Kenapa Atlit Lari Butuh Kopi?

0

Coffee-Man

Kayaknya, semakin lama semakin banyak orang yang suka olahraga lari ya? Bukan lari dari kenyataan lho ya, tapi lari beneran.

Menurut beberapa pelari, seberapa hebatnya pun mereka, kalo nggak ngopi maka dengan mudah mereka akan dikalahin sama mereka yang ngopi sebelum lari. Wah! Jadi, ternyata kopi bisa membuat seseorang menjadi pelari yang lebih baik. Bahkan menurut beberapa penelitian, 2/3 atlit yang ikut olimpiade menggunakan kafein untuk meningkatkan performa mereka. Kenapa ya  bisa begitu?

Karena kopi selain bisa meningkatkan stamina, juga bisa membuat orang berpikir lebih cepat. Sebagai pelari, orang juga butuh bikin keputusan yang cepat kan, terutama kalo dalam pertandingan itu sengaja dibuat banyak tantangannya. Kafein juga terbukti bisa memulihkan rasa capek dengan cepat. Bukan cuma pelari, tapi atlit balap sepeda juga butuh kafein untuk mengembalikan glikogen mereka yang hilang.

Ada yang bilang bahwa kafein menyebabkan dehidrasi, padahal sebenarnya kalo cuma 5 cangkir kopi aja sih nggak akan menyebabkan dehidrasi. Kalo kadar kafeinnya udah lebih dari 550 miligram, baru deh kafein bisa bikin beser. Hehe…

Dan minuman berkafein ini kalo diminum di tempat yang udaranya hangat, seperti Indonesia, akan lebih berkhasiat lagi. Atlit balap sepeda yang minum kopi mampu menyelesaikan tantangan dalam pertandinga 15-23% lebih banyak dibanding mereka yang cuma minum air putih.

Jadi gimana caranya menggunakan kafein untuk meningkatkan stamina buat para pelari?

1. Rumusnya begini: Untuk setiap kilogram berat badan kita, kita butuh 5 miligram kafein. Jadi kalo berat badan kita misalnya 68 kilogram, kita butuh 340 miligram kafein, yaitu sekitar 16-17 ons kopi yang udah diseduh.
2. Karena kafein cepat diserap oleh tubuh kita tapi efeknya bisa bertahan berjam-jam, masalah timing kapan diminumnya sih nggak usah dipikirin banget. Bisa diminum sebelum, atau saat pertandingan berlangsung. Efeknya sama aja.

Yang harus kamu ingat, kafein ini baik untuk atlit lari dan balap sepeda tapi nggak cocok kalo diminum buat nge-gym. Kenapa? Karena nge-gym itu kan bukan pertandingan yang membutuhkan kecepatan. Jadi ya intinya nggak terlalu dibutuhin aja seperti mereka yang ikutan balap lari atau balap sepeda.

Kalo mau lari dari kenyataan, boleh nggak minum kopi? Ya boleh aja dong, siapa tau pas ngopi di coffee shop malah kamu ketemu seseorang yang bikin kamu nggak kepengen lari lagi dari kenyataan kan?

 

Sumber foto: compete.com

No comments

Library of Things: Perpustakaan Segala Ada

Maraknya konsep sharing space, coworking space, sharing economy dan sejenisnya membuat munculnya tren baru yang menghasilkan sebuah proyek seru di beberapa negara di dunia: Library of Things. Konsep Library of ...