Buku-Buku Tentang Kopi

0

Masih seputaran kopi dan ide hadiah Natal untuk orang-orang tersayang, atau bahkan untuk diri sendiri. Kali ini, idenya adalah… buku! Setelah meminum kopi, mungkin kamu, atau mereka, sempat berpikir: “Gimana ya caranya untuk membuat kopi yang seenak ini, atau lebih enak dari kopi ini?”

Nah, ada beberapa buku yang bisa dijadikan acuan bagi para pencinta kopi atau “ahli” kopi nih:

The Blue Bottle Craft of Coffee

bb-1-4

(Sumber: cstatic.net)

Kita bisa belajar cara menyeduh kopi dengan benar dan juga disertai resep-resep makanan yang bisa dijadikan sebagai teman minum kopi. Buku yang ditulis oleh James Freeman, Caitlin Freeman, dan Tara Duggan ini dilengkapi dengan foto-foto yang dibuat dengan sangat baik.

Everything But Espresso

Scott-Raos-Everything-BUT-Espresso-Book

(Sumber: jamesgourmetcoffee.com)

Buku ini menjelaskan dasar-dasar teknik menyeduh kopi, dan mengapa kegagalan kadang terjadi dalam proses tersebut. Ditulis dengan bahasa yang mudah dimengerti dan ditulis dengan harapan para pembacanya semakin menghargai seni membuat kopi.

God in a Cup: The Obsessive Quest for the Perfect Coffee

2805445353_341efa7956_z

(Sumber: staticflickr.com)

Penulis buku ini, Michaele Weissman, sengaja melakukan perjalanan hingga ke ujung dunia demi mencari kesempurnaan dalam pembuatan kopi. Buku ini ditulisnya dengan bantuan para pengusaha kopi, dan kita diajak mencari jawab apakah secangkir kopi yang harganya mahal dan dibuat oleh barista terkemuka memang lebih enak dari kopi buatan sendiri di rumah? Atau, apakah biji kopi yang harganya ratusan ribu rupiah juga memberikan keuntungan yang sepadan bagi para petaninya?

Mungkin hanya Tuhan yang tahu…

All About Coffee

ukers.page1

(Sumber: sweetmarias.com)

Buku ini sudah sangat sering dicetak ulang, dan pertama kali diterbitkan pada tahun 1922. Ditulis oleh William H. Ukers, buku setebal 800 halaman ini wajib dimiliki oleh semua orang yang mengaku penggiat kopi. Isinya? Sudah sangat tergambar di judulnya.

The Birth of Coffee

Birth-of-Coffee-open-book

(Sumber: photoshelter.com)

Lebih dari sekadar bacaan yang menarik, karena dikemas oleh Linda Rice Lorenzetti dalam bentuk prosa dan Daniel Lorenzetti dengan cara dan penulisan yang sangat indah. Secara visual kita dapat melihat kehidupan para pekerja kopi yang terlibat dalam secangkir kopi yang kita nikmati setiap hari. Pertama kali diterbitkan pada tahun 2002, dan masih banyak yang memburunya hingga hari ini.

Coffee Talk: The Stimulating Story of the World’s Most Popular Brew

coffee-talk

Sumber: northcoastjournal.com()

Morton Satin meneliti kepentingan sosial dalam evolusi minuman yang bernama kopi ini sebagai minuman yang paling diminati di dunia. Bukan hanya minumannya, tapi juga kedai-kedai kopi yang menjadi elemen penting dalam perkembangannya. Sebagai bonus, Satin membagikan beberapa fakta dan teknik penyeduhan kopi yang sempurna.

Coffee Life in Japan

082912-219355-coffee-life-in-japan-1

(Sumber: seriouseats.com)

Di dalam buku ini, Merry White mencoba untuk mengalihkan perhatian terhadap budaya kopi di Jepang. Banyak yang belum tahu bahwa budaya kopi di Jepang sudah ada sejak tahun 1888.

Buku-buku di atas bisa dicari di toko-toko buku impor, atau kamu bisa langsung memesannya secara online melalui Amazon.com.

Selamat membaca, selamat mempersiapkan liburan, dan selamat menikmati secangkir kopi yang saat ini ada dalam tanganmu.

No comments