sebuah penelitian yang diadakan oleh Journal of Nutrition membuktikan bahwa susu tidak mencemarkan efek antioksidan dalam kopi seperti hanya dalam teh. Tapi ingat, hanya boleh dicampur dengan susu yang terbuat dari sapi atau kambing, bukan susu yang “palsu” seperti krimer non-dairy karena efeknya kurang baik bagi kesehatan – terutama yang mengandung hydrogenated oil, apalagi kalau minumnya ditambah banyak gula.

Siapapun penemu “resep” kopi susu, orangnya pasti sangat jenius ya? Dan jasanya nggak kalah besarnya sama para produsen susu itu sendiri – para sapi dan kambing…

Kalo kamu sendiri lebih prefer cappuccino atau capriccino?

 

Salam sruput!

 

Sumber foto: blogcdn.com

No comments