Seni, Sains, dan Kopi

0

Kopi memang identik dengan seni, karena sebagian besar dari para pekerja kreatif yang mencari inspirasi di malam hari pasti meminum seenggaknya secangkir kopi supaya tetap terjaga. Namun bagaimana dengan sains? Sebuah perusahaan penjual peralatan dapur dari Australia bernama Breville mencoba memperkenalkan produk mesin kopinya, Dual BoilerTM, melalui kampanye “The Naked Espresso” yang menggabungkan ketiga elemen di atas. Kampanyenya sendiri dikembangkan oleh Reborn digital and media agency.

The Naked Espresso

 

Dalam kampanye The Naked Espresso yang diadakan saat The Rocks Aroma Festival 2012 bulan Juli kemarin di Sydney, Breville memberikan pengalaman baru bagi mereka yang mencicipi kopinya: merasakan sentuhan seni dan sains di dalam segelas espresso.

 

Jadi, mesin espresso Dual Boiler dari Breville ini didesain sedemikian rupa supaya bisa merekam semua data yang terjadi sewaktu proses pembuatan espresso seperti laju aliran, uap, suhu, dan tekanan. Data yang terkumpul lalu dikirim ke komputer sehingga menghasilkan visualisasi animasi dan desain yang kemudian dicetak dan ditempelkan ke paper coffee cup. Sambil menunggu kopi diseduh, kita bisa melihat di layar televisi bagaimana proses pembuatan espresso bukan dalam bentuk grafik data yang membosankan, tapi dalam bentuk visual yang cantik. Kerennya lagi, setiap cangkir espresso menghasilkan desain dan pola yang berbeda-beda. Menarik banget!

 

Proses pembuatan pola waktu kopinya diseduh seperti ini nih.

Desain visualnya sendiri terinspirasi dari generative art movement, atau gambar yang dihasilkan dari sistem pemrograman komputer maupun sistem lainnya, serta karya-karya keren seniman Joshua Davis dan Casey Reas yang contohnya bisa kamu lihat di bawah ini.

Penasaran sama videonya? Yuk tonton dulu di sini.

Gimana? Keren banget yah. Ternyata seni, sains, dan kopi adalah sesuatu yang saling berkaitan satu sama lain! Kalau kamu juga punya ide keren buat ngegabungin seni, sains, dan kopi atau tau ada yang membuat ide semacam ini di Indonesia, kasih tau kita dong lewat comment box di bawah, siapa tau bisa dikembangin lebih lanjut.

Foto diambil dari: shinymetalthings.net/thenakedespresso

 

Artikel oleh: Poetry

About author

No comments

[PAMERAN] Cita-Citaku

AnnoDomini mempersembahkan: Pameran Ilustrasi: Cita-Citaku 26-28 November 2016 Waga Gallery Kemang Raya no.9D Pembukaan : 26 November, 19.00-Selesai Ilustrator: Adhitama Narespati | Arief Witjaksana | ...