Mata Juga Butuh Ngopi

0

coffee-eyes

Kembali ada berita gembira bagi penggila kopi. Kopi ternyata nggak cuma membuat otak kita lebih rileks dan mengurangi stress, tapi memang ternyata bagus banget untuk mata. Menurut laporan Cornell University, secangkir kopi sehari dapat mencegah kerusakan pada penglihatan, bahkan dapat membuat kita terhindar dari kebutaan.

Dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, riset ini membuktikan bahwa kopi mengandung zat kimia yang disebut cholorogenic acid atau CLA yang kaya antioksidan dan terbukti dalam mencegah kebutaan pada tikus.

Riset ini diketuai oleh Chang Y. Lee, seorang profesor dalam bidang ilmu makanan (food science) dan didanai oleh The Korean Institute of Science and Technology. Lee mengatakan bahwa retina mata kita yang sangat tipis dan kompleks pada bagian belakang mata itu adalah bagian yang paling aktif. Tugasnya adalah mengumpulkan dan mengatur gambar yang ditangkap oleh mata kita. Retina ini sangat membutuhkan oksigen, karena ketika kekurangan oksigen, tubuh kita akan memproduksi molekul yang reaktif yang dapat merusak retina mata kita, hingga dapat menyebabkan kebutaan. Penurunan kinerja retina juga dapat disebabkan oleh usia, diabetes, dan glaucoma. Dan seperti yang pernah Kopling ceritakan sebelumnya, kopi juga dapat mencegah diabetes. Berarti peminum kopi dapat keuntungan ganda: terbebas dari diabetes dan kebutaan.

4ff5cbf330de4.imagea

Tapi sayangnya, belum ada obat atau minuman yang dapat mencegah hati yang buta atau cinta buta ya? Hati kita nggak bisa sih ya disiram pakai kopi. Hehe. Eh, tapi kalau untuk kencan buta dengan ngopi-ngopi cantik dan ganteng itu sangat dianjurkan lho, tapi tetap ya, jangan sampai mata hati kamu buta. Orang-orang yang datang ke coffee shop kan keren-keren.

Sehat selalu ya!

Ilustrasi: Alan Glazier

No comments

Imaginary Friends Become Real!

Penggemar komik pasti tau banget apa itu manga. Terjemahannya bebasnya adalah “komik Jepang”, dan memang manga ini berasal dari Jepang yang mulai berkembang di akhir ...