Mesin Kopi Praktis buat si Pelancong

0

Buat kamu yang sering traveling dan harus banget minum kopi minimal sehari sekali pasti pernah ngerasain sesekali gimana susahnya kalo pas kepingin banget ngopi, sementara mungkin kamu lagi berada di pelosok yang nggak ada penjual kopinya. Atau pas kamu berkunjung ke rumah nenek dan nggak enak hati buat pamit ngopi. Kopi instan tentu aja nggak bikin puas buat pencinta kopi sejati kayak kamu. Jadi jalan satu-satunya ya harus bikin kopi sendiri waktu kamu lagi traveling.

Buat bikin kopi yang sesuai sama standar kamu, kamu tentunya selain harus punya kopinya juga harus punya alatnya. Bawa mesin kopi yang gede-gede dan berat itu tentunya nggak praktis, jadi memang kamu harus punya mesin-mesin kopi yang praktis dan bisa kamu bawa kemana-mana.

Kopling punya rekomendasi beberapa mesin kopi yang praktis, enteng, dan ukurannya kecil buat kamu:

Porlex Mini Hand Coffee Mill

Alat yang fungsinya buat ngegiling biji kopi dan terbuat dari stainless steel dan keramik ini tingginya cuma 13 cm dengan diameter 4,7 cm dan bisa ngegiling 20 gram kopi. Buatan Jepang.

Clever Dripper (Small)

Alat ini bisa nahan air dan kopi kayak French Press sebelum menetes sexy ke cangkir kamu. Saking kecilnya, bisa kamu masukin ke handbag kamu dan nggak bakal ngeberantakin lantai atau kamar mandi tempat kamu nginep. Sama kayak metode filtercone lain, kamu juga bisa mengontrol suhu dan rasio air dan kopi dan waktu penyeduhan. Besarnya alat ini cuma 5,25″ dan tingginya cuma 4,75″. Cukup buat 2 orang.

Aeropress

Alat yang bisa bikin kopi kamu jadi enak ini wajib kamu miliki kalo kamu sering traveling, terutama buat kamu yang suka espresso tapi bisa juga dipake buat bikin latte dan cappuccino. Kopi kamu rasanya nggak kalah gurih sama kopi buatan coffee shop dengan alat ini. Kecil dan enteng banget (lebih kecil dari Clever Dripper), karena tabungnya terbuat dari plastik. Kadar keasamannya kopi yang dihasilkan juga lebih rendah dari alat seduh kopi lainnya karena temperaturnya yang rendah dan proses penyeduhannya yang singkat. Kopi kamu juga bisa disimpan di dalam alat ini selama beberapa hari karena filter-nya yang halus dan kecil banget.

Disk Filter

Ini pasangannya Aeropress di atas. Filter ini bisa dipake berulang kali, dan kamu punya 2 pilihan. Yang standar akan bikin kopi kamu lebih kental dan lebih awet dipake bertahun-tahun. Yang “fine” tentunya lebih tipis (1/3 lebih tipis dari yang standar) dan lebih gampang sobek. Terserah kamu jadinya mau pilih yang mana, sesuai selera dan kebutuhan.

Mypressi Twist

Ini pilihan lain buat penggemar espresso. Harganya lebih mahal sih, tapi alat ini memang ringkes dan cantik banget bentuknya. Alat ini menggunakan cartridge yang 100% bisa di-recycle, dan tiap cartrdige-nya bisa menahan 4 sampe 8 shot espresso. Suhunya juga stabil dan tinggi, jadi espresso kamu disarikan dengan suhu yang tepat. Selain buat diajak jalan-jalan, alat ini bisa juga buat kamu pake di rumah. Bersihinnya juga gampang banget, tinggal dibilas aja.

Dari beberapa rekomendasi di atas, semoga ada yang cocok buat kamu supaya ke mana pun kamu pergi, kamu tetep bisa ngopi – karena ngopi itu buat kita yang memang penggila kopi, sama pentingnya kayak makan. Ya kan?

About author

No comments